x

Polemik Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia Batal TC di Korea Selatan?

Selasa, 28 Maret 2023 16:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan akan terus melakukan persiapan meski ada rumor Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Tanah Air. Dia belum mendapat informasi resmi dari FIFA.

Diketahui, FIFA telah membatalkan drawing fase grup Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya berlangsung di Bali pada Jumat (31/3/23).

Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 disinyalir menyusul ramainya penolakan Israel bertanding di turnamen pada 20 Mei-11 Juni mendatang.

Situasi itu memunculkan desas-desus, terutama soal Piala Dunia U-20 di Indonesia akan dibatalkan, lalu dipindahkan ke Peru. Ada juga Qatar dan Argentina yang siap kapan saja menggantikan jadi tuan rumah.

Untuk membahas situasi ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dilaporkan langsung terbang ke Swiss guna melobi FIFA di markas besarnya.

Baca Juga

Dikarenakan belum ada keputusan akhir soal lanjutan Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong tetap memimpin latihan. Saat ini, ada 29 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan di Jakarta. 

"Kami tetap mempersiapkan karena belum ada laporan bahwa Piala Dunia U-20 2023 dibatalkan," kata juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

Baca Juga

Namun, Shin Tae-yong tidak menjamin pemusatan latihan di Korea Selatan yang dijadwalkan berlangsung 2-20 April terlaksana. Belum ada instruksi dari PSSI soal TC di sana.

"Belum tentu juga berangkat ke Korea Selatan apa tidak. Belum ada keputusan untuk berangkat ke sana," jelas Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Shin Tae-yong Gelisah

Logo Piala Dunia U-20 2023.

Soal rumor Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia berpotensi dibatalkan, Shin Tae-yong sudah mengetahuinya. Dia berharap isu tersebut tidak terjadi karena akan merugikan sepak bola Indonesia.

"Saya sudah mendengar masalah drawing dibatalkan. Memang saya juga gelisah dan sangat disayangkan. Tapi, saya berharap Piala Dunia U-20 berjalan lancar di Indonesia, apalagi untuk kemajuan sepak bola kita," imbuh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Jika kejuaraan dua tahunan itu dibatalkan, kerja keras Shin Tae-yong dan para pemain timnas Indonesia U-20 sia-sia. Mereka sudah bersiap dengan lakukan pemusatan latihan di dalam dan luar negeri sejak 2020.

Baca Juga

Bahkan, Shin Tae-yong harus membangun ulang timnya karena Piala Dunia U-20 sempat ditunda pada 2021 lalu akibat terdampak pandemi covid-19.

FIFAPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One Football

Berita Terkini