x

Terlalu Hebat, 3 Rekor Wilt Chamberlain yang Mustahil Dilampaui

Sabtu, 23 Mei 2020 07:05 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Indra Citra Sena
Wilt Chamberlain

INDOSPORT.COM - Nama Wilt Chamberlain sudah melegenda di jagat bola basket NBA. Saking hebatnya, dia memegang tiga rekor yang mustahil dipecahkan oleh pemain lainnya.

Wilt Chamberlain merupakan pemain yang disebut mesin pencetak angka. Memanfaatkan postur tubuhnya, dia sangat andal dalam urusan mencetak poin dan rebound.

Berkarier di NBA pada 1959, Chamberlain memiliki prestasi individu yang mentereng. Ia memiliki koleksi empat kali MVP NBA dan bermain 13 kali di NBA All-Star.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Wilt Chamberlain juga berhasil menjadi juara NBA sebanyak dua kali bersama Philadelphia 76ers pada 1967 dan LA Lakers (1972).

Selain kesuksesannya itu, dia masih meninggalkan rekor yang luar biasa, sehingga pemain NBA lain mustahil untuk memecahkannya. Berikut tiga rekor milik Wilt Chamberlain di NBA yang mustahil untuk dilampaui:

1. Total rebound

Wilt Chamberlain sangat handal dalam urusan rebound. Tercatat ia memuncaki daftar rebound sepanjang masa dalam sejarah NBA. Chamberlain melakukan rebound 23.924 kali.

Catatan yang dimiliki Chamberlain tersebut mustahil untuk dipecahkan. Sebab, pemain yang masih aktif saat ini Dwight Howard masih tertinggal jauh dari Chamberlain.

Dwight Howard adalah pemain aktif yang memiliki catatan rebound terbanyak, yakni 13.641 rebound. Torehan itu masih sangat jauh untuk mendekati milik Chamberlain.

Apalagi kini Howard sudah tidak lagi muda. Usia Howard sudah 34 tahun dan mustahil ia bisa melangkahi rekor total rebound milik Chamberlain.

2. Rata-rata poin

Sebagai mesin pencetak angka, Wilt Chamberlain punya rekor rata-rata poin yang tertinggi di sejarah di NBA. Rekor tersebut dicatatkan oleh Chamberlain pada musim 1961/62. Kala itu, dia masih bermain bersama Philadelphia/San Francisco Warriors.

Nah, catatam rata-rata poin Chamberlain dalam satu musim, yakni mencapai 50,36 poin. Hal tersebut tentu mustahil dipecahkan pemain NBA lainnya.

Sebagai contoh, di era NBA modern pemain yang mendekati rekor milik Chamberlain, yakni Kobe Bryant yang sukses membuat rata-rata 35,4 poin. Tentu angka tersebut masih jauh milik sang legenda.

Pemain sekaliber Michael Jordan saja hanya mampu membuat rata-rata mencetak poin tertinggi sebesar 37,1 poin pada NBA 1986/87.

3. 100 poin

Wilt Chamberlain punya rekor mencetak angka tertinggi dalam satu game yang mustahil dipecahkan oleh pemain lain. Sebab, dia pernah mencetak 100 poin dalam satu pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Ia adalah pemain yang konsisten dalam mencetak angka. Nyatanya, Chamberlain menjadi pemain NBA satu-satunya yang berhasil melalui 118 dengan mencetak 50 poin. Dibandingkan dengan Jordan, catatan itu sangat jauh karena ia hanya membukukan 31 kali.

Kemudian, pemain NBA yang mendekati 100 poin dalam satu pertandingan milik Chamberlain adalah Kobe Bryant. Saat itu, legenda LA LAkers tersebut mencetak 81 poin pada 2006.

NBALos Angeles LakersPhiladelphia 76ersWilt ChamberlainBasketBerita Basket

Berita Terkini

Berita Terpopuler