x

Perjalanan Kesehatan Mike Tyson, Dahulu Manusia Beton kini Dibuat KO Oleh Penyakit

Jumat, 23 September 2022 19:20 WIB
Editor: Juni Adi
Mike Tyson, eks petinju kelas berat.

INDOSPORT.COM - Kondisi kesehatan mantan petinju dunia, Mike Tyson saat ini tengah dirundung banyak masalah karena penyakit langka yang menggerogoti tubuhnya.

Kehebatan Mike Tyson sebagai legenda tinju sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dengan sederet rekor yang pernah diukirnya.

Baca Juga

Di antaranya adalah menyandang status gelar juara dunia kelas berat termuda dalam sejarah tinju saat berusia 21 tahun.

Sabuk juara WBC (World Boxing Council) itu didapatkannya setelah menundukkan Trevor Berbick pada 1986 silam lewat TKO di ronde kedua.

Mike Tyson sendiri memulai karier tinju profesional saat berusia 18 tahun. Tak heran jika kesuksesan diraihnya sewaktu masih muda.

Baca Juga

Setelah menyabet gelar juara dunia, karier Tyson berkembang pesat hingga berhasil menjadi petinju pertama di kelas berat yang secara bersamaan memegang sabuk juara WBA, WBC, dan IBF. 

Dia mencatatkan rekor 50 kali menang, dengan 44 di antaranya TKO, serta lima kali kalah.

Tak hanya di kelas berat tinju, pria berjuluk Si Leher Beton ini juga pernah menorehkan prestasi membanggakan lain saat usianya lebih muda lagi.

Yakni merebut medali emas di Olimpiade Junior tahun 1981, saat usianya masih berusia 15 tahun. Kala  itu ia berhasil membuat KO lawannya Joe Cortez hanya dalam waktu 8 detik. 

Baca Juga

Kejayaan masa muda membuat Mike Tyson kerap bergandrungi para wania cantik, hingga tidak sedikit yang berhubungannya dengannya.

Rumor menyebut ada 1.300 wanita yang pernah tidur bareng The Iron Mike.

500 di antaranya merupakan wanita-wanita terkenal dari berbagai kalangan, tanpa kriteria khusus. Artinya siapapun wanita yang diinginkannya bisa menjadi korban kecanduan seksnya.

Seperti yang skandal yang pernah terjadi pada akhir tahun 1990-an. Kala itu Mike Tyson pernah memaksa wanita berusia setengah abad atau 50 tahun meladeni nafsunya.

Skandal itu terbongkar oleh Georgia Maye Jones kepada The Free Library, seorang teman wanita berusia 50 tahun yang menjadi korban.


1. Mike Tyson Alami Penyakit Langka

Mike Tyson, eks petinju kelas berat.

Usai mengalami masa jaya dengan kondisi tubuh sehat, segar bugar, kini Mike Tyson kehilangan kekuatannya lantaran mulai diserang penyakit.

Mike Tyson sempat memunculkan kekhawatiran publik soal kondisi kesehatannya saat ini.

Kekhawatiran itu timbul lantaran beredarnya foto yang menampilkan Mike Tyson tengah menggunakan kursi roda di sebuah bandara.

Dalam foto itu juga, Mike Tyson tampak memegang sebuah tongkat berwarna coklat dan hitam saat didorong seseorang di kursi roda.

Mike Tyson akhirnya buka suara terkait kondisi kesehatannya dalam sebuah wawancara dengan Newsmax TV.

Ia mengatakan bahwa tengah mengalami sciatica, sebuah penyakit yang membuat penderitanya merasa sakit pada punggung, pinggul, dan bokong.

“Saya menderita sciatica sesekali, dan itu suka kambuh,” ucap Mike Tyson menjelaskan soal penyakit yang dideritanya.

“Saat kambuh, saya bahkan tidak bisa bicara! Puji Tuhan itu satu-satunya masalah kesehatan yang saya miliki. Saya merasa baik-baik saja,” ujarnya.

Di samping itu, Mike Tyson juga sempat berujar bahwa tidak sepenuhnya percaya bakal hidup lebih lama. Itu diungkapkan dia dalam podcast Hotboxin.

“Kita semua bakal meninggal suatu hari nanti. Kemudian, saya berkaca, saya melihat ada bintik-bintik kecil di wajah saya,” kata dia.

“Saya berkata. ‘Wah itu artinya tinggal sebentar lagi, saya sudah sangat dekat, sangat cepat,” tukas Mike Tyson.


2. Mike Tyson Jalani Bisnis

Mike Tyson, eks petinju kelas berat.

Adapun Mike Tyson memutuskan untuk pensiun dari atas ring pada 2005. Ia mundur karena masalah punggung yang dideritanya.

Selama berkarier di dunia tinju dunia, Mike Tyson telah menorehkan banyak prestasi bergengsi. Mike Tyson bahkan mampu menjadi juara dunia kelas berat pada usianya yang masih menginjak 20 tahun.

Sabuk juara WBC itu didapatkan Mike Tyson setelah mengalahkan Trevor Berbick dalam waktu kurang dari lima menit pada 22 November 1986.

Setelah pensiun, Mike Tyson kini menjalani bisnis ganja di Amerika Serikat. 

Keuntungan yang didapat cukup tinggi, sehingga mampu mengembalikan kondisi finansialnya yang sempat bangkrut.

Mike TysonTinjuBerita Tinju

Berita Terkini