x

Tak Cocok Dengan Tim IBL, Sejumlah Pemain Asing Didepak dari Klubnya

Jumat, 24 Februari 2017 21:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Penyelenggara IBL memang memberikan kesempatan pada setiap tim peserta untuk mengganti para pemain asing dengan catatan mengalami cedera, perilaku yang buruk, atau tidak cocok dengan tim.

Akan tetapi, para pemain pengganti harus berasal dari daftar pemain asing yang akan direkrut (draf) sebelumnya pada bulan Desember 2016 lalu.

Kesempatan ini pula yang dimanfaatkan oleh beberapa tim seperti JNE Siliwangi Bandung yang memutuskan mengganti point guard asingnya, Danny Trapp.

“Mereka datang ke sini kan untuk memberikan yang terbaik. Kalau hasilnya tidak sesuai ya wajar kalau diganti,” terang kepala pelatih baru Siliwangi, Raoul Miguel Hadinoto alias Coach Ebos seperti dilansir dari Mainbasket.

Sedangkan tim Bima Perkasa Yogyakarta sudah lebih dulu mengirim pulang pemain asingnya. Menurut kabar di situs resmi IBL, Jamine Petterson, forward Bima Perkasa dipulangkan sejak Seri II di Semarang karena karakternya tidak baik bagi tim.

“Di dalam lapangan, dia (Jamine Petterson) adalah pemain bagus. Tetapi di luar lapangan, dia sulit sekali menyatu dengan teman-temannya. Tingkahnya membingungkan," jelas pelatih Bima Perkasa Yogyakarta.

Pemain lain yang juga sudah diusulkan untuk diganti adalah forward center Hangtuah Sumsel, Andre Smith. Pemain asal Amerika Serikat tersebut dipastikan tidak akan dibawa lagi ke Seri 5 di Bandung dan seterusnya.

Seperti halnya Jamine Petterson dari Bima Perkasa, Andre Smith juga memiliki masalah dengan karakter. Hal itu disampaikan langsung oleh  kepala pelatih Hangtuah, Mario Sanggor.

“Dia susah menyatu dengan tim. Maunya selalu diberi bola. Kalau tidak masuk, malas kembali defense. Dia selalu ingin diberi bola. Seperti ingin menunjukkan dia hebat. Padahal tidak selalu begitu. Kalau tidak diberi bola, bisa marah-marah,” jelas Coach Mario.

“Beberapa kali dia memarahi rekan satu timnya kalau kebetulan tidak bermain bagus,” sambungnya.


Hangtuah melepas pemain asingnya karena dinilai egois saat bermain.

Sebagai pengganti, Hangtuah meminta Falando Jones untuk bergabung dengan tim. Jones bukanlah pemain baru di Hangtuah. Ia pernah membela Hangtuah di Perbasi Cup bulan Oktober 2016 serta ASEAN Basketball League (ABL) musim 2014.

Sementara itu untuk mengganti Danny Trapp, JNE Siliwangi sudah mengambil keputusan untuk mendatangkan pemain baru bernama Raheem Singelton. Sedangkan Bima Perkasa Yogyakarta berencana untuk merekrut Gjio Bain Yang.

Dua tim lain yang juga kabarnya akan mengganti para pemain asing mereka adalah Pelita Jaya EMP Jakarta dan Aspac Jakarta. Namun sejauh ini belum ada kabar terbaru dari dua tim asal Jakarta tersebut.

Indonesian Basketball League (IBL)IBLHangtuah JakartaBima Perkasa YogyakartaJNE Siliwangi

Berita Terkini