x

Red Bull Basketball Championship 2023 Seri Jawa Tengah: Tentang Basket, Akademik dan Setia Kawan!

Minggu, 19 Februari 2023 17:36 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ada banyak nilai yang bisa dipetik dari kompetisi bola basket antara SMA/Sederajat Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Tengah.

INDSPORT.COM - Ada banyak nilai yang bisa dipetik dari kompetisi bola basket antara SMA/Sederajat Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Tengah.

Kerja keras ditunjukkan 16 Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk bisa menjadi juara Red Bull Basketball Championship 2023 seri Semarang. Namun yang perlu ditegaskan, kerja keras di lapangan terus dilakukan tanpa meninggalkan akademiknya.

Red Bull Basketball Championship 2023 yang memperebutkan Piala Bergilir Kemenpora disambut antusias para pelajar nasional. Pada tahun ini, ada sepuluh kota di sepuluh provinsi yang mendapat kesempatan jadi tuan rumah.

Perjalanan tahun ini diawali dari GOR Sahabat, Semarang, dengan mempertemukan 16 SMA yang ada di Semarang hingga Kendal. Event sudah dimulai pada Sabtu (18/2/23), dengan dibuka laga SMA Semesta melawan SMAN 1 Kendal.

Terlihat para pebasket muda Jawa Tengah antusias memperebutkan tiket ke fase selanjutnya. Perjalanan tim yang menjadi unggulan juara, salah satunya SMA Tritunggal cukup mulus.

Baca Juga

SMA Tritunggal menyingkirkan tim kuat, SMAN 11 Semarang, yang dihuni pebasket binaan PPLOP Jawa Tengah dengan skor 46-23, pada Minggu (19/2/23). SMA Tritunggal pun lolos ke semifinal menantang SMA Nusaputera.

Kekuatan SMA Tritunggal sejatinya memang tak bisa dipandang sebelah mata. Mirip dengan PPLOP Jawa Tengah, para pebasket SMA Tritunggal juga merupakan siswa peraih beasiswa atlet berprestasi.

Meski prestasi basket menjadi acuan, namun para pemain itu dilarang untuk melupakan akademiknya. Ya, sebagai lampu hijau mereka turun di kejuaraan basket, prestasi akademik tak boleh jeblok.

"Kita ada beasiswa dan itu untuk tanggung jawab anak-anak. Semisal nilainya jelek, dia tidak boleh main basket. Jadi mereka harus tanggung jawab sama akademiknya. Oke, kita fokus ke basket, tapi akademiknya jangan dilupakan," kata pelatih SMA Tritunggal, Putra Mahandaru, Minggu (19/2/23).

Akademik turut membantu prestasi basket anak-anak Tritunggal. Putra mengatakan, meski dalam sepekan hanya berlatih empat sampai lima kali, anak didiknya cepat menangkap strategi yang diinginkan.

Itu menjadi salah satu faktor ketika menang atas SMAN 11 Semarang. Berbekal pemahaman strategi, serta pengalaman mengikuti banyak turnamen basket, tiket ke semifinal bisa didapatkan semifinalis Piala Walikota Semarang 2022 ini.

Baca Juga

"Kita excited ikut Red Bull Basketball Championship ini karena baru pertama di Semarang. Apalagi ada next level ke babak nasional, kita senang karena anak-anak bisa dapat kesempatan dan pengalaman (jika lolos)," tutur Putra Mahandaru.

Gelar Suporter Terbaik

Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Tengah.

SMAN 11 Semarang sebenarnya juga menginginkan tiket ke putaran nasional Red Bull Basketball Championship 2023. Selain menjadi kebanggaan, ada sisi akademik yang diincar.

Ya, ketika berlaga di Jakarta melawan perwakilan sembilan kota lain, ada potensi pelajar SMAN 11 Semarang dilirik universitas-universitas nasional yang kini berebut memberi beasiswa pebasket handal.

Kekalahan ini membuat SMAN 11 kembali harus berbenah. Namun sebagai hiburannya, suporter setianya yang berisi pelajar SMAN 11 Semarang terpilih sebagai suporter terbaik hari pertama, dan kemungkinan besar juga hari kedua.

Koordinator suporter SMAN 11 Semarang, R Ilham Putra Ramadhan, mengatakan dia dan teman-temannya sudah sepekan ini mempersiapkan kreasi pada Red Bull Basketball Championship 2023.

"Setiap event kita selalu memikirkan konsep-konsep yang berbeda. Saat SMAN 11 ikut event lain tahun lalu, kita juga mendapat gelar suporter terbaik," tutur Ilham Putra.

Bagi Ilham Putra dan kawan-kawan, ketika anak-anak PPLOP Jawa Tengah membawa nama baik SMAN 11 Semarang, mereka setia memberikan dukungan. 

Untuk diketahui, anak-anak PPLOP Jawa Tengah belajar terpisah dengan guru yang sama, menggunakan metode home schooling. Jadi, tak setiap hari para pebasket itu bertemu teman-temannya di SMAN 11 Semarang.

Baca Juga

"Kita punya ikatan sebagai bagian dari SMAN 11 Semarang. Jadi kita memberikan dukungan pada teman-teman dari PPLOP," ucap Ilham Putra.

Red Bull Basketball Championship 2023 akan mencapai babak puncak pada Senin (20/2/23). Partai final akan digelar mulai pukul 17.00 WIB. 

Sebelum itu, pada pukul 13.00 WIB ada perebutan gelar juara ketiga, serta dance competition. Sang juara seri Semarang punya persiapan menuju seri nasional yang berlangsung di Jakarta pada bulan Juni 2023 mendatang.

Jawa TengahBasketRed Bull Basketball Championships 2023

Berita Terkini