x

4 Pebasket yang Juara NBA Meski Cuma Duduk di Bangku Cadangan

Selasa, 12 Mei 2020 00:07 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Empat pebasket ini pernah jadi juara meski hanya menghuni bangku cadangan.

INDOSPORT.COM - Cita-cita setiap pemain bola basket yang memasuki liga adalah memenangkan NBA Championship, bahkan bagi yang hanya menghuni bangku cadangan.

Sejarah Michael Jordan sebagai juara enam kali tanpa kekalahan NBA Finals membuatnya sulit untuk dikritik ketika mendobrak pemain terbaik sepanjang masa.

Pemain kelas atas seperti Jordan, LeBron James, Magic Johnson, dan Kobe Bryant diingat karena cara mereka memenangkan pertandingan. Namun, beberapa pemain bisa memenangkan cincin juara tanpa memainkan peran utama.

Baca Juga
Baca Juga

Bintang-bintang NBA biasanya akan berusaha mengejar akhir karier mereka dengan mencari peran yang lebih kecil untuk membuktikan seberapa besar penggemar mengingat mereka.

Dari Rashard Lewis hingga Mitch Richmond, berikut empat pemain basket hebat yang dapat memenangkan gelar meski hanya di bangku cadangan:

Rashard Lewis

Rashard Lewis menjadi pencetak poin terbanyak yang konsisten dan pembuat perbedaan pada tahun 2000-an. Tim Seattle SuperSonics dengan Ray Allen membuktikan bakat Lewis dan ia menjadi pemain terbaik kedua saat Eastern Conference Champions Orlando Magic tahun 2009.

Lewis akhirnya mendapatkan cincin juara yang diinginkannya ketika bersama Miami Heat. Peran bermain yang kurang saat di bangku cadangan nyaris membuat tim mana pun tidak memprediksikan Lewis memenangkan satu NBA Championship pada 2013.

Sayangnya lagi, banyak penggemar hampir tidak ingat bahwa dia pernah menjadi bagian dari line-up.

Baca Juga
Baca Juga

Jeremy Lin

Toronto Raptors memasukkan Jeremy Lin pada tengah musim 2019 setelah ia diberikan kesempatan bermain dalam skenario impian mereka. Lin adalah point guard cadangan untuk sisa musim reguler tetapi nyaris tidak diberikan waktu bermain di lapangan pada babak playoff.

Toronto mengandalkan Kyle Lowry dan Fred VanVleet untuk menggantikan pertahanan Lin yang lemah di lapangan. Lin memenangkan cincin juara pada waktu yang sama ketika Raptors berhasil meraih keuntungan dari Golden State Warriors di kejuaraan NBA 2019.

Cincin juara itu tidak membantu Lin mendapatkan tempat NBA di off season berikutnya dan ia sekarang bermain di Asosiasi Basket China.

Steve Smith

Steve Smith adalah salah satu shooting guard yang paling diremehkan pada akhir tahun 90-an. Smith berada pada permainan terbaiknya ketika ia di Atlanta Hawks dan Miami Heat.

Smith pernah satu kali bermain dalam penampilan All-Star dan menorehkan rata-rata 20+ points streak sebanyak tiga kali dalam kariernya.

Satu-satunya kejuaraan NBA yang Smith mainkan saat bersama San Antonio Spurs menempatkan dia pada posisi cadangan. Smith memenangkan gelar pada tahun 2003 dengan bermain hanya 7 menit per pertandingan di babak playoff.

San Antonio lebih memercayai pemain lain dibanding Smith, tetapi Smith berhasil memenangkan cincin juara atas pengorbanannya.

Mitch Richmond

Mitch Richmond adalah contoh terbaik dari pemain NBA legendaris yang memenangkan beberapa cincin juara. Ketenaran kariernya memberinya legasi sebagai legenda Sacramento Kings dan Golden State Warriors.

Richmond mengejar cincin juara saat akhir kariernya untuk menyempurnakan torehan prestasi di tim basket barunya. Los Angeles Lakers memasukkan Richmond dalam daftar sejak NBA Championship tahun 2002.

Richmond telah memainkan enam penampilan All-Star namun dia hanya bisa mengakhiri permainannya selama 2 menit pada setiap pertandingan Lakers selama perebutan gelar.

NBAJeremy LinBasketBerita OlahragaBerita Basket

Berita Terkini