x

Ini Alasan Michael Jordan Tanggalkan Nomor 23 Saat Comeback

Senin, 11 Mei 2020 20:58 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Legenda NBA dan Chicago Bulls, Michael Jordan menggemparkan dunia basket ketika memutuskan kembali bermain pada tahun 1995 setelah sempat pensiun.

INDOSPORT.COM – Legenda NBA dan Chicago Bulls, Michael Jordan, sempat menggemparkan dunia basket ketika memutuskan kembali bermain pada tahun 1995 setelah sempat pensiun. Uniknya, ketika itu Jordan memutuskan meninggalkan nomor 23 yang menjadi ciri khasnya.

Usai membawa Bulls meraih gelar juara NBA pada tahun 1993, Michael Jordan justru tertimpa musibah dengan meninggalnya sang ayah pada bulan Juli 1993. Musibah itu begitu memukul Jordan sehingga tiga bulan kemudian Jordan pensiun dari pentas NBA karena mengaku kehilangan motivasi.

Ia kemudian beralih cabang olahraga dengan menjajal baseball dan bergabung dengan tim Birmingham Barons. Namun, hanya satu setengah tahun kemudian, Jordan mencabut keputusan pensiunnya dan kembali bermain di NBA.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian ada satu hal yang menjadi perhatian para penggemar ketika Jordan akhirnya kembali bermain. Ia menanggalkan nomor 23 yang menjadi ciri khasnya dan memilih menggunakan nomor 45. Rupanya, ia memiliki alasan tersendiri terkait perubahan besar itu.

“Saya tidak ingin tampil dengan nomor 23 karena saya tahu ayah saya tidak akan ada di sana untuk melihat saya, dan saya merasa saat itu adalah awal yang baru,” ungkap Jordan seperti dikutip CBS Sport.

“Dan nomor 45 adalah nomor pertama yang saya gunakan saat bermain di SMA," tabahnya.

Dalam laga perdananya usai pensiun, yakni menghadapi Indiana Pacers, Jordan mengaku sangat grogi. Hal itu terjadi khususnya karena itu akan menjadi pengalaman pertamanya bermain sejak sang ayah wafat.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya sangat gugup karena sudah lama tidak tampil di laga kompetitif, dan saya merasa seperti telanjang karena ayah saya tidak ada di sana. Rasanya sangat berbeda,” tuturnya menjabarkan.

Meski demikian, Jordan tidak lama menggunakan nomor 45. Sebuah pengalaman di laga pertama babak semifinal wilayah menghadapi Orlando Magic membuat ia memutuskan untuk kembali mengenakan nomor keramatnya yakni 23.

Ketika itu,  Jordan tampil buruk sehingga mendapat ledekan bahwa menggunakan nomor 45 membuatnya kehilangan daya ledak. Jordan pun langsung merespons ledekan itu sehingga pada laga kedua ia kembali menggunakan nomor lamanya meskipun harus menerima hukuman denda dari NBA.

NBAIndiana PacersChicago BullsOrlando MagicMichael JordanBasketBerita Basket

Berita Terkini