x

Jadi Legenda, 5 Gerakan Khas Pemain NBA Ini Paling Ikonik

Rabu, 6 Maret 2019 20:40 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
3 Pemain basket NBA dengan gaya khas yang melegenda: Manu Ginobili, Dirk Nowitzki, dan Kareem Abdul-Jabbar.

INDOSPORT.COM - Menjadi salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, bola basket memiliki banyak kompetisi yang diselenggarakan setiap tahun. 

Turnamen tersebut di antaranya, British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia. Tak ada yang menampik jika NBA merupakan liga basket paling populer di seluruh dunia lantaran pebasket yang bermain di ajang ini adalah yang terbaik di bidangnya. 

Permainan olahraga tim yang kerap menonjolkan kemampuan individu ini melahirkan sejumlah nama pemain bintang seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant. Keduanya telah sukses memukau orang banyak selama bertahun-tahun dengan skill mereka saat tampil dalam situasi yang sulit dan tentu saja dengan melakukan aksi khas mereka.

Baca Juga

Gerakan tangan yang khas, aksi gaya unik pemain, serta melakukan permainan berbeda saat pertunjukan dapat menjadi bagian yang menentukan dalam permainan pemain bola basket.

Berikut INDOSPORT rangkum lima gerakan khas paling ikonik atlet top yang banyak ditiru oleh pemain lainnya. 

1. Kareem Abdul-Jabbar (Skyhook)

Kareem Abdul-Jabbar saat melakukan gerakan ikoniknya, skyhook.

Kareem Abdul-Jabbar "mematenkan" teknik skyhook, yakni jump shot dengan melemparkan bola menggunakan satu tangan saja seraya tangan satunya lagi menghalangi lawan sehingga space dalam menembak menjadi lebih terbuka. 

Saat pertandingan NBA sekitar tahun 1983 di Inglewood, California, Jabbar melakukan aksi skyhook-nya ketika melawan Artis Gilmore dari San Antonio Spurs.

Gerakan skyhook dari Kareem Abdul Jabbar tersebut tingginya lebih dari 2,18 meter dan tidak mungkin dapat diblokir karena ketinggian lawannya yang terbatas. Kemudian Jabbar menekuk seluruh tubuhnya untuk mengangkat bola lewat lengan panjangnya dan dengan elegan melemparkannya ke dalam ring. 

Lalu Jabbar mengembangkan kemampuan untuk menembak skyhook menggunakan dua tangan, sehingga membuat para lawan semakin sulit untuk beradu dengannya. Kareem Abdul-Jabbar, pencetak angka terbanyak dalam sejarah NBA, kini terkenal karena memiliki gerakan khasnya yang bernama skyhook.


1. 2. Dirk Nowitzki (Stepback Fadeaway)

Dirk Nowitzki (Dallas Mavericks).

Stepback dari Dirk adalah salah satu gerakan paling tak terhentikan yang pernah ada dalam sejarah NBA. Dirk Nowitzki mengandalkan one-footed fadeaway untuk membuat geleng-geleng kepala pemain lawan. 

Dalam situasi terjepit, Nowitzki akan menembak sambil melompat mundur, kaki kiri menjadi tumpuan, dan kaki kanan diangkat untuk menjaga jarak dengan pemain yang melakukan blok.

Ditambah dengan badan Nowitzki yang miring ke belakang sekitar 20 derajat dan tinggi Nowitzki yang mencapai 2,13 meter, tembakan itu adalah senjata yang nyaris tiada lawan.

Baca Juga

Pemain Jerman setinggi tujuh kaki itu dapat melepaskan tembakan dengan busur sempurna yang didukung oleh hanya satu kaki. Gerakan ini juga menjadi favorit para pemain NBA lain seperti LeBron James dan Kevin Durant. 

3. Hakeem Olajuwon (Dream Shake)

Hakeem Olajuwon dengan gerakan dream shake.

Hakeem Olajuwoon, mantan center Houston Rocket, terkenal memang sulit dihentikan karena gerakan Dream Shake yang membingungkan pemain lawan.

Gerakan 'Dream Shake' milik Hakeem Olajuwon adalah serangkaian langkah yang membuat para lawannya takut dan sering kali kehilangan kendali sepenuhnya. Keterampilan langka ini kerap digunakan untuk pebasket yang berbadan besar. 

Saat bertemu David Robinson pada Playoffs NBA 1995, Hakeem berhasil mempermalukannya dengan serangkaian Dream Shakes yang tak terhitung jumlahnya. 


2. 4. Manu Ginobili (Eurostep)

Manu Ginobili menjaga ketat James Harden.

Eurostep adalah langkah maju dalam basket Eropa di mana seorang pemain setelah mengambil menggiring bolanya, mengambil langkah dalam satu arah, dan kemudian dengan cepat mengambil langkah kedua dalam arah lain sebelum mencoba layup. Teknik ini merupakan upaya untuk menghindari setidaknya satu defender sebelum mencetak poin.

Melakukan perubahan dalam teknik Eurostep, membuat Ginobili populer di NBA. Menjadi andalan untuk meraih poin di NBA dalam beberapa tahun terakhir, Dwyane Wade juga menggunakan gerakan ini secara efektif. 

Ini adalah salah satu langkah terberat yang harus dijaga karena Ginobili mengubah arah dengan begitu cepat. Lawan pun mengira jika mereka dapat menariknya, namun Ginobili malah mencetak angka dengan mulus lewat aksi Eurostep.

Baca Juga

5. Allen Iverson (Crossover)

Allen Iverson saat masih berseragam Philadelphia 76ers.

Allen Iverson akan selamanya dikenang karena teknik crossovernya yang menghancurkan. Crossover adalah teknik dribel yang digunakan untuk menciptakan ruang antara Anda dan pemain bertahan lawan. 

Gerakan ini mengharuskan Anda untuk melakukan gerakan tipuan ke satu sisi dan biarkan pemain bertahan lawan mengikuti Anda sebelum Anda memantulkan bola ke tangan satunya ketika pemain bertahan lengah.

Teknik ini akan membuat pemain bertahan lawan kehilangan keseimbangan dan kehilangan posisi dan Anda dapat degan mudah melakukan tembakan, melewati lawan, atau melakukan operan. 

Dipopulerkan oleh beberapa pemain bintang seperti Allen Iverson, Tim Hardaway, Pearl Washington, dan Deron Williams, gerakan ini dapat menjadi senjata andalan Anda jika Anda melatihnya.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Perkembangan NBA Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

NBAEmanuel GinobiliKareem Abdul-JabbarTRIVIA

Berita Terkini