x

Termasuk 3 Juara, Ini 6 Bintang NBA yang Tenyata Seorang Muslim

Kamis, 7 Mei 2020 19:08 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ada beberapa pemain Muslim yang pernah berkiprah di NBA yang bahkan berhasil menjadi juara, yang kini telah pensiun.

INDOSPORT.COM – Sebagai kompetisi basket terakbar di dunia, wajar bila NBA yang berbasis di Amerika Serikat diikuti oleh beragam pemain. Tidak hanya soal nasionalitas yang beragam, NBA pun berisikan para pemain dari berbagai agama, termasuk Islam yang merupakan minoritas di AS.

Keberagaman di NBA itu bisa terlihat dari daftar pemain klub-klub musim ini. Dari sisi nasionalitas, meski Amerika Serikat masih dominan, ada pula pemain-pemain dari luar Amerika, termasuk Eropa dan bahkan Afrika. Selain itu, tercatat ada 9 pemain NBA aktif yang diketahui merupakan seorang muslim

Namun rupanya keberadaan pemain muslim di NBA bukanlah hal baru. Tercatat ada beberapa pemain Muslim yang pernah berkiprah di NBA yang bahkan berhasil menjadi bintang, meski kini telah pensiun.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT memperkenalkan 6 mantan pemain NBA yang merupakan seorang Muslim:

1. Kareem Abdul Jabbar

Legenda bernama asli Lew Alcindor ini menjadi tokoh kunci sukses Milwaukee Bucks meraih satu-satunya gelar juara NBA pada tahun 1971. Ia kemudian meraih 5 gelar juara lagi ketika bergabung dengan LA Lakers. Abdul Jabbar juga tercatat sebagai pencetak skor terbanyak sepanjang masa di NBA dengan 38.387 poin.

2. Hakeem Olajuwon

Olajuwon yang merupakan Nigeria ini adalah legenda hidup Houston Rockets. Ia membela tim tersebut selama 17 tahun pada kurun 1984-2001 dan meraih 2 cincin juara NBA. Ia juga tercatat sebagai bagian timnas Amerika berjuluk The Dream Team yang meraih medali emas pada Olimpiade Atlanta 1996.

3. Mahmoud Abdul Rauf

Abdul Rauf mengawali kariernya di NBA bersama Denver Nuggets tahun 1990 dan sukses meraih gelar Most Improved Player pada musim ketiganya. Setelah 8 musim di NBA, ia melanglang buana dan berkarier di berbagai negara antara lain Turki, Italia, sebelum pensiun di Jepang  pada tahun 2011.

4. Shareef Abdur-Rahim

Meski tak pernah menjadi juara NBA, pemain yang meraih kepopuleran bersama Vancouver Grizzlies ini justru sukses meraih gelar bersama timnas Amerika dengan meraih medali emas pada Olimpiade Sidney 200. Ia kini masih aktif di NBA sebagai asisten pelatih di klub terakhirnya, Sacramento Kings.

Baca Juga
Baca Juga

5. Rasheed Wallace

Legenda Detroit Pistons ini sukses membawa klub tersebut menjuarai NBA pada tahun 2004 meski itu merupakan musim perdananya bersama mereka. Pria yang kini berusia 45 tahun ini mencatat rekor unik berupa technical foul terbanyak dalam satu musim, yaitu 41 kali.

6. Tariq Abdul-Wahad

Meski berasal dari Prancis, Abdul-Wahad justru menghabiskan kariernya profesionalnya di NBA, di antaranya bersama Orlando Magic dan Dallas Maverics. Meski memiliki kemampuan bertahan mumpuni, kariernya di NBA hanya berlangsung 8 tahun dari 1997-2005 karena fisiknya yang rentan cedera.

NBALos Angeles LakersDetroit PistonsHouston RocketsOlimpiade Atlanta 1996Olimpiade Sydney 2000Kareem Abdul-JabbarTRIVIABasketBerita BasketHakeem Olajuwon

Berita Terkini