x

Cerita Adik Eks Pemain PSM Makassar yang Menjelma Jadi Bintang NBA

Kamis, 28 Januari 2021 14:58 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Lauri Markkanen, pebasket Chicago Bulls.

INDOSPORT.COM - Adik dari mantan pemain asing PSM Makassar Eero Markkanen yakni Lauri Markkanen kini mendapatkan banyak sorotan di NBA berkat penampilan gemilangnya bersama Chicago Bulls.

Penampilan Eero bersama Chicago Bulls bahkan membuatnya disebut-sebut akan mendandatangani kontrak baru dengan klub basket yang membesarkan nama Michael Jordan itu. 

Baca Juga
Baca Juga

Bergabung semenjak 2017, Markkanen mengawali debutnya bersama Bulls dengan torehan gemilang, 17 poin. Pebasket Finlandia itu juga mencatatkan rekor di NBA dengan menjadi pemain yang mencatatkan 10 3-pointers dalam tiga laga pertama kompetisi bergengsi itu.

Di tahun ini, Markkanen tampil gemilang dan mulai mencuri perhatian. Pebaslet berusia 23 tahun itu memang telah melewatkan tujuh dari 14 pertandingan Bulls sejauh musim ini karena protokol kesehatan dan keselamatan NBA.

Namun kini ia mulai bersinar bahkan diklaim Forbes membuatnya menjadi pemain menjanjikan yang akan membuat Bulls rugi jika melepasnya.

Musim lalu, Markkanen rata-rata hanya mencetak 14,7 poin dan 6,3 rebound ketika mampy melepaskan tembakan 42,5% dari lapangan dan 34,4% dengan tembakan 3 angka dalam 29,8 menit per game.

Dalam waktu bermain yang hampir identik sejauh musim ini, angka-angka tersebut adalah 18,9 poin, 7,1 rebound, 47,2% menembak secara keseluruhan, dan 40,0% dengan 3-pointers.

Tembakan tiga angka yang dibuatnya langsung menonjol, dengan triple daggernya saat melawan Houston Rockets di NBA musim ini.

Markkanen memasuki NBA dengan predikat sebagai penembak jitu, tetapi dia tidak menembak terlalu bagus di awal-awal debutnya. Kebangkitan awal Markkanen kini memang sedikit meningkatkan nilai jualnya, tetapi Bulls tetap tidak mengharapkan hasil yang signifikan sebagai imbalan. 

Bulls disebut lebih tertarik melakukan pertukaran Markkanen dengan Lonzo Ball, dengan Ball yang juga akan free transfer pada tahun ini.

Ball dianggap lebih dibutuhkan di Bulls karena kemampuannya untuk playmaking dan pertahanan. Sementara klub asal Ball, Pelikan New Orleans membutuhkan tambahan kekuatan depan untuk menembak, jadi Markkanen akan cocok di sana.

Adik Eks PSM Makassar dan Real Madrid Castilla

Lauri Markkanen diketahui merupakan adik bungsu dari striker Finlandia, Eero Markkanen yang baru bergabung dengan PSM Makassar. Namun Eero hanya bertahan satu musim bersama PSM tepatnya sepanjan kompetisi Liga 1 2020.

Eero dianggap tidak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk klub berjuluk Pasukan Ramang itu hingga kontraknya hanya berumur pendek. Setelah putaran pertama Liga 1 2019, ia pun didepak.

Lama tak terdengar pasca hengkang, eks pemain Real Madrid Castilla itu diketahui bergabung dengan klub kasta kedua Liga Amerika Serikat, Orange County Soccer Club.

Di klub tersebut, pemain Finlandia itu mendapatkan sambutan hangat, bahkan diklaim sebagai rekrutan terbesar Orange County.

Baca Juga
Baca Juga

"Kehadiran pemain dengan background seperti Markkanen adalah manuver transfer besar buat klub ini," ujar Oliver Wyss, direksi Orange County.

"Eero Markkanen punya pengalaman di Timnas Finlandia dan juga Real Madrid. Ini akan jadi pengaruh yang signifikan buat tim, baik di dalam maupun luar lapangan,"

NBAChicago BullsPSM MakassarEero MarkkanenLauri Markkanen

Berita Terkini