x

Wow! Jersey Michael Jordan Terjual Rp151 Miliar, Kalahkan Jersey Maradona

Jumat, 16 September 2022 17:51 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Jersey Michael Jordan dari Game 1 Finals 1998 saat membela Chicago Bulls, terjual dengan harga yang memecahkan rekor pada Kamis (15/09/22).

INDOSPORT.COM - Jersey Michael Jordan dari Game 1 Finals 1998 saat membela Chicago Bulls, terjual dengan harga yang memecahkan rekor pada Kamis (15/09/22).

Menurut rumah lelang Sotheby’s di New York, jersey tersebut terjual dengan harga 10,1 juta dolar AS atau sekitar Rp151 miliar!

Baca Juga

Nilai itu membuat jersey yang pernah dipakai Jordan tersebut menjadi memorabilia olahraga basket dan jersey olahraga termahal dalam sejarah.

Jersey Michael Jordan ini mengalahkan harga jersey “Tangan Tuhan” yang dipakai Diego Maradona dari Piala Dunia 1986, yang terjual 9,28 juta atau sekitar Rp139 miliar pada 4 Mei lalu.

Michael Jordan mengenakan jersey tersebut di Game 1 melawan Utah Jazz pada 3 Juni 1998. Saat itu Jordan sedang dalam perburuan memenangkan gelar keenam dan terakhirnya di NBA bersama Bulls.

Baca Juga

Jersey itu juga masuk dalam daftar memorabilia olahraga yang terjual senilai belasan juta dolar AS. Sebelumnya, kartu Topps legenda New York Yankees, Mickey Mantle, terjual senilai 12,6 juta dolar AS.

Jersey Jordan ini menjadi salah satu dari dua jersey yang pernah dipakainya di laga final dan muncul dalam pelelangan. Sotheby’s pun menyebutnya sebagai salah satu benda paling signifikan dalam karier Air Jordan.

Kepala Streetwear dan Koleksi Modern Sotheby’s, Brahm Wachter menyatakan penjualan ini mengukuhkan status Michael Jordan sebagai atlet terbaik sepanjang masa.

Baca Juga

Musim 1997-98 juga disebutnya sebagai musim yang paling dikenal oleh fans Jordan, karena itu adalah kesempatan terakhirnya untuk juara NBA bersama Chicago Bulls.

“Musim itu sendiri adalah ‘karya terbesar’ Jordan sebagai atlet, dan pernyataan baginya sebagai seorang juara dan kompetitor,” tulis Wachter dalam pernyataannya, dikutip dari CNN.


1. Bukan Memorabilia Olahraga yang Termahal

Toni Kukoc dan Michael Jordan ketika bermain di Chicago Bulls.

Rumah lelang Sotheby’s memperkirakan jersey Michael Jordan tersebut akan terjual dengan harga 3-5 juta dolar AS. Itu pun sudah nilai tertinggi dari memorabilia Jordan.

“Dalam minggu-minggu sejak kami mengumumkan pelelangan, ada kegembiraan yang nyata tidak hanya dari penggemar olahraga, tetapi juga para kolektor yang ingin memiliki sepotong sejarah yang langka,” tambah pihak Sotheby’s.

Baca Juga

Pihak rumah lelang juga mengumumkan jersey Jordan ini menarik total 20 tawaran. Lelang tersebut juga dibarengi dengan pelelangan majalah Sports Illustrated 1998 yang menampilkan Jordan di halaman sampulnya.

Benda kenangan Jordan termahal yang pernah terjual sebelumnya adalah kartu patch jersey Upper Deck yang ditandatangani sang atlet. Harganya senilai 2,7 juta dolar AS dan terjual pada 2021 lalu.

Harga jersey 10,1 juta dolar itu pun jauh melewati jersey basket yang pernah terjual dalam sejarah pelelangan.

Baca Juga

Sebelumnya, jersey mendiang Kobe Bryant terjual dengan harga 3,7 juta dollar AS atau sekitar 55 miliar Rupiah.

Michael Jordan dikenal sebagai pemain terbaik dalam sejarah basket. Ia menghabiskan nyaris seluruh kariernya bersama Chicago Bulls.

Berkat kepopuleran dan pengaruhnya, Jordan menjadi salah satu ikon olahraga dunia dan membantu meningkatkan kepopuleran NBA ke seluruh dunia.

Baca Juga

Meskipun Chicago Bulls kalah di laga pembuka melawan Utah Jazz tersebut, mereka sanggup merebut tiga laga selanjutnya.

Di laga keenam, Michael Jordan membuat Bulls unggul 87-86 dengan sisa waktu 5,2 detik dan mengamankan gelar juara NBA pamungkasnya.


2. Kekayaan Gabungan Mayweather dan Beckham Belum Ada Apa-apanya dari Michael Jordan

Michael Jordan menangis saat mengenang Kobe Bryant

David Beckham dan Floyd Mayweather adalah dua sosok olahragawan paling terkenal di dunia. Sudah tentu popularitas mereka sangat melambungkan kekayaan pribadi keduanya.

Namun, total gabungan kekayaan Beckham dan Mayweather masih kalah jika dibandingkan dengan Michael Jordan, legenda basket Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari CelebrityNetWorth, jumlah kekayaan Beckham adalah sekitar 460 juta dolar, atau 326 juta poundsterling. Angka ini setara dengan Rp6,3 triliun. 

Kekayaan Beckham ini datang dari nama besarnya di bidang sepak bola. Dengan kemampuannya mengolah bola di lapangan hijau, ia masuk ke klub-klub besar dunia, seperti Manchester United dan Real Madrid. 

Di luar lapangan, Beckham menjadi brand ambassador dari merk apparel olahraga ternama di dunia, Adidas. Ia juga punya kontrak spesial dengan pakaian H&M dan Calvin Klein, serta kontrak dengan gadget Samsung. 

Baca selengkapnya
NBAChicago BullsMichael JordanJerseyBasketBerita Basket

Berita Terkini