Garuda Bandung dan Hangtuah Akan Habis-habisan untuk Melaju ke Semifinal IBL

Rabu, 28 Februari 2018 18:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Abdurrahman Ranala
© iblindonesia
Jadwal Playoffs IBL Indonesia. Copyright: © iblindonesia
Jadwal Playoffs IBL Indonesia.

Dua tim dari Divisi Merah, Garuda Bandung dan Hangtuah Sumsel akan bertemu pada pertandingan babak playoff Kompetisi Indonesia Basketball League (IBL)  2017/18 di GOR C'Tra Arena, Kota Bandung pada 2, 3 dan 5 Maret 2018.

Format laga playoff IBL 2017/18 ini adalah best of three, tim yang dua kali memetik kemenangan akan langsung maju ke babak semifinal melawan juara Divisi Merah, Satria Muda Pertamina. Jika laga berakhir 2-0 untuk salah satu tim, maka game yang direncanakan tanggal 5 Maret tak perlu lagi digelar. 

Pelatih Garuda Bandung, Andre Yuwandi menuturkan, pertandingan babak playoff ini sangat penting baginya untuk melangkah ke fase berikutnya. Faktor tuan rumah yang dimiliki Garuda akan dimanfaatkan oleh timnya untuk memenangkan pertandingan.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Garuda Bandung dan BSB Hangtuah dalam jumpa pers. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGaruda Bandung dan BSB Hangtuah dalam jumpa pers.

Selain itu, dua kekalahan dari Hangtuah pada babak reguler menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran, agar pada fase playoff ini pasukannya tidak mengulangi kesalahan.

"Untuk babak playoff tentu berbeda, persiapan teknis, mental dan psikologis, semuanya kita persiapkan. Di babak reguler kita kalah dua kali menang satu kali dari tiga pertemuan, dari situ banyak pelajaran dan evaluasi," ucap Andre di Hotel Santika, Kota Bandung, Rabu (28/02/18).

"Semoga main di Bandung dan banyak dukungan supporter, kita bisa bermain lepas dan tidak mengulangi kesalahan di reguler sesion dan harapannya 2-0. Kalau kita sudah 1-0 kemudian sama (imbang), pasti game ketiga jadi beban dan akan sulit, mudah-mudahan bisa main dua game saja," harapnya.

© instagram Garuda Bandung.
Logo baru Garuda Bandung. Copyright: instagram Garuda Bandung.Logo baru Garuda Bandung.

Sementara itu, pelatih Hangtuah, Andika Supardi Saputra menilai, dua kemenangan pada babak reguler tidak bisa menjadi patokan bagi pasukannya bisa kembali meraih hasil maksimal dengan mudah. Apalagi menurutnya, Garuda Bandung bertindak sebagai tuan rumah. 

Meski begitu, Andika sudah memiliki cara agar pemainnya bisa tampil lepas saat menghadapi Garuda Bandung dan bisa melangkah ke babak selanjutnya. 

"Kita banyak belajar dari seri satu hingga delapan, kekurngan apa, sebelum lawan Garuda Bandung saya bikin suasana tim nyaman. Soalnya pasti bendeda setiap serinya, dan persiapan lebih banyak ke mental," ucap Andika.

"Kalau beban pasti beban, karena menang dua kali tapi susah untuk menang Jumat dan Sabtu gak gampang, apalagi Garuda Bandung main di rumah sendiri banyak dukungan. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin setiap gamenya," tegasnya.