x

Kaleidoskop Basket Juli-Desember 2016: Duncan Pensiun, AS Juara Olimpiade 2016

Sabtu, 24 Desember 2016 09:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak

Ya, Timnas basket Amerika Serikat (AS) berhasil membuktikan kepada dunia, jika mereka masih terlalu tangguh untuk dikalahkah oleh siapa pun.

Tidak heran, medali emas di Olimpiade Rio 2016 kemarin, mereka memang telah diprediksi sekaligus diunggulkan untuk menjadi juaranya.

Selain Timnas basket AS yang menahbiskan diri sebagai yang terbaik di pagelaran Olimpiade Rio 2016, cabor basket kembali kehilangan bintang mereka yang bermain di kompetisi NBA.

Setelah Kobe Bryant, kini dua bintang basket NBA lainnya juga harus gantung sepatu, akibat telah termakan usia, sekaligus memberikan kesempatan kepada pemain muda lainnya.

Di level Indonesia sendiri tak kalah menarik, salah satunya adalah adanya pebasket wanita yang identik dengan hijabnya saat sedang bertanding di lapangan. Siapakah dia?

Berikut ini INDOSPORT merangkumnya dalam Kaleidoskop basket di bulan Juli sampai Desember 2016:


1. Juli: Duncan Pensiun, Dua Bintang NBA Khianati Timnya Sendiri

Tim Duncan

5 Juli 2016

Gonjang-ganjing mengenai kepindahan pemain megabintang Oklahoma City (OKC) Thunder, Kevin Durant terungkap sudah. Dirinya sepakat untuk hengkang ke klub rival, Golden State Warriors di musim panas tahun ini. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

7 Juli 2016

Ikon sekaligus legenda hidup dari tim Miami Heat, Dwyane Wade membuat sebuah langkah kejutan. Serupa dengan kepindahan Durant dari OKC ke Warriors, Wade juga hengkang ke klub rival Heat, yakni Chicago Bulls. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

12 Juli 2016

Setelah melewati waktu kurang lebih selama 2 bulan, dunia basket NBA kembali kehilangan pemain bintang yang pernah mencatatkan sejarah dalam kompetisi mereka.

Usai Kobe Bryant yang memutuskan pensiun bersama LA Lakers, kini Tim Duncan juga menyusul untuk gantung sepatu bersama tim yang melambungkan namanya, San Antonio Spurs. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

13 Juli 2016

Bagi pebasket yang dilabeli bintang dalam sebuah timnya, rupanya tidak selalu dihormati atau dicintai oleh fans-nya sendiri.

Buktinya, INDOSPORT berhasil merangkum ada sebanyak 5 pemain NBA yang dibenci oleh fans timnya sendiri. Mengapa demikian? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

14 Juli 2016

Tim Nasional (Timnas) basket Amerika Serikat pastinya diunggulkan dalam kejuaraan di Olimpiade Rio, Brasil 2016. Hal itu dikarenakan mereka memiliki pebasket berkualitas tinggi yang sangat berlimpah di hampir seluruh Negeri Paman Sam.

Namun, jelang pagelaran Olimpiade Ro 2016 digelar, Timnas basket AS seakan memberikan harapan bagi para pesaingnya. Hal itu dikarenakan ada 5 pemain yang harus tidak bermain dan menariknya, kelima pemain itu merupakan pemain bintang.

Siapa sajakah mereka? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


2. Agustus: AS Juara Basket di Olimpiade Rio 2016

Aksi selebrasi tim basket pria Amerika Serikat berhasil meraih medali emas di Olimpiade 2016 usai kalahkan tim basket Serbia, Senin (22/08/16).

3 Agustus 2016

Nama Michael Jordan memang sangat melekat dengan dunia olahraga basket. Meski telah pensiun selama 13 tahun, rupanya legenda dari Chicago Bulls itu masih piawai dalam melakukan tembakan bola yang berhasil ia masukkan ke dalam ring.

Tidak percaya? Simak aksi Jordan dengan klik di sini.

21 Agustus 2016

Timnas basket putri AS berhasil menjadi juara di Olimpiade Rio 2016 usai mengalahkan Timnas basket putri Spanyol di laga final dengan skor 101-72.

Gelar ini juga menjadikan mereka mencatat rekor, yaitu berhasil meraih medali emas yang keenam secara beruntun. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

22 Agustus 2016

Usai nomor putri, kini giliran Timnas basket putra AS yang mengibarkan bendera mereka di Brasil. Kevin Durant dkk berhasil menjadi juara dan mengalungkan medali emas usai mengalahkan Timnas basket putra Serbia dengan skor telak 96-66.

Keberhasilan menyabet emas Olimpiade kali ini merupakan sukses ke-15 Amerika di ajang Olimpiade sejak cabang olahraga bola basket dipertandingkan pertama kali pada Olimpiade 1936. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

25 Agustus 2016

Setelah menjadi bagian sejarah dalam tim LA Lakers, legenda Kobe Bryant rupanya juga mendapat penghargaan spesial di kota LA.

Ya, Eric Garcetti yang merupakan Gubernur Los Angeles memberi hadiah khusus kepada pebasket berjuluk Black Mamba tersebut. Apakah itu? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


3. September: Garnett Pensiun, Jabar Raih Medali Emas di PON 2016

Kevin Garnett (kiri).

24 September 2016

Bintang-bintang basket seakan terus berguguran di tahun 2016 ini, setelah Kobe Bryant memutuskan pensiun di LA Lakers dan Tim Duncan pensiun di San Antonio Spurs, kini giliran ikon dari Minnesota Timberwolves, Kevin Garnett. Baca berita selengkapnya di sini.

25-26 September 2016

Meski lama meniti karier di dunia basket, bukan berarti saat pensiun para mantan pemain tersebut akan melanjutkan kiprahnya di bidang yang sama. Buktinya, sejumlah mantan pebasket NBA banyak yang banting setir.

Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri dengan klik di sini dan di sini.

28 September 2016

Ajang olahraga nasional, Pekan Olahraga Nasional (PON) telah dilangsungkan di Jawa Barat (Jabar) untuk di tahun ini.

Sebagai tuan rumah, tim Jabar berhasil mendapatkan medali emas dengan mengalahkan tim Jawa Timur (Jatim) dengan skor 62-49. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

30 September 2016

Untuk setiap bulan September ini, pastinya selalu akan dikenang oleh legenda basket NBA, Michael Jordan. Banyak sejumlah kenangan yang tidak akan bisa ia lupakan begitu saja. Apakah itu? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


4. Oktober: Topeng Kobe Bryant Dihargai Rp874 Juta

Kobe Bryant, legenda Los Angeles Lakers.

1 Oktober 2016

Sikap seorang pemain saat berada di lapangan, pastinya tidak selalu sama saat mereka berada di luar lapangan. Ada yang baik di lapangan, tetapi buruk di luar atau sebaliknya, tentu ada juga yang sama-sama baik, Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

11 Oktober 2016

Jika seorang atlet telah memiliki nama besar dalam satu cabang olahraga yang ia geluti, apalagi ia setia bersama satu tim yang dibela, pastinya setiap barang yang akan ia pernah pakai lalu dijual akan memiliki harga yang sangat tinggi.

Hal itu pula yang terjadi dengan topeng pelindung wajah milik legenda LA Lakers, Kobe Bryant yang berhasil dijual dengan harga senilai 67 ribu dolar atau sekitar Rp874 juta. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

21 Oktober 2016

Jangan tanya mengenai ketertarikan olahraga basket di AS, di beberapa negara tertentu, termasuk negara Indonesia, cabor basket rupanya kurang diminati oleh banyak khalayak.

Apa hal-hal yang menjadi dasar utama olahraga basket kurang diminati? INDOSPORT telah memiliki analisisnya sendiri. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

28 Oktober 2016

Siapa yang sangka jika pencapaian yang pernah diraih oleh ikon sekaligus legenda basket NBA, Michael Jordan mampu disamai, oleh pebasket muda yang merupakan bintang dari tim, New Orleans Pelicans, Anthony Davis. Tidak percaya? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

31 Oktober 2016

Ajang Perbasi Cup 2016 merupakan kompetisi pengganti pramusim IBL 2017. Pada kompetisi ini, tim kuat asal Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil keluar sebagai juaranya dengan mengalahkan juara IBL musim 2016, CLS Knights Surabaya dengan skor 67-51. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


5. November: Dari Pebasket Berhijab Indonesia hingga Rekor Pemain NBA

Russell Westbrook

6 November 2016

Raisa Aribatul, merupakan pebasket putri Indonesia yang sering bermain basket dengan menggunakan hijab, baik saat sedang bertanding maupun latihan. Tidak percaya? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

8 November 2016

Bagi pencinta basket sejati, tentu mengetahui jika Stephen Curry merupakan pebasket yang piawai dalam melakukan lemparan jarak jauh atau dikenal juga dengan sebutan 3 points shots.

Pada tanggal ini atau 7 September 2016 waktu setempat, Curry memiliki catatan rekor baru melalui 3 points shots yang biasa ia lakukan. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

17 November 2016

Bagi kebanyakan orang, pastinya telah mengetahui jika para pebasket NBA memiliki tinggi badan yang melebih manusia normal pada umumnya.

Namun, rupanya ada beberapa pebasket yang memiliki tubuh pendek. Hal ini tentu terbilang unik, karena pastinya mereka akan menghadapi lawan yang bertubuh tinggi dan besar. Siapa sajakah mereka? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

23 November 2016

Legenda basket NBA, Michael Jordan dianggap telah menjadi salah satu tokoh inspirasi di Amerika Serikat. Atas hal itu pun membuat dirinya mendapat sebuah penghargaan dari presiden AS, Barack Obama. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

29 November 2016

Russell Westbrook benar-benar menjadi tulang punggung yang luar biasa bagi timnya, Oklahoma City Thunder di kompetisi NBA.

Tercatat, ia berhasil melakukan lima kali triple-double (mencetak tiga aksi sebanyak dua digit), di awal musim NBA 2016/17 ini. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.


6. Desember: LeBron James Atlet Terbaik AS 2016

LeBron James dinobatkan atlet basket terbaik di Amerika Serikat.

1 Desember 2016

Pemain bintang OKC, Russell Westbrook tiada henti melakukan performa yang impresif. Dirinya kembali mencatatkan triple-double yang kesembilan di awal bulan ini. Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

3 Desember 2016

Setelah berkutat dengan penyakit Marfan Sindrom, pebasket NBA, Isaiah Austin dinyatakan siap kembali ke dunia NBA. Untuk mengetahui berita lengkapnya, klik di sini.

4 Desember 2016

Memasuki akhir tahun 2016, nama Dirk Nowitzki sepertinya akan menambah rentetan pebasket veteran NBA yang akan gantung sepatu. Mengapa demikian? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

13 Desember 2016

Tahun 2016, sepertinya akan menjadi tahun yang tak terlupakan bagi pemain megabintang Cleveland Cavaliers, LeBron James.

Bagaimana tidak? Usai membawa timnya juara, ia juga dinobatkan sebagai MVP final NBA. Selain itu, LeBron James juga mendapat penghargaan sebagai atlet terbaik AS 2016. Tidak percaya? Untuk mengikuti berita lengkapnya, klik di sini.

NBAAmerika SerikatLeBron JamesKobe BryantCleveland CavaliersMinnesota TimberwolvesKaleidoskopMichael JordanKevin GarnettOlimpiade Rio de JaneiroOlimpiade Rio 2016

Berita Terkini