x

Persiapan Persib Ideal, Ini yang Disiapkan Luis Milla untuk Hadapi Persija

Selasa, 28 Maret 2023 19:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya (kiri) bersama pelatih Persib, Luis Milla (kanan).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, menilai timnya memiliki persiapan yang ideal untuk menghadapi Persija Jakarta, pada pertandingan tandang Liga 1 2022-2023, Jumat (31/03/23).

Pasalnya, jelang pertandingan menghadapi Persija, tim kebanggaan Bobotoh memiliki waktu persiapan sekitar sepekan, lantaran sebelumnya Persib melakoni laga tandang Liga 1 2022-2023, menghadapi Bhayangkara FC, Jumat (24/03/23).

Sedangkan Persija Jakarta, sebelum menghadapi Persib, akan lebih dulu melakoni pertandingan tandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Persita Tangerang, Selasa (28/03/23). 

Sehingga, jika melihat jeda pertandingan, skuat Maung Bandung lebih diuntungkan dari Persija Jakarta, menjelang pertandingan tunda pekan ke-28 kompetisi Liga 1 2022-2023.

Luis Milla menuturkan, jeda pertandingan yang cukup panjang sebelum menghadapi Persija tersebut, bisa dimanfaatkan olehnya untuk mematangkan persiapan dan membenahi kekurangan pasukannya.

"Kami memiliki waktu selama satu pekan untuk melakukan latihan dan persiapan yang terbaik untuk pertandingan nanti," kata Luis Milla setelah memimpin latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (27/03/23).

Baca Juga

Persib sendiri sudah mulai berlatih di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (27/03/23) sore, untuk persiapan menghadapi Persija Jakarta. Sebelumnya, Dedi Kusnandar dan kawan-kawan diberikan waktu libur selama dua hari.

Menurut Luis Milla, aktivitas latihan diliburkan selama dua hari usai pertandingan menghadapi Bhayangkara FC, agar anak asuhnya bisa beristirahat dan memulihkan kondisi kebugaran.

Baca Juga

Pasalnya, pertandingan menghadapi Bhyangkara FC cukup melelahkan, apalagi laga kandang tersebut tidak digelar di Bandung, melainkan di Stadion Pakansari, Bogor.

Setelah diberikan waktu libur dua hari, diharapakan kondisi pemain Persib Bandung lebih segar dan bisa menjalankan program latihan dengan maksimal untuk persiapan menghadapi Persija.

"Kami punya waktu jeda selama tujuh hari. Setelah pertandingan sebelumnya kami melibuarkan pemain dua hari karena di fase-fase akhir liga ini penting untuk bisa memberi waktu istirahat bagi pemain," ucap Luis Milla.

"Untuk menyegarkan pikiran mereka dan mereka baru melakukan pekerjaannya dengan baik," jelas mantan pelatih Timnas Indonesia ini menambahkan.

Baca Juga

1. Berlatih Mematangkan Taktik

Pelatih Persib, Luis Milla (tengah) bersama pelatih fisik, Yaya Sunarya (kiri) dan bek Persib, Kakang Rudianto (kanan).

Sesi latihan perdana untuk persiapan menghadapi Persija Jakarta di Lapangan Pusdikpom, berlangsung sekitar satu jam. Sebelum berlatih di lapangan, pemain mendapatkan materi di kelas dengan mengupas cuplikan pertandingan sebelumnya.

Luis Milla menuturkan, saat menyaksikan video pertandingan sebelumnya, pihaknya juga menganalisis kekurangan yang ada di laga tersebut dihadapan anak asuhnya. Sehingga, pemain mengetahui dan bisa memperbaiki serta tampil lebih baik lagi.

Selain itu, di lapangan Luis Milla, mulai mengasah taktik dan strategi yang akan diterapkan pada pertandingan selanjutnya. Apalagi, tim kebanggaan Bobotoh menargetkan untuk menyapu bersih seluruh laga sisa putaran kedua Liga 1 2022-2023 dengan kemenangan.

"Kami juga menganalisa kekurangan di laga sebelumnya melalui video dan membenahinya di lapangan, kami juga mulai mematangkan lagi taktik yang diterapkan," ungkap Luis Milla.

Baca Juga

Kemenangan atas Persija menurut Luis Milla, selain penting untuk menjaga persaingan di papan atas klasemen dan juara Liga 1 2022-2023, juga menjadi target yang diinginkan oleh Bobotoh. 

Pasalnya, laga menghadapi Persija memiliki gengsi yang berbeda dengan pertandingan lainnya. Sehingga, pertemuan kedua tim sangat dinantikan oleh pendukung kedua kesebelasan.

Baca Juga

"Kami memanfaatkan waktu satu pekan untuk mempersiapkan diri dan memusakan pada suporter karena ini merupakan pertandingan spesial dan klasik. Meski kami juga harus tetap tenang menghadapi situasi ini," tegas Luis Milla.

Sementara itu, pada pertandingan putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023, yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Rabu (11/01/23), Persib Bandung berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Persija Jakarta.

Gol tunggal yang membawakan Persib meraih poin penuh pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Ciro Alves memanfaatkan umpan dari David da Silva saat memasuki menit 63.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini