x

Kaleidoskop Basket Jan-Jun 2016: Cavaliers Ukir Sejarah, Kobe Bryant Pensiun

Sabtu, 17 Desember 2016 06:02 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Kaleidoskop basket Januari-Juni 2016.

Dari bulan Januari hingga Juni 2016 meninggalkan banyak kenangan, tak hanya bagi dunia basket ternama di Amerika Serikat (AS) dan di dunia, NBA, tetapi juga kompetisi basket tertinggi di Tanah Air, Indonesia Basketball League (IBL).

Salah satunya adalah dengan pensiunnya pebasket yang telah menjadi ikon NBA, Kobe Bryant, lalu Cleveland Cavaliers yang mampu menjadi juara NBA untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Tidak hanya itu, berbagai bencana pun sempat terjadi di awal hingga pertengahan tahun 2016 ini, mulai dari ancaman teroris, hingga terjadinya pembunuhan dari salah satu anggota keluarga pebasket NBA.

Masih banyak pula sejumlah kenangan yang terjad di dunia basket dari bulan pertama hingga keenam ini. Lalu apa sajakah itu?

INDOSPORT akan membantu kalian para pembaca setia kami untuk mengingat sejumlah kenangan tersebut yang telah dirangkum dalam Kaleidoskop Basket di bulan Januari hingga Juni 2016 ini:


1. Januari: Kobe Bryant Absen di Olimpiade Rio 2016

Kobe Bryant

11 Januari 2016

Ada yang menarik pada tanggal 11 Januari 2016 di kompetisi basket Tanah Air, Indonesia Basketball League (IBL). Yaitu, salah satu fans Satria Muda Pertamina Jakarta, Dima yang memiliki keterbatasan atau disabilitas, rela datang untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding meski  dengan menggunakan kursi roda.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

18 Januari 2016

Mantan ikon tim basket NBA dari Los Angeles (LA) Lakers, Kobe Bryant yang telah memutuskan pensiun di musim 2015/16 memastikan diri untuk tidak memperkuat tim Amerika Serikat (AS) di ajang Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

23 Januari 2016

1. Usai dibekap cedera punggung yang diderita sejak bulan Oktober 2015, pelatih sensasional Golden State Warriors, Steve Kerr telah kembali untuk melatih. Menariknya, di saat bersamaan, pemain megabintang miliknya, Stephen Curry justru mengamuk.

Mengapa demikian? Baca berita selengkapnya di sini.

2. Selain kembalinya Steve Kerr, sisi menarik lainnya di tanggal 23 Januari ini adalah dipecatnya David Blatt dari kursi pelatih Cleveland Cavaliers. Padahal, ia baru saja mengantarkan timnya memuncaki klasemen sementara di wilayah Timur.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

31 Januari 2016

Selain dari NBA, kompetisi basket di Indonesia juga ada yang tak kalah menarik. Yaitu, adanya sang pengadil lapangan alias wasit IBL bernama Yuli Wulandari.

Yuli merupakan wasit wanita pertama di IBL yang hebatnya memiliki lisensi FIBA (Federasi Internasional Bola Basket). Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


2. Februari: Tim Raksasa Kesulitan Hadapi Tim Guram

Golden State Warriors

3 Februari 2016

Pada era modern masa kini, berbagai aksesoris dalam dunia olahraga mulai banyak bermunculan dan beraneka ragam.

Namun, rupanya aksesoris yang digunakan juga memiliki fungsi yang bermanfaat saat sedang bertanding, termasuk di dunia olahraga basket.

Apa sajakah itu? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

14 Februari 2016

Pada ajang kompetisi basket di NBA, mereka tidak hanya menggelar kompetisi musiman saja. Tetapi juga kontes adu bakat per individu, seperti adu 3 point shots dan slam dunk.

Biasanya, kompetisi yang paling banyak diminati adalah kontes slam dunk, karena penonton yang dating akan disuguhkan dengan aksi-aksi memukau para pebasket NBA.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

20 Februari 2016

Pada musim 2015/16 ini, Golden State Warriors memegang status sebagai juara bertahan, karena mereka sebelumnya secara mengejutkan mampu menjadi juara di musim 2014/15.

Pada awal musim 2015/16, Warriors juga masih menakutkan, karena mereka dihuni oleh beberapa pemain berkualitas, seperti Stephen Curry, Klay Thompson, dan masih banyak lagi.

Namun menariknya, mereka justru pernah dibantai oleh tim minim pemain berkualitas, Portland Trail Blazers dengan skor telak. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

21 Februari 2016

1. Persaingan Real Madrid dan Barcelona rupanya tak hanya sengit di dunia sepakbola, tetapi juga terjadi di dunia basket.

Menariknya, tim basket Madrid dan tim basket Barcelona juga disebut pertandingan bertajuk El Clasico, simak keseruan kedua tim asal Spanyol tersebut di sini.

2. Siapa yang tidak kenal dengan Kobe Bryant? Pebasket yang mengakhiri kariernya hanya bersama LA Lakers itu sempat mengacungkan jari tengah ke sejumlah wartawan. Ada apa dengannya?

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

22 Februari 2016

Nyaris serupa dengan yang dialami oleh Golden State Warriors di dunia NBA, salah satu tim raksasa di dunia basket Indonesia, M88 Aspac Jakarta juga harus bersusah payah melawan tim minim pemain bintang, Bimasakti Nikko Steel Malang.

Padahal, M88 Aspac Jakarta dihuni oleh beberapa pemain bintang, seperti Dhyaksa Andakara Prastawa, Oki Wira Sanjaya, Kristian Liem, dan masih banyak lagi.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

27 Februari 2016

Apa yang Anda tabur, maka itulah yang akan Anda tuai. Perumpamaan ini, sepertinya pantas diberikan kepada Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia.

Ya, mereka berhasil bersusah payah untuk berjibaku di pagelaran Sea Games Singapura tahun 2015 lalu. Alhasil, mereka pun mendapat bonus yang cukup membahagiakan.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


3. Maret: Dari Pembunuhan, Ganja, Teroris hingga Bencana Tsunami Menimpa Pebasket Dunia

Sebastian Bellin, mantan pebasket NBA.

10 Maret

1 Pada tanggal ini sedang terjadi kasus pembunuhan di kota Philadelphia, Amerika Serikat (AS). Salah satunya yang menjadi korban adalah kakak dari pebasket NBA yang memperkuat tim Oklahoma City Thunder, Dion Waiters yang tewas akibat terbunuh akibat kasus kekerasan.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

2. Dunia basket NBA memang telah banyak ditinggalkan oleh sejumlah nama-nama beken, seperti Kareem Abdul Jabar, Michael Jordan, Allen Iverson, Toni Kukoc, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, mereka juga tak pernah kehabisan pemain bintang yang berasal dari usia-usia muda. Siapa sajakah mereka? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

17 Maret

Harus diakui, jika cabor basket merupakan salah satu olahraga yang paling menguras tenaga, karena cabor ini banyak menggunakan aktifitas, lari, banyak bergerak, dan melompat.

Menariknya, tidak sedikit para pebasket di kompetisi tertinggi AS dan dunia, NBA yang dikabarkan menjadi penikmat ganja. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

23 Maret

Teroris memang selalu menjadi momok bagi siapapun, karena di mana mereka berada, pastinya ancaman akan selalu muncul.

Salah satu mantan pebasket NBA, Dikembe Mutombo nyaris pernah menjadi korban tembakan dari teroris. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

24 Maret

Hanya selang satu hari, ancaman dari teroris kembali melanda. Jika satu hari sebelumnya, Dikembe Mutombo nyaris tertembak teroris, kini eks pebasket NBA lainnya, Sebastian Bellin justru sudah menjadi korbannya.

Parahnya, Bellin bukan menjadi korban tembakan teroris, melainkan korban bom. Beruntung kala itu, nyawanya masih terselamatkan. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

27 Maret

Seluruh masyarakat Indonesia pastinya telah mengetahui, jika kota Aceh pernah terkena bencana alam Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004 silam.

Pada tanggal tersebut, salah satu pebasket profesional Indonesia, Surliyadin yang membela JNE Bandung Utama, rupanya pernah menjadi korbannya.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


4. April: Kobe Bryant Pensiun, Warriors Catat Rekor, CLS Juara Musim Reguler

Kobe Bryant memutuskan pensiun di musim 2015/16.

4 April 2016

Bagi sosok atau sekelompok orang yang penuh kreatif, pastinya daya imajinasi mereka sangatlah tinggi. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana cara mereka dapat mengkombinasikan segala sesuatu menjadi menarik.

Salah satunya adalah menggabungkan cabor basket menjadi alat musik yang enak didengar. Tidak percaya? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

5 April 2016

Di dunia basket NBA, biasanya banyak sekali penghargaan individu yang diberikan. Tidak hanya bagi para pemain yang masih aktif bermain, tetapi juga untuk mereka yang sudah menjadi legenda.

Siapa sajakah mereka? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

14 April 2016

1. Tanggal 13 April 2016 di AS atau tanggal 14 April di Indonesia, sepertinya tidak akan pernah dilupakan bagi pencinta basket dunia.

Bagaimana tidak? Pasalnya, di tanggal tersebut, pebasket yang seakan telah menjadi ikon bagi NBA, Kobe Bryant telah memutuskan pensiun dan telah menyelesaikan pertandingan terakhirnya di dunia NBA.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

2. Di tanggal yang sama, selain Kobe Bryant pensiun setelah menghabiskan waktu selama 20 tahun bersama LA Lakers, salah satu tim pesaingnya, Golden State Warriors juga memiliki catatan yang manis.

Mereka berhasil mencatat 73 kemenangan di sepanjang musim reguler 2015/16, kemenangan ini membawa mereka memiliki rekor baru di dunia NBA, yaitu menjadi tim yang paling banyak meraih kemenangan di musim reguler di sepanjang sejarah NBA.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

27 April 2016

Beralih ke kompetisi IBL, di musim ini, CLS Knights Surabaya berhasil menjadi juara musim reguler IBL 2016. Juaranya mereka berhasil mematahkan dominasi dari tim raksasa Jakarta, yang selalu menjadi juaranya. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

28 April 2016

Usai musim reguler NBA 2015/16 berakhir, LA Lakers akhirnya memutuskan untuk memecat Byron Scott dari kursi pelatih.

Peranannya dinilai kurang memuaskan dan tak dapat mengangkat performa Lakers yang telah menurun. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


5. Mei: Walton Latih Lakers, CLS Knights Patahkan Dominasi Satria Muda-Aspac

CLS Knights Surabaya menjadi juara IBL 2016.

2 Mei 2016

Usai memecat Byron Scott dari kursi pelatih, LA Lakers menunjuk mantan pemainnya yang menjadi asisten pelatih Steve Kerr di Golden State Warriors, Luke Walton sebagai suksesornya.

Kehadiran Walton diharapkan mampu menjadi pembeda, setelah dirinya menimba ilmu bersama Kerr di Warriors. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

11 Mei 2016

Pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry memang selalu tampil memukau di sepanjang musim reguler NBA 2015/16.

Atas penampilannya itu, Curry berhasil mencatatkan back to back dengan meraih penghargaan Most Valuable Player (MVP) atau gelar penghargaan pemain terbaik NBA yang kedua kalinya secara beruntun.

Di musim sebelumnya, Curry juga berhasil meraih penghargaan MVP, Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

28 Mei 2016

Surabaya Fever masih tak terbendung di kompetisi Women Indonesia Basketball League (WIBL), mereka berhasil melibas rival seterunya, Tomang Sakti Merpati Bali dengan skor cukup menjanjikan.

Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

30 Mei 2016

Bagi pencinta basket Tanah Air sejati, pastinya mereka telah mengetahui jika dua tim raksasa asal Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta dan M88 Aspac Jakarta selalu mendominasi untuk menjadi kampiun di kompetisi basket Indonesia.

Namun tidak di musim ini, usai mematahkan dominasi mereka di musim reguler, CLS Knights Surabaya pada akhirnya berhasil memastikan diri sebagai juara IBL di musim 2016. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


6. Juni: Cavaliers Juara Perdana NBA, Curry dan LeBron Tak Masuk Skuat AS di Olimpiade

Cleveland Cavaliers berhasil kalahkan Golden State Warriors dengan skor 93-89 di Final.

10 Juni 2016

Pemain megabintang Cleveland Cavaliers, sempat membuat pernyataan kejutan mengenai legenda LA Lakers, Kobe Bryant.

Ia tidak segan-segan mengaku merasa ‘benci’ dengan Kobe Bryant. Mengapa LeBron James mengatakan demikian? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

15 Juni 2016

Sukses mengalahkan Warriors di game final kelima NBA 2016, dua pilar Cavaliers, LeBron James dan Kyrie Irving sama-sama mencatatkan rekor baru bagi timnya. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

20 Juni 2016

1 Cleveland Cavaliers mampu keluar sebagai juara untuk pertama kalinya di NBA. Mereka berhasil mengalahkan rival seterunya, Golden State Warriors di game ketujuh. Untuk pertama kalinya dalam sejarah NBA, Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

2 Usai membawa timnya menjadi juara, LeBron James juga mendapatkan penghargaan MVP Final NBA 2016. Pencapaian ini layak diberikan untuknya yang memang tampil gemilang selama 7 pertandingan final NBA 2016, Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

28 Juni 2016

Setelah dipastikan tidak ada nama Kobe Bryant, kini muncul pula dua pemain bintang AS, Stephen Curry dari Golden State Warriors dan LeBron James milik Cleveland Cavaliers yang tak masuk dalam roster AS di kompetisi Olimpiade Rio, Brasil 2016. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

NBACLS Knights SurabayaLeBron JamesIndonesian Basketball League (IBL)Kobe BryantLos Angeles LakersCleveland CavaliersStephen CurryGolden State WarriorsM88 Aspac JakartaSurabaya FeverKaleidoskopSatria Muda Pertamina JakartaWomen's Indonesian Basketball League (WIBL)

Berita Terkini