x

SEA Games 2021 Ditunda, Perbasi Ubah Agenda Pembinaan

Selasa, 13 Juli 2021 12:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Timnas Basket Indonesia.

INDOSPORT.COM - PP Perbasi merespons ditundanya penyelenggaraan SEA Games 2021 Vietnam. Federasi bola basket nasional itu menyayangkan penundaan tersebut. Sebab, Timnas Bola Basket sudah dipersiapkan maksimal untuk terjun di multieven antarnegara ASEAN dua tahunan tersebut.

Rasa kecewa ini pin diutatakan oleh Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. Baginya dengan penundaan ini membuat Perbasi mengubah agenda yang telah dibuat.

"Para atlet sudah mempersiapkan diri dengan maksimal untuk hadapi SEA Games Vietnam. Tentu kami menyayangkan penundaan ini karena penundaan ini banyak mengubah agenda PP Perbasi terutama terkait pembinaan atlet," ucap Nirmala Dewi.

Baca Juga
Baca Juga

PP Perbasi wajar menyayangkan penundaan ini. Timnas Bola Basket yang disiapkan sudah hampir jadi. Timnas Bola Basket Putri 3x3 misalnya, mereka bahkan mencari pengalaman bertanding hingga ke Austria. Di sana, para srikandi Indonesia itu ambil bagian dalam Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Harapannya, mereka bisa menghasilkan medali pada SEA Games nanti. Kemudian untuk Timnas Bola Basket Putra, mereka dipersiapkan lebih matang. Rentetannya mulai ikut dalam Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 hingga putaran finalnya. Mereka kemudian dimatangkan hingga pelaksanaan SEA Games Vietnam.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami sudah menerima arahan dari Pak Menpora dan Ketua NOC yang sudah menerima juga (putusan penundaan SEA Games), sehingga kami harus mematuhi," jelas Sekjen wanita pertama di PP Perbasi. "Kami berharap para atlet dan pelatih tidak patah semangat. Tetaplah berlatih, sehingga kapan pun negara memanggil semua dalam kondisi siap tempur," lanjutnya.


1. Persiapan Belum Maksimal

Timnas Basket Putri Indonesia 3x3 sudah menyiapkan diri agar mampu bersaing sejak 4 April lalu di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

Sementara manajer Timnas Putri dan 3x3 Christopher Tanuwidjaja mengatakan, sampai saat ini persiapan timnas di bawah supervisinya belum bisa melaksanakan aktifitas. Imbas dari PPKM Darurat. Ditambah lagi dengan penundaan SEA Games Vietnam.

"Awalnya kami sudah mempersiapkan dan mengajukan ke Perbasi untuk memulai TC di awal bulan Juli lalu, baik untuk 5v5 Putri maupun 3x3 Putri. Namun dengan adanya PPKM Darurat, Penundaan SEA Games & ketidak pastian FIBA World Cup 3x3 U-23 2021, kami belum bisa memulai kegiatan apapun. Saat ini para pemain masih bersama keluarga masing-masing," jelas Christopher.

Seperti diketahui, SEA Games 2021 Vietnam rencananya akan dieksekusi pada 21 November hingga 2 Desember 2021. Putusan penundaan ini diambil usai dilakukan pertemuan antara perwakilan National Olympic Committee negara-negara peserta se Asia Tenggara (SEAGAF) pada Kamis (8/7). Usai diputuskan ditunda, pelaksanaan dijadwalkan pada 2022. 

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi)Timnas Basket IndonesiaTimnas Basket Indonesia 3x3Timnas Basket Putri IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini