x

Jelang Musim 2021, Pemain Naturalisasi Batal Tampil di IBL

Jumat, 18 Desember 2020 09:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Logo IBL

INDOSPORT.COM – Pemain naturalisasi disepakati oleh klub-klub basket tanah air tidak akan tampil di kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 mendatang.

Awalnya, IBL sudah mengizinkan pemain naturalisasi tampil di kompetisi basket tertinggi di Indonesia pada musim depan. Namun kemudian sebanyak 11 klub peserta liga, kecuali Indonesia Patriots, kembali membahas persoalan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah dilakukan pengambilan suara, mayoritas klub menolak memasukkan pemain naturalisasai di IBL 2021. Akhirnya, disepakatilah bahwa pemain naturalisasi batal tampil musim ini.

Hal ini juga dipastikan langsung oleh pemilik klub Louvre Surabaya, Erick Herlangga, yang ikut menyepakati batalnya pemain naturalisasi.

Menurutnya, sejumlah klub sudah sepakat bahwa mereka akan menggunakan pemain lokal naturalisasi untuk musim kompetisi IBL 2021.

“Saat ini di tengah masa pandemi memang lebih baik berkonsentrasi pada pembentukan tim dengan roster pemain lokal yang sudah dipersiapkan,” tutur Erick dilansir dari laman ANTARA.

Dipahami bahwa kesepatan IBL 2021 tanpa pemain naturalisasi diambil sehubungan dengan terbatasnya jumlah pemain naturalisasi yang tersedia dan memenuhi aturan IBL.

Mengacu pada peraturan sebelumnya, pemain naturalisasi merupakan pemain berkewarganegaraan Indonesia yang memperoleh haknya melalui proses naturalisasi, namun dalam prosesnya, pemain naturalisasi dapat dipilih melalui mekanisme pemilihan bersama pemain asing lewat draft IBL.

Akan tetapi, IBL memutuskan untuk menyempurnakan aturan mengenai pemain naturalisasi yang disebut sebagai lokal naturalisasi.

Berdasarkan peraturan baru, setiap klub hanya boleh meminang pemain naturalisasi yang sudah memiliki paspor Indonesia paling tidak 365 hari, sejak pengesahan serta dapat persetujuan dari PP Perbasi.

Baca Juga
Baca Juga

“Dari penyempurnaan ini diharapkan untuk dapat memberi aturan serta kesempatan lebih baik kepada pemain naturalisasi yang ada,” kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam laman resmi IBL, Kamis.

Junas juga mengatakan bahwa klub-klub peserta IBL pada akhirnya sepakat untuk menggunakan pemain naturalisasi pada kompetisi musim 2022, mengingat waktu persiapan saat ini yang sangat pendek. Sebagian besar klub juga telah mempersiapkan roster-nya untuk musim depan.

IBLNaturalisasiBasketBerita Basket

Berita Terkini