x

Timnas Basket Putri Indonesia Juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B

Minggu, 20 Agustus 2023 18:59 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Timnas Basket Putri Indonesia Juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B.

INDOSPORT.COM - Timnas basket putri Indonesia kembali mengukir Sejarah usai menjuarai ajang FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B.

Tinta emas yang ditorehkan timnas basket putri Indonesia tersebut usai mereka menaklukkan Iran di babak final dengan skor akhir 55-54, Sabtu (19/08/23) malam WIB, di Nimibutr Stadium, Thailand.

Baca Juga

Berkat prestasi skuad garuda di final FIBA Women’s Asia Cup 2023 tersebut, timnas basket putri Indonesia sudah dipastikan naik kasta ke Divisi A.

Prestasi ini adalah capaian spektakuler kedua tahun ini bagi timnas basket putri Indonesia. Sebelumnya, mereka telah mengantongi medali emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games Kamboja untuk kategori basket 5on5 pada Mei lalu.

Baca Juga

Sejarah di Thailand ini lebih membanggakan lagi lantaran timnas basket putri Indonesia mampu menjaga tradisi menang sejak SEA Games 2023. Sejak saat itu, mereka tak terkalahkan di 11 pertandingan.

Kemenangan timnas basket putri Indonesia di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B ini juga sekaligus merupakan hadiah ulang tahun republik Indonesia ke 78 tahun.

Baca Juga

“Selamat untuk Timnas Putri. Juara di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dengan catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak SEA Games 2023 Kamboja. Ini sejarah bagi bolabasket Indonesia karena kali pertama masuk Divisi A. Kesuksesan ini kado untuk HUT RI ke-78,” kata Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi.

“Kami bangga padamu Timnas Putri. Juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dan promosi ke Divisi A,” timpal Ketua Umum P PERBASI, Danny Kosasih.

Baca Juga

1. Jalannya Pertandingan

Timnas Basket Putri Indonesia di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B.

Sejarah yang diukir Timnas Putri di Nimibutr Stadium ini sejatinya tidak mudah. Para pemain harus bekerja keras hingga kuarter terakhir untuk menjaga dominasi atas lawannya.

Dalam pertandingan ini, Timnas Putri mengawalinya dengan kondisi tertinggal. Pada awal kuarter pertama, Henny Sutjiono dkk tertinggal 4 angka sebelum akhirnya Agustina Retong memperpendek jarak melalui tembakan tiga angka sehingga kedudukan 3-4.

Namun agresifitas permainan Iran membuat Timnas kembali tertinggal. Iran menutup kuarter perdana ini dengan keunggulan 12-16.

Memasuki kuarter kedua, Timnas Putri melancarkan perlawanan. Mereka terus memproduksi poin untuk perpendek jarak.

Pada kuarter ini, Henny Sutjiono dkk mencetak 12 angka sementara Iran 9 poin. Kerja keras para Srikandi Indonesia itu membuat Indonesia tinggal terpaut setengah bola di kuarter kedua usai kuarter ini ditutup dengan skor 24-25.

Memasuki second half, Timnas Putri langsung menghentak melalui tembakan tiga angka Nathania Orville untuk samakan kedudukan menjadi 27-27. Tambahan tiga angka lagi datang dari Clarita Antonio saat kedudukan menjadi 30-32.

Tambahan dua angka dari layup Kimberley Pierre-Louis membuat kedudukan sama kuat 32-32 saat kuarter kedua separo jalan.

Timnas Putri menyalip perolehan poin jadi 41-39 setelah tembakan tiga angka Nathania Claresta Orville masuk saat waktu tersisa satu menit. Indonesia menutup kuarter ketiga ini dengan keunggulan 43-39.

Yuni Anggraeni membuka keran poin Timnas Putri di kuarter empat dengan layup dua angka. Iran sempat menekan saat kedudukan 47-44 setelah menambah dua angka melalui Farnaz Khodamoradi.

Namun, Timnas Putri akhirnya keluar sebagai pemenang setelah menutup kuarter akhir dengan keunggulan setengah bola 55-54.

Bagi Indonesia, ini adalah kemenangan kedua mereka atas Iran di ajang ini. Sebelumnya kedua tim sempat ketemu di Penyisihan Grup A dengan skor 65-56.

“Dunia, Jangan pandang Indonesia sebelah mata!,” tegas Penanggung Jawab Timnas Putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja.

FIBAFIBA World Cup 2023Timnas Basket Putri Indonesia

Berita Terkini