x

Profil Cabang Olahraga Asian Para Games 2018: Tenpin Bowling

Minggu, 30 September 2018 13:22 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Tenpin Bowling.

INDOSPORT.COM - Usai sukses menyelenggarakan Asian Games 2018, kini Indonesia masih akan menggelar ajang yang tak kalah bergengsi, Asian Para Games 2018.

Asian Para Games 2018 merupakan pesta olahraga terbesar di Asia untuk para penyandang disabilitas. Ajang ini akan mempertandingkan total 18 cabang olahraga, salah satunya adalah tenpin bowling atau boling 10 pin.

Cabor tersebut menyediakan 22 medali untuk diperebutkan para atlet yang total berjumlah sebanyak 134 atlet. Tenpin bowling akan dimulai pada 8-11 Oktober 2018 mendatang di Jaya Ancol Bowling Center, Jakarta Utara.

Baca Juga

Indonesia sendiri selaku tuan rumah siap menurunkan atlet-atlet terbaiknya untuk bertanding. Kontingen Merah Putih akan mengikuti 11 nomor yang diwakili oleh 10 atlet. Kesepuluh atlet tersebut terdiri dari 7 putra dan 3 putri.

Sepanjang dipertandingkan tenpin bowling di Asian Para Games, Indonesia belum pernah meraih satu medali pun. Sehingga di edisi kali ini, tidak memiliki target yang tinggi. Mereka hanya diberikan atau dibebankan untuk mampu meraih satu medali emas saja.


1. Penjelasan Tenpin Bowling

Tenpin Bowling.

Tenpin Bowling merupakan permainan yang dimainkan dengan menggelindingkan bola khusus menggunakan satu tangan. Bola bowling itu nantinya akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Cabang olahraga tenpin bowling khusus para penyandang disabilitas ini sejatinya tidak memiliki perbedaan yang berarti dengan tenpin bowling untuk manusia yang normal. Hanya saja memiliki banyak klasifikasi nomornya.

Olahraga ini dapat dimainkan oleh individu dan juga tim. Terdapat 4 kategori yang akan dikompetisikan, yakni single, ganda, trio, dan beregu yang berisikan 5 pemain. Keempat kategori tersebut berlaku untuk pria dan wanita.

Baca Juga

Para pemain berusaha untuk mencetak poin dengan menggulirkan bola bowling di permukaan datar untuk memukul pin yang dikenal sebagai pin bowling sepuluh.


2. Klasifikasi Tenpin Bowling di Asian Para Games 2018

Ilustrasi tenpin bowling.

Dalam Tenpin Bowling, terdapat 3 pembagian kelas sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ketiga kelas tersebut:

VI (untuk Tuna Netra): Kelas VI ini merupakan khusus para penyandang tuna netra atau mereka yang memiki hambatan dalam indera penglihatannya. Dalam kelas VI untuk Tuna Netra ini terdapat 3 nomor yang dipertandingkan, yakni TPB 1, TPB 2, dan TPB 3. Ketiga nomor tersebut hanya dibedakan sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

II (untuk Tuna Grahita): Kelas II adalah ditujukan khusus para penyandang Tuna Grahita. Mereka adalah yang memiliki hambatan dalam fungsi kecerdasan intelektualnya. Dalam kelas ini hanya ada satu nomor saja, yakni TPB 4.

Baca Juga

PI (Tuna Daksa): Kelas PI ini dikhususkan kepada para penyandang tuna daksa. Mereka adalah yang memiliki gangguan atau hambatan pada otot, tulang, sendi dalam fungsi normalnya.

Dalam kelas ini juga terdapat 3 klasifikasi nomor yang dipertandingkan, yakni TPB 8, TPB 9, dan TPB 10. Ketiga nomor tersebut hanya dibedakan sesuai dengan tingkat kebutuhannya.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Para Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

BowlingAsian Para Games 2018Profil Cabor Asian Para Games 2018

Berita Terkini