x

10 Pebasket yang Akan Menjadi Pemain Gratisan (Part 1)

Senin, 25 Januari 2016 06:26 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Biasanya, pebasket yang tidak memiliki kontrak masih berpeluang untuk memperpanjang masa baktinya jika tim atau pemain yang bersangkutan kembali menjalin kesepakatan.

Jika tidak, maka si pemain akan masuk dalam daftar pemain free agent sehingga setiap tim-tim NBA lain berpeluang untuk meminangnya di musim baru mendatang.

Lalu siapa sajakah pebasket yang kontraknya akan habis di musim ini? Berikut INDOSPORT merangkumnya sesuai yang dilansir dari TSPT bagian yang pertama.


1. Jeremy Lin

Jeremy Lin memang memiliki peranan besar untuk Charlotte Hornets, tim yang baru ia perkuat di musim 2015/16 ini. Namun, pebasket yang memiliki darah Tiongkok, kelahiran kota California, Amerika Serikat ini hanya memiliki kontrak dengan Hornets selama satu musim.

Di musim depan, kabarnya Lin tak akan perkuat Hornets lagi dan dua tim Brooklyn Nets serta New York Knicks telah bersaing untuk mendapat tanda tangannya. Tim yang disebutkan terakhir sepertinya akan menjadi pilihan pebasket yang berposisi sebagai point guard ini, mengingat Knicks pernah ia perkuat di musim 2011/12 lalu.


2. Timofey Mozgov

Pemain yang berposisi sebagai center ini harus menerima nasib di musim ini dengan banyak menghiasi bangku cadangan. Hal itu dikarenakan dirinya yang sering tampil kurang fit di musim ini dan tim yang ia bela Cleveland Cavaliers, sepertinya ingin memberikan kesempatan lebih banyak untuk pemain muda mereka, Tristan Thompson.

Kabarnya, Mozgov masih ingin perkuat Cavaliers dan bersedia menyerahkan posisinya kepada Thompson, namun yang menjadi permasalahannya adalah The Cavs belum memberi keputusan mengenai masa depan pebasket berusia 29 tahun tersebut.


3. Brandon Jennings

Tidak ada yang meragukan kapasitas dari pilar Detroit Pistons ini, namun semuanya berubah ketika Jennings menderita cedera Achilles Tendon sebelah kiri di akhir musim lalu, sehingga membuatnya harus jarang dimainkan di musim ini. Pistons pun telah menemukan penggantinya yang sepadan dalam diri Reggie Jackson. Jika kontraknya habis nanti, dua tim pesaing, Houston Rockets dan Phoenix Suns siap menampungnya.

Namun sepertinya Pistons tak ingin kehilangan salah satu pemain terbaiknya tersebut dimana mereka masih memberikan kesempatan di musim ini, jika ia masih mampu tampil baik, maka kontrak baru di musim panas mendatang pun siap diberikan.


4. Zaza Pachullia

Center veteran ini mulai menunjukkan permainan yang kurang mengesankan akibat dirinya yang telah termakan usia. Kendati demikian, Pachullia masih memiliki defensive rebounds yang ciamik, sehingga timnya, Dallas Mavericks masih mempertimbangkan untuk memberikan kontrak baru.


5. Jordan Clarkson

Shooting guard muda ini kontraknya pun akan habis di musim ini bersama tim kuat Los Angeles (LA) Lakers. Namun, sepertinya ia masih patut diperhitungkan setelah Clarkson mampu beberapa kali tampil dengan impresif.

Dengan pensiunnya sang ikon, Kobe Bryant maka Lakers tak punya pilihan lain untuk mempertahankannya. Mereka memang telah memiliki pemain rookie, D’Angelo Russell yang digadang-gadang sebagai suksesor Kobe, namun sepanjang musim ini, Russell masih perlu beradaptasi lebih banyak.

Artinya, Jordan Clarkson masih berpotensi penuh dapat kembali tampil bersama tim yang bermarkas di Staples Center tersebut.


6. Pau Gasol

Sejak musim lalu, Pau Gasol memang telah memiliki peranan yang sangat penting untuk Chicago Bulls, dimana dirinya selalu membuat tim lawan frustasi lantaran Gasol memiliki rebounds yang mematikan.

Gasol yang kontraknya musim ini akan habis ingin mendapat gaji sebesar 7,7 juta USD atau lebih dari Rp107 miliar. Tampaknya, Bulls tak keberatan menerima syarat dari pemain berusia 35 tahun tersebut mengingat pebasket yang berposisi sebagai center ini memang selalu menjadi kunci permainan tim.


7. Nicolas Batum

Shooting guard asal Prancis ini sempat melempem bersama Portland Trail Blazzers, ia pun dilepas ke Charlotte Hornets di awal musim ini. Uniknya, bersama Hornets, Batum mampu menjadi motor serangan yang baik dan selalu berkontribusi untuk tim. Melihat permainannya yang mengesankan, Hornets sepertinya bersedia untuk menyodorkan kontrak baru di musim baru nanti.


8. Ryan Anderson

Small forward milik New Orleans Pelicans ini selalu menjadi pemain yang diandalkan timnya di setiap pertandingan NBA. Namun, sepertinya Pelicans harus bersedia kehilangan pemain berusia 27 tahun tersebut karena dirinya tidak ingin memperpanjang kontraknya di akhir musim nanti. Kabarnya, LA Lakers dan Philadelphia 76ers siap menampungnya di musim baru nanti.


9. Harrison Barnes

Pemain muda milik Golden State Warriors ini sebenarnya mampu tampil dengan baik dan memuaskan di setiap pertandingan yang dilakoni timnya. Namun, small forward ini mengalah dibawah nama-nama besar seperti, Stephen Curry, Draymond Green, Klay Thompson, dan Andre Iguodala, sehingga ia pun sangat jarang dimainkan. Besar kemungkinan, di musim panas mendatang, Barnes siap meninggalkan tim yang bermarkas di Oracle Arena tersebut demi mendapatkan jam terbang lebih banyak.


10. Dwyane Wade

Ikonik Miami Heat ini kontraknya akan habis di musim depan dan timnya, belum memberikan keputusan mengenai masa depannya. Menariknya, Heat dikabarkan tertarik untuk mendatangkan Kevin Durant dari Oklahoma City Thunder demi menggantikan posisinya. Wade sendiri mengaku ingin menambah masa baktinya bersama timnya yang ia bela sejak tahun 2003 lalu tersebut.

Atas kinerjanya di lapangan dan perannya yang berhasil membuat bintang seperti LeBron James bergabung, sepertinya Manajer Umum Heat, Pat Riley akan mempertimbangkan untuk menambah kontrak dari pemain berusia 34 tahun itu.

NBADwyane WadePau GasolJeremy LinJordan ClarksonBrandon JenningsTimofey MozgovZaza PachulliaNicolas BatumRyan AndersonHarrison Barnes

Berita Terkini