x

Tim Pelatih Persib Nilai Pemain Tak Kesulitan Berlatih di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 22:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Persib latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya, menilai pemain tidak kesulitan menjalankan program latihan yang diberikan oleh tim pelatih di bulan Ramadan 1444 Hijriah/2023.

Menurut Yaya, mayoritas pemain terutama lokal sudah terbiasa beraktivitas di bulan Ramadan. Pasalnya, pada beberapa musim sebelumnya mereka sudah sempat berlatih maupun bertanding di bulan puasa.

Sebagai informasi, memasuki bulan Ramadan 1444 H tim Persib tetap berlatih, pasalnya skuat Maung Bandung memiliki lima jadwal pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023, yakni menghadapi Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Persis Solo, Persita Tangerang dan Persikabo 1973.

Lebih lanjut Yaya menuturkan, tim pelatih Persib mempersiapkan program dan waktu yang tepat, agar pemain merasa nyaman menjalankan program latihan di bulan Ramadan. Diantaranya waktu latihan disesuaikan dengan program yang akan diberikan.

"Saya pikir pemain tidak akan kesulitan, karena para pemain lokal muslim sudah sharing sama mereka dan mereka menyadari, kemudian siap kalau memang latihan misalnya sore atau malam, cuman kita antisipasi atau memainkan timing yang tepat untuk program latihan sore atau malam," kata Yaya Sunarya.

Baca Juga

Yaya menuturkan, jumlah libur yang diberikan kepada pemain usai melakoni pertandingan tidak mengalami perubahan, sama seperti sebelum bulan Ramadan, yakni satu sampai dua hari.

Waktu libur tersebut, diberikan kepada Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan agar mereka bisa beristirahat usai melakoni pertandingan yang cukup melelahkan di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Baca Juga

Apalagi, saat ini di sisa pertandingan putaran kedua kompetisi Liga 1 2022-2023 tim kebanggaan Bobotoh melakoni pertandingan kandang di luar Bandung, yakni Stadion Pakansari, Bogor. 

"Di masa kompetisi setelah hari H atau pertandingan, kita akan meliburkan satu hari, biasanya seperti itu, kemungkinan tidak akan berubah dan sudah disiapkan oleh coach Milla," jelasnya.

Persib sendiri sudah melakoni pertandingan perdana di bulan Ramadan, menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/3/2023) dan berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Usai melakoni laga tunda Liga 1 2022-2023 tersebut, skuat Maung Bandung mendapatkan libur selama dua hari.

Baca Juga

1. Persiapan Hadapi Persija

Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo (tengah) saat latihan di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (06/03/23).

Setelah meliburkan aktivitasnya selama dua hari, tim Persib kembali berlatih di Lapangan Pusdikpom, Kota Cimahi, Senin (27/03/23) sore. Sesi latihan tersebut, merupakan persiapan perdana untuk menghadapi Persija Jakarta.

Pertandingan menghadapi Persija, rencananya akan digelar pada Jumat (31/03/23), laga tersebut merupakan partai tunda yang sebelumnya akan digelar pada pada Sabtu (04/03/23). Namun, laga pekan ke-28 kompetisi Liga 1 2022-2023 tersebut terpaksa ditunda.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan status pertandingan Persija vs Persib ditunda dan akan dijadwalkan kembali melalui surat bernomor 104/LIB-KOM/III/2023 tertanggal 1 Maret 2023, yang ditandatangani Direktur Operasional PT LIB, Irjen Pol. (P). Drs. Sudjarno.

Pada sesi latihan perdana untuk persiapan menghadapi Persija Jakarta, Arsan Makarin dan Satrio Azhar sudah terlihat bergabung dan berlatih kembali bersama skuat Maung Bandung, keduanya baru kembali dari Tim Nasional Indonesia U-23.

Selain itu, Zalnando juga sudah terlihat berada di lapangan, namun pemain yang berposisi sebagai bek ini masih menjalankan program latihan terpisah ditemani fisioterapi tim Persib. Pasalnya, dia masih menjalankan program pemulihan cedera.

Baca Juga

Sesi latihan perdana untuk persiapan menghadapi Persija Jakarta ini, berlangsung sekitar satu jam. Sebelum berlatih di lapangan, pemain mendapatkan materi di kelas dengan mengupas cuplikan pertandingan sebelumnya.

Persib memiliki persiapan dan waktu recovery yang cukup ideal, pasalnya ada jeda sepekan usai pertandingan menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (24/03/23).

Baca Juga

Sedangkan Persija Jakarta, sebelum menghadapi Persib, akan lebih dulu melakoni pertandingan tandang Liga 1 2022-2023 menghadapi Persita Tangerang, Selasa (28/03/23). 

Sehingga, jika melihat jeda pertandingan, skuat Maung Bandung lebih diuntungkan dari Persija Jakarta, menjelang pertandingan tunda pekan ke-28 kompetisi Liga 1 2022-2023.

Persija sendiri saat ini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan mengoleksi 54 poin dari 29 pertandingan yang dilakoninya. Sedangkan Persib, berada di posisi kedua dengan 59 poin dari 30 laga.

Melihat klasemen sementara, pertandingan Persib menghadapi tuan rumah Persija, diprediksi bakal berlangsung ketat dan menarik. Pasalnya kedua kesebelasan merupakan penghuni papan atas klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini