x

5 Fakta Jayson Tatum Kandidat MVP Milik Boston Celtics, Calon Legenda!

Jumat, 20 Januari 2023 16:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pebasket Boston Celtics Jayson Tatum memasukkan bola pada Final NBA 2022 di Chase Center. Foto: REUTERS/Jed Jacobsohn

INDOSPORT.COM - Bostoc Celtics selalu melahirkan pebasket top, terkini ada nama Jayson Tatum. Berikut fakta bintang muda Celtics yang juga kandidat MVP musim ini. 

Mengarungi NBA 2022/2023 dengan sangat solid, Boston Celtics ternyata memiliki sederet sejarah baru. 

Baca Juga

Jika dilihat dari sejarah, Celtics memang punya sejarah panjang dalam gelaran kompetisi basket Amerika Serikat, yang mayoritas diwarnai dengan kemenangan. 

Tampaknya sejarah akan terulang, dengan Celtics kini bertengger di urutan pertama klasemen sementara wilayah timur NBA 2022/2023.

Skuat yang kini dilatih oleh Joe Mazulla duduk nyaman di puncak klasemen dengan rekor 34-12. Dengan kemenangan terbaru diraih pada Jumat (20/01/23) tadi pagi WIB. 

Baca Juga

Celtics berhasil menang tipis ketika menghadapi juara bertahan NBA musim lalu yakni Golden State Warriors. 

Laga NBA antara Boston Celtics vs Golden State Warriors ini dimenangi oleh Jayson Tatum cs dengan skor 121-118 yang mana laga itu sampai menempuh overtime seusai kedua tim bermain imbang 106-106.

Dengan demikian, Celtics kini sudah berada dalam tren delapan kemenangan beruntun dan semakin nyaman di puncak klasemen wilayah timur. 

Baca Juga

Di balik kesuksesan Celtics musim ini, penggemar NBA kini menyoroti satu nama yakni Jayson Tatum. Power Forward andalan Celtics ini bahkan berjasa membawa klub ke NBA Finals musim lalu. 

Lantas, seperti apa profil Jayson Tatum yang baru berusia 24 tahun, namun sudah menjadi kandidat MVP dari Boston Celtics? Simak selengkapnya berikut ini.


1. 1. Dukungan Sang Ibu

Reaksi pebasket Boston Celtics Jayson Tatum setelah memenangkan trofi MVP Larry Bird Eastern Conference pada final konferensi timur 2022 di FTX Arena. Foto: REUTERS/Jim Rassol

Jayson Tatum merupakan anak dari mantan pebasket profesional yakni Justin Tatum. Hanya dibesarkan oleh ibunya Brandy Cole, dia mendapat dukungan penuh dari sang ibunda. 

Ketika masuk Duke University, Jayson Tatum sudah dikenal sebagai pemain yang solid, badan tinggi dan bisa bermain lebih dari satu posisi. 

Baca Juga

Bersama Duke Blue Devils, dia mencatat rata-rata 16.8 poin, 7.3 rebound, 2.1 assist, 1.3 steal per pertandingan. 

2. Gemilang sejak Rookie

Kerja keras yang selalu ditanamkan oleh sang ibu terbayar lunas ketika Boston Celtics memilihnya di NBA Draft 2017.

Tahun debutnya di sana berjalan sesuai harapan dengan mencetak rata-rata 13.9 poin dan 5 rebound per game, sebagai seorang rookie. 

Baca Juga

Di tahun tersebut, Jayson Tatum juga ikut memiliki peran dalam membawa Celtics ke final wilayah Timur. Dia pun menutup musim debutnya sebagai All-Rookie First Team 2018. 

Tidak hanya itu, di level junior tim nasional bersama Amerika Serikat, Tatum juga berhasil membawa negaranya menyabet medali emas di FIBA U-17 dan U-19 (2014-2015). 

3. Pemain Muda yang Selevel Bintang Senior

Seiring bergantinya tahun, Jayson Tatum terus menunjukkan kualitas dari permainannya di atas lapangan. Dia tampil dominan dan mencolok dibanding para pemain muda seusianya. 

Baca Juga

Dia bahkan mulai masuk jajaran bintang NBA sejak 2019/2020 ketika usianya baru beranjak 20 tahun. 

Namanya bahkan lebih digaungkan pada musim 2021/2022, saat masuk ke dalam All-NBA First Team dan main di NBA Finals pertamanya.


2. 4. Jadi MVP Wilayah Timur di 2021/2022

Penyerang Boston Celtics, Jayson Tatum berusaha menguasai bola laga antara Boston Celtics vs Miami Heat di NBA 2022. Foto: REUTERS/Paul Rutherford

Musim 2021/2022 memang bisa disebut sebagai salah satu tahun terbaik Jayson Tatum. Selain membawa Boston Celtics ke NBA Finals, dia juga mulai mengukuhkan dirinya sebagai bintang. 

Pada musim 2021/2022, Tatum berhasil mencatat statistik dengan rata-rata 26.9 poin, 8 rebound, 4.4 assist per game. 

Mengalahkan Miami Heat dalam tujuh pertandingan, dia pun menjadi MVP Final wilayah timur di usia ke-24. 

Baca Juga

5. Semakin Ganas di Musim 2022/2023

Dengan Boston Celtics bermain luar biasa di musim 2022/2023, Jayson Tatum juga semakin ganas di atas lapangan. 

Bahkan namanya kini masuk menjadi salah satu kandidat MVP NBA di musim ini. Bagaimana tidak, dia menunjukkan mampu menyerang tim lawan dari sisi mana pun. 

Per 20 Januari 2023, Tatum sudah memiliki rata-rata 30.6 poin, 8.2 rebound dan 4.3 assist dari total 43 game yang sudah dimainkan bersama Celtics sejauh musim ini.

NBABoston CelticsMVPBasketJayson Tatum

Berita Terkini