x

3 Agenda NBA Setelah Menentukan Tanggal Musim Baru

Selasa, 10 November 2020 14:32 WIB
Editor: Juni Adi
LeBron James # 23 dari Los Angeles Lakers menembak bola selama babak kedua melawan Miami Heat di Game Dua dari Final NBA 2020 di AdventHealth Arena di ESPN Wide World Of Sports Complex

INDOSPORT.COM - Liga Basket Amerika Serikat (NBA) sudah memutuskan akan memainkan pertandingan pertama pada 22 Desember 2020 mendatang.

Memang, ada banyak hal yang mesti dipastikan sebelum bergulirnya musim baru, terutama oleh operator Liga dan asosiasi pemain (NBPA).

Beberapa hal yang mesti rampung sebelum liga bergulir, adalah agenda bursa pemain, pemain bebas agen, NBA draft, sampai durasi waktu untuk memperpanjang kontrak pemain baru.

Selain itu, NBA dan NBPA juga mencoba kembali ke jadwal lama, usai skenario gelembung yang dilakukan untuk menyelesaikan kompetisi musim lalu sukses untuk dilangsungkan.

Baca Juga
Baca Juga

Hanya saja, pejabat liga dan sponsor tak terlalu setuju dengan format ini, karena semakin menurunkan jumlah penonton televisi.

Sebagai solusi, NBA akan mencoba menggelar pertandingan sebelum hari Natal 2020 untuk melihat bagaimana reaksi pemirsa televisi dalam menonton pertandingan olahraga.

Ada juga skenario lain yang ditempuh, seperti memainkan pertandingan dari 10 tim papan atas liga di awal musim.

Ini dilakukan supaya mengurangi kerugian tim untuk mendapatkan iklan yang besar.

Komisaris NBA, Adam Silver berujar bahwa NBA yang akan dimulai pada akhir Desember 2020 bakal selesai paling cepat 16 Mei 2020 atau paling lambat 22 Juli 2021, selain juga penonton diperkirakan bisa kembali menyaksikan laga secara langsung pada Maret atau April mendatang.

“Sebagai sebuah liga, bahkan sejak pertengahan Maret ketika kami tutup, kami telah secara intensif meneliti dan menguji semua jenis tes Covid-19,” ujar Adam Silver melansir dari San Francisco Chronicle.

“Memang, ada kemajuan signifikan dalam tes cepat Covid-19 karena kami cukup optimis akan membentuk pasar lebih cepat,” imbuhnya.

Namun demikian, ada hal yang perlu dicermati, yakni catatan Gary Washburn dari Boston Globe.

Ada tiga hal yang akan ditunggu para penggemar NBA untuk beberapa hari ke depan, karena ini akan sangat menentukan musim baru.

Tentang Pemain Bebas Agen

Seperti diketahui, ada beberapa pemain bebas agen yang akan ditunggu ke mana mereka akan merapat.

Ada nama-nama beken yang masuk dalam daftar ini, seperti Fren van de Vleet DeMar DeRozan, Brandon Ingram, Andre Drummond, Mike Conley, Marc Gasol, sampai Serge Ibaka.

Selain itu, ada nama Anthony Davis, yang diisukan akan hengkang dari Los Angeles Lakers dengan stats free agency.

Tentunya, menarik ditunggu ke mana nama-nama ini akan berlabuh dan klub mana yang beruntung mendapatkan jasanya.

Tentang Draft NBA Musim Baru

Seperti yang sudah sering  dilakukan, ada draf NBA 2020 yang bakal dilangsungkan pada musim baru. Kegiatan ini sendiri sudah dijadwalkan ulang, yang mulanya dilangsungkan pada 25 Juni 2020 kini diadakan pada 18 November 2020.

Memang, biasanya jarak antara final dan draft hanya satu atau dua minggu. Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan tim NBA melakukan negosiasi.

“Memang ada bintang kecil di sebelahnya dan mungkin bisa berubah, meskipun pada dasarnya sudah dikunci. Kami menargetkan hal tersebut,” ujar Adam Silver.

Baca Juga
Baca Juga

Tentang Nasib Toronto Raptors 

Seperti dilansir dari essentiallysports, pemerintah Canada melakukan aturan ketat soal penanganan virus corona, terutama pendatang yang masuk.

Dalam jadwal NBA, setidaknya ada 72 pertandingan yang mesti dilalui tim yang berlaga di NBA mulai dari 22 Desember.

Tentunya, ini akan sulit bagi Toronto Raptors untuk bermain di kandang sendiri.

Untuk itu, tim yang satu ini tengah mencari kandang baru di Amerika Serikat dan masih ditunggu kapan keputusan ini akan keluar.

NBATRIVIABasket

Berita Terkini