x

Jelang FIBA Asia Cup, Erick Thohir Beberkan Persiapan Timnas Basket Indonesia

Sabtu, 2 April 2022 15:42 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Subhan Wirawan
Timnas Basket Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas Basket Indonesia sedang mempersiapkan diri demi berjuang di ajang FIBA Asia Cup 2021.

Timnas basket Indonesia akan mengikuti FIBA Asia Cup pada 12-24 Juli 2022. Hal yang menarik, ajang bergengsi se-Asia ini akan digelar di Indonesia. 

Ada 16 tim negara yang akan tampil di ajang tersebut yaitu Arab Saudi, Yordania, Australia, Taiwan, China, Korea Selatan, Bahrain, Iran, Jepang, Kazakhstan, Suriah, India, Lebanon, Filipina, Selandia Baru, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Timnas basket Indonesia tampil di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania, dan Australia.

Jelang mengikuti ajang FIBA Asia Cup 2022, timnas basket Indonesia rupanya sudah melakukan berbagai persiapan demi menembus peringkat delapan besar dari 16 tim yang tampil.

Baca Juga

Target ini harapannya bisa dicapai agar timnas basket Indonesia bisa mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2023.

Sebagaimana dikutip dari Antara, anggota dewan FIBA sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir, menjelaskan beragam hal yang dilakukan timnas basket Indonesia. 

Persiapan pertama yaitu mengirim surat kepada FIBA untuk mengizinkan para pemain yang berkarier di luar negeri untuk pulang ke Tanah Air. 

Baca Juga

Para pemain yang berkarier di luar negeri tentu harus bergabung di sesi latihan Rajko Toroman bersama punggawa lainnya. 

Pemain tersebut antara lain Derrick Michael, yang kini tergabung dalam NBA Global Academy, dan pemain naturalisasi Marques Bolden, yang membela klub NBA G-League, Salt Lake City Stars.


1. Persiapan Singkat Jelang FIBA Asia Cup 2022

FIBA Asia Cup 2022.

Tak hanya itu, Erick juga meminta para pemain untuk serius menggunakan waktu tiga bulan tersisa ini untuk mempersiapkan diri untuk FIBA Asia Cup 2022.

Terlebih, PP Perbasi sudah mendatangkan tim pelatih asal Amerika Serikat, yang secara khusus akan menangani fisik para pemain.

Baca Juga

"Kami juga mempersiapkan tim coaching yang serius. Tidak hanya pelatih dari Serbia, tetapi juga kami mendatangkan tim pelatih dari Amerika Serikat untuk individual skill dan fisik," tutur Erick Thohir. 

"TC (pemusatan latihan) akan dimulai 4 atau 5 April. Kami tidak tanggung-tanggung selama tiga bulan semua kegiatan olahraga nasional diberhentikan demi timnas. Ini adalah komitmen klub dan liga yang rela melepas pemain untuk timnas," katanya lagi.

Baca Juga

Sementara itu, Erick Thohir yakin Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 dengan baik. 

Hal ini mengingat pengalaman Indonesia yang pernah menggelar ajang olahraga bergengsi dengan skala internasional, seperti Asian Games dan MotoGP. 

"Kuncinya sekarang adalah persiapan timnas. Kalau persiapan penyelenggaraan, saya rasa kita sudah kelas dunia lah, sudah pernah menggelar MotoGP, Asian Games, tinggal timnas yang harus kita dorong," kata Erick Thohir.

Sementara itu, timnas basket Indonesia akan segera melakukan latih tanding atau uji coba di Australia. 

Baca Juga

Manajer timnas basket putra Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengungkapkan TC akan berlangsung pada 9-24 Juni dengan agenda utama melawan 10 tim NBL1, yang merupakan liga semi-profesional Australia.

"Kami akan berangkat ke Australia untuk TC melawan 10 tim NBL1. Jadi selama 14 hari ada 10 gim," ungkap Jeremy setelah konferensi pers persiapan FIBA Asia Cup di Jakarta, Jumat (1/4/2022).

"Saya rasa intensitas dan jumlah pertandingan yang dimainkan akan membuat performa anak-anak timnas mencapai peak-nya saat FIBA Asia Cup pada 12 Juli nanti," imbuhnya. 


2. Sah! Ini 8 Tim di Babak Play Off IBL 2022: RANS PIK Tantang Pelita Jaya

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dan Pihak Kepolisian.

Berikut ada 8 tim yang berhasil melaju ke babak playoff IBL 2022, di mana RANS PIK Basketball menantang tim papan atas, Pelita Jaya.

Diketahui season reguler IBL 2022 yang berlangsung dengan prokes ketat sejak 3-30 Maret tahun ini telah selesai digelar dengan lancar.

Baca Juga

“Alhamdulillah, 132 game dalam 29 hari bubble lancar terselesaikan. Lebih menggembirakan adalah tanpa kasus Covid-19 dan antusiasme tinggi dari para penonton,” kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur Utama IBL, dalam laman resminya.

Juna selaku Direktur Utama IBL juga menguncapkan rasa terima kasihnya kepada pihak yang berpartisipsi bisa menggelar season reguler dengan aman.

Baca Selengkapnya: Sah! Ini 8 Tim di Babak Play Off IBL 2022: RANS PIK Tantang Pelita Jaya

Timnas Basket IndonesiaFIBA Asia Cup 2021Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021Derrick MichaelFIBA Asia Cup

Berita Terkini