x

Final Red Bull Basketball Championship 2022 Seri Surabaya: SMAN 2 Surabaya Juara Meyakinkan

Senin, 15 Agustus 2022 23:53 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Juni Adi
Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 kembali bergulir dan berlangsung di Surabaya mulai 13-15 Agustus 2022. Foto: Red Bull Indonesia

INDOSPORT.COM – SMAN 2 Surabaya sukses menjadi juara turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 seri Surabaya.

Bertempat di GOR Unesa Surabaya, sejak Sabtu (13/08/22) telah berlangsung turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 seri Surabaya.

Baca Juga

Kini, Senin (15/08/22), turnamen yang diselenggarakan oleh minuman suplemen kesehatan Red Bull tersebut sudah memasuki babak final dan 2 tim akan saling berusaha merebut gelar juara.

Babak final turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 seri Surabaya menghadirkan laga antara SMKN 2 Surabaya melawan SMAN 2 Surabaya.

Sekilas, perjalanan SMKN 2 Surabaya dimulai dengan berhasil menghajar telak SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dengan skor 53-14.

Baca Juga

Memastikan diri ke babak delapan besar, SMKN 2 Surabaya kemudian bertemu dengan SMA Petra 2 dan menang dengan skor 62-14.

Berhasil melaju ke semifinal, SMKN 2 Surabaya lalu bertemu dengan SMAN 15 Surabya dan lagi-lagi langkah mereka tak terbendung. SMKN 2 Surabaya berhasil menang telak dengan skor 62-23 untuk kemudian memastikan diri ke final.

Sang lawang, SMAN 2 Surabaya pun juga tak kalah cemerlang dalam turnamen ini. SMAN 2 Surabaya mengawali langkah mereka dengan mengalahkan SMA Ketintang 20-0.

Baca Juga

Lolos ke babak delapan besar, SMAN 2 Surabaya lagi-lagi mampu menjungkalkan lawannya. Kali ini SMAK Frateran yang jadi korbannya. SMAN 2 Surabaya berhasil menang 42-26.

Lolos ke semifinal, SMAN 2 Surabaya pun berhak berjumpa dengan SMA Petra 1.

Menjalani pertandingan yang ketat, SMAN 2 Surabaya lagi-lagi berhasil menang dan melangkah ke final Red Bull Basketball Championship berjumpa SMKN 2 Surabaya.

Setelah melalui babak 16 besar, delapan besar, hingga semifinal, Senin (15/08/22) turnamen Red Bull Basketball Championship 2022 seri Surabya telah memasuki babak final.


1. Rebutan Peringkat Ketiga

Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 kembali bergulir dan berlangsung di Surabaya mulai 13-15 Agustus 2022. Foto: Red Bull Indonesia

Babak final kali ini dibuka dengan pertandingan perebutan tempat ketiga antara SMA Petra 1 melawan SMAN 15 Surabaya.

Menjadi sekolah yang diunggulkan, SMA Petra 1 tampak tidak menemukan perlawanan yang begitu berarti dari SMAN 15 Surabaya.

Baca Juga

Alhasil, SMA Petra 1 Surabaya pun berhasil mencatatkan kemenangan dengan skor 74-29 dan berhak menjadi juara ketiga turnamen Red Bull Basketball Championship 2022 seri Surabaya.

Sedangkan pada pertandingan puncak, yakni final perebutan juara 1 dan 2 Red Bull Basketball Championship 2022 seri Surabaya mempertemukan SMAN 2 Surabaya melawan SMKN 2 Surabaya.

Baca Juga

Jalannya Partai Final

Baik SMAN 2 Surabaya maupun SMKN 2 Surabaya, kedua tim sama-sama memiliki perjalanan yang cemerlang hingga akhirnya sampai di partai final ini.

Namun, kendati memiliki perjalanan yang cemerlang SMKN 2 Surabaya harus mengakui keunggulan SMAN 2 Surabaya di partai final Red Bull Basketball Championship.

Baca Juga

Pada partai puncak, SMAN 2 Surabaya berhasil menekuk SMKN 2 Surabaya dengan skor meyakinkan 43-29.

Hasil ini juga membuat SMAN 2 Surabaya berhak menjadi juara di Red Bull Basketball Championship 2022 seri Surabaya.

Selain itu, SMAN 2 Surabaya juga berhak untuk mewakili kota Surabaya di partai grand final yang akan digelar di Jakarta, September nanti.


2. Wadah Mencari Bibit Atlet Basket Indonesia

Turnamen bola basket Red Bull Basketball Championships 2022 kembali bergulir dan berlangsung di Surabaya mulai 13-15 Agustus 2022. Foto: Red Bull Indonesia

Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT. Asia Health Energi Beverages mengatakan bahwa turnamen Red Bull Basketball Championship 2022 ini adalah cara Red Bull untuk membantu Kemenpora dan Perbasi mencari bibit potensial untuk Timnas Bola Basket Indonesia.

"Tentunya yang pertama Red Bull tahu bahwasannya generasi muda ini adalah bibit-bibit atlet olahraga di masa depan terutama untuk pelatnas ataupun Kemenpora," ujar Ricky saat ditemui awak INDOSPORT.

"Cara merekrut tim-tim muda itu pasti dari kegiatan seperti ini. Red Bull juga membuat acara ini, sehingga bisa mewadahi generasi muda yang terlibat dan menunjukkan prestasinya lewat cabang olahraga bola basket," jelas Ricky lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, Ricky juga menjelaskan ada alasan khusus yang membuat Red Bull memilih olahraga bola basket untuk menjadi fokus utamanya.

"Sampai sekarang yang kita amati secara internal adalah bahwasannya belum ada organisasi atau sponsor atau brand yang fokus terhadap kegiatan bola basket di level SMA."

"Jadi inilah inisiatif Red Bull, terutama setelah pandemi yang membuat kegiatan off selama 2 tahun,

"Kami memulai kegiatan dan mendukung kegiatan bola basket karena kita ingin jadi yang pertama fokus mendukung kegiatan di bidang olahraga bola basket untuk anak SMA," pungkas Ricky.

BasketRedBullRed Bull Basketball Championships 2022

Berita Terkini