x

5 Pemain Basket Asia Tersukses di NBA, Bisa Tebak?

Selasa, 2 April 2019 21:26 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Yao Ming ketika bermain membela Houston Rockets.

INDOSPORT.COM - National Basketball Association atau dikenal dengan NBA merupakan liga basket profesional paling kompetitif di dunia. Setiap musimnya, NBA menjadi ajang yang paling ditunggu bagi pebasket bertalenta dari seluruh dunia. Tak heran, jika banyak para pebasket Asia yang sukses di liga bola basket asal Amerika Serikat ini. 

NBA sendiri memang kerap mencari atlet terbaik dengan memperluas cakrawala serta menjangkau setiap sudut di dunia, dan pasar Asia menjadi salah satu bagian yang paling penting di dunia sejak awal abad ini.

Selama sejarah NBA, beberapa pemain Asia telah berkontribusi dalam perkembangan liga basket paling bergengsi di dunia ini. Bahkan ada yang telah bekerja sebagai duta besar liga di benua mereka sendiri.

Berikut INDOSPORT rangkum 5 pemain basket Asia tersukses di NBA.

Baca Juga

5. Mengke Bateer

Mengke Bateer adalah salah satu pemain NBA Asia paling sukses dalam sejarah. Ia telah menghabiskan 3 tahun di Asosiasi Bola Basket Cina dan sempat bermain untuk klub Denver Nuggets, San Antonio Spurs, dan Toronto Raptors. 

Selain itu, Bateer juga merupakan pemain Asia pertama yang pernah memenangkan kejuaraan NBA, meski posisinya sebagai center bukan merupakan faktor dalam perebutan gelar itu. Mengke sendiri telah berhasil mencetak total 8 poin bersama Toronto Raptors pada musim terakhirnya di NBA.

4. Wang Zhizhi

Wang Zhizhi merupakan pemain basket profesional China yang sekarang bermain untuk Baby Rockets di Chinese Basketball Association. Zhizhi juga menjadi pemain China pertama yang direkrut oleh tim NBA pada tahun 1999 dan menghabiskan 5 musim di liga dengan bermain di Mavericks, Clippers, and Heat.

Ia telah mencatat rata-rata karier 4,4 poin sebelum menuju kembali ke China. Setelah kembali lagi ke CBA, pada bulan Maret 2007, ia memandu Baby Rockets untuk memenangkan kejuaraan CBA yang ketujuh kalinya dan berhasil dinobatkan sebagai MVP (most valuable player) pada seri tersebut.


1. 3. Yi Jianlian

Yi Jianlian saat tampil membela Timnas Basket China.

Pebasket yang berposisi sebagai power forward, Yi Jianlian adalah salah satu pemain Asia paling berbakat yang pernah bergabung di NBA. Pemain basket berusia 31 tahun tersebut pernah membela tim Bucks, Nets, Wizards, dan Mavericks pada tahun 2007 hingga 2012.

Setelah meninggalkan liga, ia berusaha untuk kembali pada tahun 2016 dengan Los Angeles Lakers. Namun usai beberapa pertandingan pramusim, ia meminta untuk dibebaskan oleh tim.

2. Omri Casspi

Casspi ialah pemain bola basket Israel dan saat ini ia bermain untuk klub Golden State Warriors. Dia telah menghabiskan 9 tahun di NBA dan bagian paling sukses dalam kariernya adalah dengan Sacramento Kings, di mana Casspi berhasil menorehkan rata-rata 11,8 poin, 5,9 rebound, dan 1,4 assist per game

Selain itu, pria yang lahir pada 22 Juni 1988 ini bisa memainkan posisi small forward serta dapat juga bermain di posisi power forward.

Baca Juga

1. Yao Ming

Sudah dapat ditebak, Yao Ming merupakan pemain Asia terbaik yang pernah menjadi 'monster' setinggi 2,29 meter. Sejak pertama kali masuk NBA pada tahun 2002 hingga pensiun, dia memilih bermain di klub Houston Rockets. Terhitung ia telah menghabiskan 9 musim penuh dengan klub Houston Rockets

Dalam 468 pertandingan NBA yang diikutinya, Yao mencetak poin rata-rata 19 poin, 9,2 rebound, 1,9 block-shot, dan 1,6 assist. Pada Februari 2004, Yao mencetak angka terbanyak sepanjang kariernya di NBA, yaitu 41 poin saat melawan Atlanta Hawks.

Kemudian tanggal 18 Januari 2009, Yao berhasil memasukkan 12 tembakan 2 poin dari 12 kali percobaan. Rekor tersebut sekaligus mengalahkan perolehan yang dibuat Joe Meriweather pada tahun 1976 ketika dia memasukkan 10 tembakan 2 poin dari 10 kali percobaan.

Baca Juga

Prestasinya pun tak berhenti sampai di situ. Pada2001, 2003, dan 2005, Yao memenangkan tiga medali emas dan tiga penghargaan pemain terbaik ketika membela China dalam Kejuaraan Asia Federasi Bola Basket Internasional.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Perkembangan NBA Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

NBAYao MingHouston RocketsTRIVIABasketBerita Olahraga

Berita Terkini