x

5 Pebasket Termuda Sepanjang Sejarah yang Cetak Triple-Double di NBA

Minggu, 17 Oktober 2021 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
LeBron James, small forward Cleveland Cavaliers.

INDOSPORT.COM – Mencetak Triple-Double di kompetisi sekelas NBA bukanlah perkara mudah. Namun beberapa pebasket pernah melakukannya saat usianya masih muda.

Triple-Double adalah suatu catatan istimewa di dunia basket. Catatan ini di berikan bila mana seorang pebasket membukukan dua digit atau 10 poin lebih untuk kategori statistik yang tercatat dalam pertandingan.

Biasanya, Triple-Double identik dengan poin, rebound, steal, blok dan assist. Jika seorang pebasket mampu mencetak dua digit poin dalam tiga kategori tersebut, maka pemain tersebut akan mencetak Triple-Double.

Baca Juga
Baca Juga

Melihat kompetitifnya NBA, tak mudah bagi pemain melakukannya dalam satu pertandingan. Tapi bukan berarti hal ini jarang terjadi dalam suatu laga.

Selain Triple-Double, ada pula Double-Double. Bedanya, seorang pebasket NBA hanya harus mencetak dua digit poin dalam lima kategori tersebut.

Double-Double biasanya lebih mudah didapatkan oleh pebasket ketimbang Triple-Double. Itulah mengapa, Triple-Double menjadi suatu catatan istimewa.

Meski sulit didapatkan, nyatanya ada sederet pebasket yang bisa mencetak Triple-Double dalam satu laga di usia muda. Lantas, siapa saja pemain itu?

Baca Juga
Baca Juga

5. LeBron James

Tak ada yang meragukan kualitas seorang LeBron James di dunia basket. Bahkan, penggawa LA Lakers in mampu menorehkan 99 Triple-Double sepanjang kariernya dan membuatnya duduk di peringkat kelima pebasket NBA yang paling banyak mendapat Triple-Double.

Dari 99 kali catatan itu ia buat, LeBron James pertama kali mencetak Triple-Double di usia muda, yakni 20 tahun 20 hari saat Cleveland Cavaliers menghadapi Portland Trail Blazers pada 19 Januari 2005 di mana ia mencetak 27 poin, 11 rebound, dan 10 assist.


1. Pemain Lainnya

LaMelo Ball, pemain Charlotte Hornets dalam laga NBA melawan Atlanta Hawks, Minggu (10/01/21).

4. Lonzo Ball

Saat awal kemunculannya, Lonzo Ball dianggap sebagai salah satu pebasket potensial yang nantinya bisa merajai NBA. Sayangnya, ia belum mampu memenuhi ekspektasi tersebut. Meski begitu, ia punya karier cukup apik di ranah NBA.

Ekspektasi yang diberikan kepadanya tak lepas dari penampilannya kala muda di mana pada usia 20 tahun 15 hari, ia mampu mencetak Triple-Double pada 11 November 2017 saat LA Lakers melawan Denver Nuggets dengan torehan 11 poin, 16 rebound dan 11 assist.

3. Luka Doncic

Luka Doncic dicap akan menjadi salah satu pemain asing terbaik sepanjang sejarah NBA. Hal ini tak lepas dari penampilannya sejak bermain di NBA pada 2018.

Pada usia 19 tahun 327 hari saja, ia mampu mencetak Triple-Double pada 21 Januari 2019 kala Dallas Mavericks menghadapi Milwaukee Bucks dengan 18 poin, 11 rebound dan 10 assist.

2. Markelle Fultz

Markelle Fultz dari Orlandi Magic saat ini tengah dibekap cedera lutut yang parah. Fisiknya memang tak sefit pemain basket lainnya karena ia menderita sindrom Thoracic Outlet, sindrom yang membuat saraf leher dan dadanya bermasalah.

Meski begitu, ia punya kemampuan apik dalam bermain. Hal ini terbukti dari Triple-Double yang ia buat di usia 19 tahun 317 hari kala Philadelphia 76ers mengalahkan Milwaukee Bucks pada 11 April 2018 di mana ia mencatatkan 13 poin, 10 rebound dan 10 assist.

1. LaMelo Ball

Pemain termuda sepanjang sejarah NBA yang mencetak Triple-Double adalah LaMelo Ball di mana ia mencetak 22 poin, 12 reboun dan 11 assist pada 29 Januari 2019 kala Charlotte Hornets mengalahkan Atlanta Hawks.

Triple-Double tersebut menjadi Triple-Double pertama dalam kariernya. Di usia yang baru 20 tahun, tentu ia masih punya kesempatan besar menambah catatan tersebut.

NBALeBron JamesLos Angeles LakersCleveland CavaliersDallas MavericksCharlotte HornetsOrlando MagicLonzo BallBasketLuka DoncicBerita BasketLaMelo Ball

Berita Terkini