x

5 Point Guard Terbaik Sepanjang Sejarah NBA: Stephen Curry Termasuk

Rabu, 4 November 2020 12:54 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Selama bergulirnya kompetisi NBA, terdapat sejumlah pemain di posisi yang point guard, yang layak disebut terbaik di sepanjang sejarah.

INDOSPORT.COM - Selama bergulirnya kompetisi NBA, terdapat sejumlah pemain di posisi yang point guard, yang layak disebut terbaik di sepanjang sejarah.

Dalam permainan sepak bola, setiap pemain yang ada dalam tim memiliki posisi yang berbeda-beda. Ada yang menjadi kiper, bek, gelandang, dan juga penyerang.

Baca Juga
Baca Juga

Hal serupa juga ada dalam permainan olahraga basket. Dalam satu tim yang terdiri dari lima orang terdapat pemain yang juga memiliki lima posisi berbeda.

Setiap posisi dalam permainan basket tentunya memiliki kriteria dan juga tugas yang berbeda-beda baik saat melakukan serangan maupun dalam kondisi bertahan.

Kelima posisi dalam permainan basket itu antara lain center, small forward, power forward, shooting guard dan juga point guard. Dalam artikel ini sendiri posisi point guard yang menjadi fokus utama.

Kerap disebut pemain nomor 1 karena posisinya yang kerap berada di luar garis parimeter, seorang shooting guard bisa dibilang otak dari permainan tim.

Pemain di posisi ini wajib memiliki kemampuan membaca dan mengatur tempo permainan, oleh karena itu point guard harus memiliki kemampuan dribling dan handling di atas rata-rata. Ia juga harus jeli membaca strategi lawan agar sulit mencetak angka.

Seorang point guard dalam sebuah pertandingan biasanya akan mencatatkan jumlah passing terbanyak, lantaran memang kemampuan vision court (pengawasan) yang harus dimiliki mewajibkan mereka menemukan celah kosong.

Dengan tugas-tugas tersebut, pemain di posisi point guard biasanya berpostur tidak lebih tinggi. Di NBA sendiri pemain yang berada di posisi ini memiliki tinggi rata-rata 180-193 cm, membuat mereka biasanya jadi yang paling pendek di antara pemain lain.

Meskipun pendek, hal itu justru memberi keuntungan bagi seorang point guard karena gerakannya menjadi lebih gesit. Kondisi tersebut juga membuat point guard lebih mudah melakukan steal (mencuri) bola dari tangan lawan.

Sepanjang bergulirnya kompetisi NBA, sudah banyak bermunculan pemain-pemain yang menempati posisi point guard. Namun, hanya beberapa di antara mereka yang layak disebut terbaik.

Berikut tersaji lima pemain posisi point guard terbaik sepanjang sejarah NBA versi redaksi berita olahraga INDOSPORT. Selamat membaca

1. Bob Cousy

Bila ditanya, siapa point guard yang paling banyak prestasinya dalam sejarah perhelatan NBA, Bob Cousy sudah pasti termasuk di dalamnya.

Bagaimana tidak, selama kariernya, ia merupakan bagian dari masa keemasan Boston Celtics. Enam gelar juara pun sudah pernah dirasakan pemain kelahiran 9 Agustus 1928 ini selama 13 tahun berkarier di Celtics.

Tak hanya soal gelar juara, Bob Cousy juga memiliki rekor gila dengan delapan kali berturut-turut meraih NBA Assists Leader dari 1953 sampai 1960.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan berbagai kegemilangannya dalam memberikan assists, tidak heran jika Bob Cousy juga selama 10 tahun berturut-turut selalu masuk dalam daftar All-NBA First Team.

Bob Cousy inilah sosok yang membuat sampai sekarang tidak ada lagi pemain Boston Celtics yang memakai nomor punggung 14, karena sudah dipensiunkan untuk menghargai kontribusi pria yang sempat memperkuat    Cincinnati Royals tersebut.


1. 2. Isiah Thomas

Legenda NBA, John Houston Stockton.

Saat dahulu masih berkarier sebagai pemain basket di NBA, salah satu pelatih lawan Detroit Pistons pernah memberi julukan Baby Face Assasins ke Isiah Thomas.

Julukan tersebut memang tepat mengingat point guard kelahiran Chicago tersebut selalu tersenyum ke lawan-lawannya, sebelum kemudian ia mengalahkannya.

Pada era 1980-an, Isiah Thomas tak perlu diragukan lagi sebagai salah satu point guard terbaik. Saat itu saingan terberatnya di posisi yang sama adalah legenda LA Lakers, Magic Johnson.

Dikenal sebagai pemain yang tak egois, pada kenyataanya statistik Isiah Thomas tercatat sudah mencetak 18.822 points, 9.061 assists, dan 1.861 steals. Catatan itu membuatnya sampai saat ini masih tercatat sebagai top skor dalam tiga sektor itu di Pistons.

Tidak mengherangkan juga bila Isiah Thomas menjadi aktor penting di balik keberhasilan Detroit Pistons dua kali berturut-turut menjuarai NBA 1989 dan 1990.

3. Stephen Curry

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tugas utama point guard adalah memberi suplai atau assits bagi pemain center atau small forward untuk mencetak poin.

Namun, kehadiran Stephen Curry membawa perubahan revolusioner bagi posisi point guard dalam pertandingan NBA. Pasalnya, Curry menjadi bukti bahwa point guard kini bisa menjadi tumpuan utama untuk mencetak poin.

Sejumlah pakar pun menyebut bahwa Curry merupakan shooter terhebat dalam sejarah NBA. Tidak mengherankan, mengingat data yang dilansir dari Basketball Reference, Curry punya persentase tembakan tiga angka selama kariernya sebesar 43,5%.

Di bawah asuhan pelatih Steve Kerr, Curry pun berhasil mengakhiri puasa gelar juara NBA Warriors, yang terakhir mereka rasakan pada 1975 silam.

Ya, di NBA 2014/15, Warriors yang diperkuat Curry sukses menubangkan Cleveland Cavaliers. Dua tahun berselang, Curry secara beruntun membawa Warriors menjuarai NBA musim 2018 dan 2019.

4. John Stockton

"Saya yakin dan positif tidak akan pernah ada sosok yang bisa seperti John Stockton dalam sejarah NBA." Kata-kata itu sendiri keluar dari mulut rekannya, Karl Malone seperti dikutip dari Ball is Life.

Kata-kata itu memang sangat tepat untuk menggambarkan perjalanan karier seorang John Stockton yang akan selalu dikenang sebagai point guard terbaik Utah Jazz

Hanya memperkuat Jazz selama 19 tahun kariernya sebagai pebasket NBA, John Stockton memang sangat disayangkan tidak pernah memiliki cincin juara.

Meski tak memiliki gelar juara, pria yang nomor punggung 12 miliknya telah dipensiunkan oleh Jazz tersebut punya rekor di NBA yang sampai saat ini belum dan hampir mustahil ada yang melewati.

Rekor yang pertama adalah sebagai torehan Assists terbanyak sepanjang masa dengan koleksi 15.806 assists. Sementara rekor satu lagi adalah urusan steal dengan angka 3.265, sebuah angka yang belum ada pemain yang mendekati.

5. Magic Johnson

Kualitas Magin Johnson memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pria kelahiran 14 Agustus 1959 ini tak mengherankan jika disebut sebagai point guard terbaik sepanjang masa NBA.

Mengawali karier profesional sebagai pebasket bersama LA Lakers pada 1979 silam, point guard saingan Isiah Thomas ini sudah langsung menjadi sorotan.

Di musim debutnya, Magic Johnson sudah langsung mampu mempersembahkan gelar juara NBA bagi Lakers. Ia pun berhasil menasbihkan diri sebagai NBA MVP Final pada musim 1979/80 tersebut.

Sepanjang kariernya sebagai pebasket, Magic Johnson tercatat memiliki koleksi 10.141 assitst. Ia juga aktif mencetak angka dengan torehan 17.707 poin.

Mempersembahkan 5 gelar juara, Magic Johnson pun mendapat penghormatan dari Lakers, yag memutuskan 'mengistirahatkan' nomor 32 yang selama ini ia gunakan.

NBAStephen CurryMagic JohnsonTRIVIABasketBerita BasketJohn StocktonBob CousyIsiah Thomas

Berita Terkini