x

10 Pebasket NBA Terpintar (Part 2)

Kamis, 22 Oktober 2015 19:30 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Ramadhan

Jika biasanya kita telah mengetahui beberapa pesepakbola yang memiliki otak cerdas, tentu kita juga perlu mengetahui atlet dari dunia basket yang juga dianugerahi hal serupa.

Tidak sedikit pemain yang memiliki IQ tinggi dan dapat bermain dengan apik saat sedang menjalani pertandingan.

Namun, ada juga sejumlah pemain yang hebat saat bermain di lapangan dan juga cerdas saat berada di luar lapangan.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT akan merangkum 10 pebasket NBA tercerdasterpintar seperti yang dilansir dari TheSportster (Bagian Kedua).


1. Danny Granger

Granger merupakan pebasket cerdas saat masih SMA karena kerap mendapat nilai tinggi, ia juga mendapat beasiswa di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat, yakni Universitas Yale. 

Namun, ia lebih memilih bergabung ke Universitas Bradley sebuah kampus yang mengutamakan untuk para pemuda yang ingin menjadi pemain basket, tetapi juga memberikan pendidikan di dalamnya. Granger masuk ke dalam jurusan Teknik Sipil. Musim baru nanti, Granger akan berseragam Detroit Pistons, sebelumnya ia memperkuat Miami Heat.


2. Brandon Knight

Pebasket yang berposisi sebagai shooting guard ini dianggap sebagai murid terpintar saat masih sekolah, buktinya ia dapat melanjutkan pendidikan ke Universitas Kentucky. 

Brandon sempat cuti dari kuliah karena fokus terhadap karirnya di dunia NBA. Di musim baru nanti, Brandon akan membela Phoenix Suns, namun tampaknya Brandon ingin segera menyelesaikan kuliahnya di musim ini.


3. Victor Oladipo

Shooting guard Orlando Magic ini mampu memecah konsentrasinya dalam 2 hal, yakni pendidikan dan saat sedang bertanding di lapangan. 

Terbukti, ia mampu menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indiana dengan gelar Sarjana Komunikasi Olahraga. Menariknya, sebelum lulus, ia harus mengambil 19 sks di semester akhirnya. Tentu hanya sedikit seorang mahasiswa yang dapat membagi fokusnya dengan baik antara pendidikan dan kompetisi seketat NBA.


4. Gordon Hayward

Saat masih kuliah, Gordon Hayward terkenal sangat cerdas. Seandainya ia tidak menjadi pemain basket, mungkin ia akan menciptakan banyak mesin-mesin berteknologi, karena dirinya merupakan Sarjana Teknik di Univesitas Butler.

Namun secara tak diduga, Hayward dapat menunjukkan kecerdasannya di atas lapangan. Pemain Utah Jazz ini mampu mencari ruang kosong dengan cerdik untuk membuka peluang menciptakan angka. Musim lalu, ia juga berhasil mencetak 20,1 poin per pertandingan.


5. Manu Ginobili

Sangat jarang pemain basket yang miliki kecerdasan seperti bintang San Antonio Spurs ini. Ginobili mampu menguasai 3 bahasa asing dengan sangat lancar yakni Spanyol, Inggris, dan Italia, ditambah dengan bahasa tanah Kelahirannya, Argentina.

Tidak hanya itu, pelatihnya, Gregg Popovich juga membeberkan jika pebasket yang berposisi sebagai shooting guard tersebut tertarik dengan segala hal yang ada di dunia seperti politik, sejarah, dan ekonomi.


6. Pau Gasol

Serupa dengan Manu Ginobili, sosok Pau Gasol juga mampu mengusai 3 bahasa dengan baik, yakni Inggris, Spanyol, dan Catalan. Gasol saat ini bermain untuk Chicago Bulls.

Andai Gasol pensiun dari dunia basket, ungkin saja ia akan berganti profesi menjadi seorang dokter, karena sebelum berkarir di NBA, Gasol sempat mengikuti sekolah kedokteran.


7. Chris Bosh

Salah satu penggawa Miami Heat ini merupakan lulusan Pemrograman dan Ilmu Komputer dari Universitas Georgia Tech. Bosh pernah berujar, seandainya ia tidak menjadi atlet basket, ia ingin sekali mengajar anak-anak muda untuk mempelajari bidang pendidikan yang telah ia geluti tersebut.


8. Chris Paul

Saat masih mengenyam pendidikan di Univesitas Wake Forest, Chris Paul yang miliki otak cerdas ini pernah menjadi anggota komite eksekutif tim basketnya dan juga menjadi Presiden National Basketball Players Association.

Ia juga sempat terpilih dalam All-America Team di tahun 2005 dimana di tahun tersebut Paul berhasil menarik minat tim NBA, New Orleans Hornets. Namun, di tahun 2011 lalu hingga saat ini dirinya telah bermain untuk tim Los Angeles Clippers.


9. Russell Westbrook

Tentu tidak banyak para atlet yang menyukai pelajaran matematika, namun berbeda dengan pemain Oklahoma City Thunder yang satu ini.

Sejak masih sekolah hingga masuk ke perguruan tinggi di Universitas Stanford, Westbrook sangat menyukai matematika, bahkan saking sukanya dengan pelajaran penuh angka tersebut, ia berhasil mendapatkan nilai cukup tinggi, yakni IPK sebesar 3,9. 

Meski demikian, pebasket berusia 26 tahun ini ternyata lebih memilih bermain basket ketimbang dengan mata pelajaran favoritnya tersebut.


10. Tim Duncan

Bagi para pecinta basket sejati, tentu tidak asing dengan nama legenda San Antonio Spurs ini. Di penghujung karirnya, tidak banyak yang mengetahui jika Duncan merupakan seorang Psikolog dan memiliki otak paling cerdas di generasinya.

Duncan merupakan Sarjana Psikologi dari Universitas Wake Forest. Sebagai lulusan psikologi, pebasket yang kini telah berusia 39 tahun tersebut mampu menunjukkan apa yang ia pelajari selama kuliah dalam kompetisi NBA.

NBASan Antonio SpursTim DuncanChris BoshPau GasolRussell Westbrook

Berita Terkini