x

FIBA Asia Cup 2022: Timnas Basket Indonesia Jalani Laga Hidup Mati Versus Tiongkok

Minggu, 17 Juli 2022 12:40 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COMTimnas basket Indonesia bakal melakoni laga hidup mati melawan Tiongkok pada FIBA Asia Cup 2022 pada hari Senin (18/07/22).

Sebelumnya, Indonesia tumbang melawan Australia di laga terakhir fase Grup A FIBA Asia Cup 2022 usai dipermalukan dengan skor 53-78.

Baca Juga

Sementara itu, Yordania berhasil membekuk Arab Saudi yang merupakan juru kunci Grup A dengan skor 74-64.

Dengan kemenangan tersebut, Yordania berada di posisi kedua Grup A dengan lima poin. Di samping itu, Indonesia menempati posisi ketiga Grup A dengan alokasi poin sebanyak empat.

Australia berhasil menyapu bersih seluruh kemenenangan dan mengukuhkan diri menjadi juara Grup A dengan torehan enam poin. Selain itu, Negeri Kanguru tersebut otomatis lolos ke perempat final.

Baca Juga

Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga dari masing-masing grup akan melakoni babak play-off untuk mengamankan tiket menuju perempat final FIBA Asia Cup 2022.

Playoff ini nantinya bakal mempertemukan runner-up Grup A dengan peringkat ketiga Grup B dan peringkat ketiga grup A melawan runner-up Grup B.

Beralih ke Grup B, Tiongkok berhasil menundukkan Taiwan dengan skor 80-95. Dengan kemenangan tersebut, Negeri Tirai Bambu itu menempati posisi kedua Grup B di bawah Korea Selatan yang menjadi juara grup.

Baca Juga

Dengan kata lain, Timnas basket Indonesia bakal melakoni laga hidup mati melawan Tiongkok pada Senin (18/07/22).

Bagaimana tidak? Jika Tim Garuda gagal menang dalam laga tersebut, Andakara Prastawa cs dipastikan tidak lolos FIBA World Cup 2023 kendati Tanah Air tercinta merupakan tuan rumah di ajang tersebut bersama Filipina dan Jepang.


1. Statistik Tiongkok vs Indonesia

Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

Secara statistik, Tiongkok bisa dibilang lebih baik daripada Indonesia. Negeri Tirai Bambu tersebut mencatatkan 46 persen Field Goals (FG), sementara Marques Bolden cs menorehkan 40 persen.

Indonesia harus berterima kasih kepada Shooters mereka, sebab untuk 2-point FG, Tanah Air unggul 52,1 persen berbanding 47,9 persen.

Baca Juga

Hanya saja persentase 3-point FG Andakara Prastawa cs sangat buruk, yaitu 24,4 persen. Sementara itu, Tiongkok berada di angka 43,4 persen.

Meski demikian, Indonesia bisa mendulang poin dari free throw yang bisa mereka dapatkan. Tercatat, negeri tercinta kita menorehkan 82,9 persen dalam persentase free throw yang masuk, sementara Tiongkok hanya 72 persen.

Indonesia juga patut waspada saat menyerang lantaran jika gagal dan membuat turnover, poin Tiongkok lebih unggul daripada Indonesia, 16,3-10.

Selain itu, Tiongkok juga cukup jago dalam urusan fast break, mereka mengumpulkan 17,7 poin dari ‘serangan balik’ versi basket tersebut. Di sisi lain, Indonesia hanya menorehkan 6,3 dari fast break.

Baca Juga

Selain itu, kedalaman skuad Tiongkok juga dirasa lebih dalam dari Indonesia. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu itu mencetak rata-rata 36,3 poin dari pemain mereka yang berada di bangku cadangan, sementara Indonesia cuma mencetak rata-rata 12 poin dari pemain bangku cadangan mereka.

Meskipun kurang difavoritkan untuk menang pada laga tersebut, semua juga bergantung pada keefektifan strategi dari Coach Milos dan kemampuan Timnas Indonesia untuk menjalankan strateginya.

Jika semua berjalan baik, mungkin saja Indonesia mampu membuat kejutan dengan mengalahkan Tiongkok dalam laga Play-off FIBA Asia Cup ini.

Baca Juga

Memang tak akan mudah, tetapi mengalahkan Tiongkok memang satu-satunya jalan Indonesia untuk mengamankan tiket ke perempat final.

Dengan lolos ke perempat final, Prastawa cs bisa secara otomatis ikut dalam pagelaran FIBA World Cup 2023.


2. Nonton FIBA Asia Cup 2022, Kalian Bisa Pesan Online Lho

Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

Kalian bisa mendukung Timnas Basket Indonesia dengan menonton langsung pertandingan. Berikut adalah harga tiket masuk untuk menonton pertandingan FIBA Asia Cup 2022 yang dilangsungkan di Istora Senayan, Jakarta.

Indonesia kali ini menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 yang bakal dihelat dari 12-24 Juli 2022 mendatang.

Oleh sebab itu, bagi orang-orang yang ingin menonton secara langsung Timnas Basket Indonesia berlaga di FIBA Asia Cup, kalian bisa memesan secara langsung di Istora maupun lewat daring/online.

Jika kalian adalah tipe orang yang malas mengantre untuk membeli tiket lewat ticket box, tak perlu cemas sebab kalian bisa memesan secara daring, bahkan harga yang dibayar juga sama dengan membeli lewat ticket box.

“Kami sedang melihat pertumbuhan satu dan dua hari ini, terutama dengan tur trofi berjalan lima hari dan itu berdampak pada penjualan tiket yang meningkat lebih cepat. Bahkan, sejak kemarin, kami membuka penjualan tiket box di Istora dan harga dan paket penjualan sama sepeti penjualan online,” kata Stephen Walangitan, Marketing Director FIBA Asia Cup 2022.

Baca selengkapnya: Berikut Harga Tiket Masuk FIBA Asia Cup 2022, Bisa Pesan Online

Timnas Basket IndonesiaBasketFIBA Asia Cup 2022

Berita Terkini