x

Profil Tim IBL 2018/19: Pacific Caesar Surabaya

Selasa, 20 November 2018 15:14 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Pacific Caesar Surabaya

INDOSPORT.COM – Indonesia Basketball League (IBL) musim 2018/2019 bakal bergulir kembali. Turnamen kasta tertinggi Liga Bola Basket Indonesia ini siap digelar mulai tanggal 30 November 2018. Salah satu peserta IBL yang akan ikut memeriahkan ajang ini ada yang berasal dari Surabaya, Pacific Caesar.

Pada gelaran kali ini mereka sedang bersiap-siap untuk menyongsong musim 2018/2019 dengan kekuatan baru. Di samping itu juga mereka baru menyelesaikan turnamen Pramusim IBL di kota Solo beberapa minggu lalu.

Hasil cukup memuaskan diterima Pacific Caesar setelah mampu mengalahkan tim asal Jawa Barat, Bogor Siliwangi. Dengan kemenangan itu mereka sukses meraih peringkat ketujuh dalam turnamen Pra-musim tersebut.

Baca Juga

Klub yang berdiri sejak tahun 1968 merupakan klub yang sangat mulia. Sebabnya sang pendiri, Bambang Susanto atau yang sering disapa “Suk Fuk” tersebut mempunyai tujuan agar para pebasket dari seluruh Indonesia bisa menyalurkan bakatnya tanpa mengenyampingkan kualitas pendidikan.

Bukan saja kemampuan mereka di lapangan, fokus pendidikan juga menjadi hal yang sama diperhatikan di klub ini. Buktinya mereka juga membantu biaya pendidikan untuk para pemainnya yang saat ini sedang menempuh pendidikan di universitas.

Meskipun sudah berdiri sejak lama namun Pacific Caesar baru mampu ikut ke dalam kompetisi basket profesional tanah air pada tahun 1992 yang saat itu masih bernama Kompetisi Basket Utama (Kobatama).


1. Roster Pacific Caesar

Klub Pacific Caesar.

Tidak terlepas dari itu, dalam mempersiapkan diri jelang Indonesia Basketball League musim 2018/2019, Pacific Caesar juga sudah bersiap dengan merilis susunan pemain (Roster) yang akan mereka siapkan untuk menjalani musim baru kali ini yang antara lain sebagai berikut:

Nama Pemain Jersey Posisi
Ananda Syahputra Caesar (rookie) 0 PG
Qa'rraan Aleem Calhoun 5 F/C
Yerikho Christphor Tuasela 9 SG
Okky Arista 10 G
Ramdhan Yudha Yuwana 11 SF
Matthew Douglas Van Pelt (pemain asing) 12 G
Aga Siedarta Wismaya 16 SF
Oki Indra Hidayat 19 PF
Muhammad Hardian Wicaksono 23 SF
Indra Muhammad 24 SG
Muhammad Nur Aziz Wardana 25 C
Yonata 32 SF
Anindya Parama Putra 93 SF

Pemain bintang yang dimiliki Pacific Caesar Surabaya, Muhammad Nur Aziz Wardana siap menjadi pemain yang bakal menurunkan seluruh ilmunya kepada para pemain muda. Sebabnya Aziz juga merupakan pemain yang sempat membeli tim nasional bola basket Indonesia pada tahun 2016.

Baca Juga

Dan dalam Draft IBL musim 2018/2019 yang digelar di Jakarta pada tanggan 6 Oktober 2018 lalu, Pacific Caesar juga optimistis dengan dua calon pemain asing mereka, Anthony Derrel January dan Matthew Douglas Van Pelt.

“Kami ingin suasana baru. Anthony juga seorang coach jadi bisa memberi tambahan ilmu kepada para pemain lokal,” kata official tim Pacific, Irsan Susanto. Pacific Caesar juga sangat identik dengan David Seagers di dua musim sebelumnya.


2. Analisis Strategi Tim dan Prediksi di IBL 2018/2019

Pacific Caesar Surabaya melawan Bima Perkasa Jogja.

Skema yang bakal diturunkan Kencana Wukir sepertinya sudah mulai tertebak. Dalam turnamen pramusim yang digelar di Solo beberapa minggu lalu tersebut terdapat kisi-kisi untuk formasi tim ini.

Posisi Center bakal diisi oleh Muhammad Nur Aziz Wardana, kemudian Point Guard bakal ditempati oleh Ananda Syahputra Caesar, lalu Shooting Guard juga siap untuk diisi oleh Yerikho Tuasela yang sudah biasa bermain di posisi ini. Dan Power Forward dan Small Forward bakal diisi oleh kedua pemain asing mereka.

Baca Juga

Pacific Caesar diprediksi bakal sampai ke babak semifinal dengan adanya kekuatan baru ini serta beberapa pemain berpengalaman yang siap menurunkan ilmunya kepada pemain-pemain yang lain. Berbekal posisi ketujuh dalam turnamen Pramusim kemarin juga menjadi motivasi tersendiri untuk tim asuhan Kencana Wukir.

Penulis: Abdullah Saputra

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Indonesian Basketball League (IBL)IBLPacific Caesar Surabaya

Berita Terkini