x

3 Pebasket NBA yang Jago Menembak Three Point

Senin, 21 Januari 2019 11:04 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Tembakan tiga angka atau three point menjadi senjata mematikan dalam kompetisi basket kenamaan NBA. Tidak banyak pebasket dunia yang memiliki kemampuan ini.

Pentingnya lemparan jarak jauh tiga angka membuat pemain di berbagai posisi belajar menembak three point. Lemparan three point semakin marak dan dibutuhkan terbukti dengan fakta semakin jauhnya jarak tembakan dari garis busur.

Baca Juga

Hampir semua pemain utama tim NBA mulai melepaskan lemparan three point di setiap laga. Beberapa klub tidak jarang memperebutkan pemain yang andal dalam urusan three point.

Kini adu taktik dan akurasi menjadi primadona dalam pertandingan NBA. Semakin akurat pemain sebuah tim melempar dari luar garis busur, semakin dominan mereka dalam meraih gelar juara.

Baca Juga

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 pebasket NBA yang jago menembak three point.


1. Stephen Curry

Stephen Curry dalam laga NBA Washington Wizards vs Golden State Warriors.

Stephen Curry baru saja menggeser Jason Terry dari peringkat tiga penembak three point dalam sejarah kompetisi basket NBA. Ia bahkan menjadi pebasket tercepat yang mencetak 150 three point pada tahun 2018/19 hanya dalam 30 pertandingan, unggul 3 pertandingan lebih cepat ketimbang Terry pada tahun 2015/16.

Curry berpeluang memecahkan rekor penembak three point terbanyak dalam sejarah NBA. Terlebih, usianya masih menginjak 30 tahun.

Baca Juga

Posisinya sebagai garda utama membuat Curry subur soal urusan tembakan tiga angka. Akurasi tembakan Curry secara keseluruhan hingga kini mencapai 48,7 persen dengan rata-rata 28,8 poin per pertandingan.


2. Reggie Miller

Reggie Miller

Reggie Miller saat ini menjadi pemegang rekor three point kedua di NBA. Ia telah mengumpulkan 2.560 three poin selama membela tim Indiana Pacers.

Sejak datang ke NBA pada 1987, Miller tidak pernah memperkuat tim selain Pacers. Ia masuk ke jajaran 50-40-90 atau pemain yang mampu mengumpulkan 50+ persen field goal, 40+ persen three point, dan 90+ persen tembakan gratis selama satu musim reguler.

Baca Juga

Namun demikian, jelang pensiun pada tahun 2005, Miller hanya mengemas rata-rata 1,8 tembakan three point per pertandingan. Persentase lemparan tiga angka Miller mencapai 39,5 persen.

Stephen Curry yang kini hanya terpaut 275 three point berpeluang menggulingkan Miller sebagai pencetak three point terbanyak nomor dua.


3. Ray Allen

Ray Allen.

Ray Allen yang telah pensiun tahun 2014 merupakan pemegang rekor pencetak three point di NBA. Ia belum lama ini menerima gelar Hall of Fame pada akhir musim 2018 lalu.

Rekor 2973 tembakan tiga angka dari 7429 percobaan milik Allen masih sulit dikejar pebasket aktif lainnya. Secara keseluruhan, Allen rata-rata mencetak 5,7 tripoin per pertandingan.

Baca Juga

Momen tak terlupakan lemparan tiga angka Allen terjadi pada final NBA 2013. Ia menyelamatkan Miami Heat dari kekalahan atas San Antonio Spurs saat tertinggal 95-92 di sisi 5,2 detik terakhir.

Lemparan tiga angka Allen memaksa overtime. Heat akhirnya merebut satu kemenangan yang kemudian mengantarkan mereka keluar sebagai juara NBA.

Ikuti Terus Update Basket dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

NBAStephen CurryRay AllenTRIVIABasket

Berita Terkini