x

Menang Telak Atas Arab Saudi, Timnas Basket Indonesia Puncaki Grup A FIBA Asia Cup 2022

Rabu, 13 Juli 2022 02:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM - Timnas basket Indonesia berhasil mendulang kemenangan di laga perdana penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 saat bersua Arab Saudi pada Selasa (12/07/22).

Timnas basket Indonesia yang diasuh oleh Milos Pejic menaklukkan Arab Saudi dengan skor 80-54 di Istora Senayan, Jakarta. 

Baca Juga

Pada laga petang tadi, coach Milos menurunkan Andakara Prastawa, Abraham Damar Grahita, Brandon Jawato, Derrick Michael, dan Marques Bolden sebagai starter. 

Marques Bolden jadi mimpi buruk Arab Saudi sejak awal pertandingan. Pemain naturalisasi itu cetak 32 poin dengan 16 diantaranya dari rebound.

Baca Juga

Timnas Basket Indonesia menutup kuarter pertama dengan keunggulan 18-13. Lalu, mengakhiri halftime dengan keunggulan 44-30.

Baca Juga

Pada kuarter ketiga, Indonesia sedikit tertahan. Meski demikian, Prastawa dkk masih bisa mencetak 17 poin dan hanya kemasukan 15 angka untuk menjauh 61-45.

Kuarter akhir, Arab Saudi seperti sudah kehabisan bensin. Mereka hanya mencetak sembilan angka dan kemasukan 19 poin sehingga menyerah 80-54.


1. Ini Kunci Kemenangan Timnas Basket Indonesia

Suasana pertandingan Timnas Basket Indonesia vs Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup. Foto: Mohammad Rizki Azhari/INDOSPORT

Manajer Timnas basket Indonesia, Jeremy Santoso mengatakan hasil hari ini berkat kemampuan kemampuan pemain yang bisa jalankan instruksi pelatih dengan baik.

Baca Juga

Tetapi, dia juga mengingatkan agar tidak terlena. Sebab, masih ada dua laga tersisa di Grup A yakni lawan Yordania dan Australia. 

Baca Juga

"Para pemain mengeksekusi game plan dengan baik. Namun beberapa bagian pertandingan mesti dijaga dengan baik jika menghadapi tim yang tangguh seperti Yordania dan Australia seperti turn over," kata Jeremy.

Baca Juga

"Kami masih harus mengevaluasi lagi pertandingan hari ini. Tapi, saya kira secara keseluruhan para pemain bermain bagus di depan penonton yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada penonton yang datang mendukung," imbuhnya. 


2. Timnas Basket Indonesia Bertengger di Puncak

Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

Sementara itu, kapten Timnas basket Indonesia, Arki Dikania Wisnu menilai masih banyak hal yang harus dibenahi. Kemenangan hari ini jadi modal bagus dan buka peluang ke babak 8 besar. 
 
"Masih ada banyak hal yang bisa kami kembangkan sebagai tim. Ada banyak hal positif," tuturnya. 

"Comeback yang baik setelah kalah minggu lalu. Kami harus terus menjaga fokus dan mengontrol pada pertandingan selanjutnya," imbuh Arki. 

Kemenangan ini menempatkan Indonesia di puncak Grup A dengan nilai dua. Andakara Prastawa dkk unggul produktivitas skor dari Australia yang mengalahkan Yordania 78-60 dalam pertandingan yang berlangsung tepat sebelum game Indonesia vs Arab Saudi.

Baca Juga
Timnas Basket IndonesiaArab SaudiMarques BoldenFIBA Asia Cup 2022

Berita Terkini