x

Filosofi Olahraga Catur dalam Film Avengers: Endgame

Senin, 29 April 2019 13:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Bidak catur (ilustrasi).

INDOSPORT.COM - Film Avengers: Endgame baru saja mencetak rekor dalam segi pendapatan. Terdapat filosofi olahraga catur dalam judul film ini. 

Dalam beberapa hari terakhir, film Avengers: Endgame tak henti-hentinya mencuri perhatian dan menjadi bahan perbincangan dimana-mana. 

Baik di sekolah, kantor, rumah sakit, media sosial, dan lingkungan lainnya. Bioskop-bioskop bahkan menambah jadwal tayang film ini hingga 24 jam penayangan. 

Di negara lain, antrian untuk membeli tiket Avengers: Endgame juga mengular. Seolah 'demam' Avengers: Endgame menjadi fenomena global. 

Baca Juga

Hingga akhirnya Avengers: Endgame memecahkan rekor sebagai film dengan pendapatan terbanyak dalam pekan pertama penayangannya di bioskop. 

Saat ini, menurut data Boxofficemojo, Avengers: Endgame sudah meraup 1,2 triliun dollar atau 17 ribu triliun rupiah. 

17 ribu triliun rupiah adalah besaran APBN Indonesia dalam 17 tahun, dengan catatan APBN Indonesia saat ini kurang lebih 1000 triliun rupiah. 

Film ini sendiri mendapat komentar dan respon positif dari banyak penonton dan juga kritikus film. Yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah, ada filosofi olahraga catur dalam cerita dan judul Avengers: Endgame. 


1. Avengers: Endgame dan Catur

Poster Avengers

Kata 'Endgame' sendiri, sebelumnya sudah dua kali terucap di franchise Marvel Cinematic Universe. Pertama kali diucapkan oleh Tony Stark di film Avengers: Age of Ultron. 

Yang kedua, diucapkan oleh Doctor Strange di film Avengers: Infinity War. Istilah 'endgame' sendiri terinspirasi dari olahraga catur. 

Cuplikan film Avengers: Infinity War

Dalam olahraga catur, 'endgame' adalah istilah yang menggambarkan kalau permainan catur sudah memasuki tahap akhir, dimana hanya tersisa beberapa bidak catur saja. Pada film Avengers: Infinity War sendiri, setelah Thanos melakukan 'Snap' atau Decimation, hanya sedikit anggota Avengers yang tersisa. 

Seperti Captain America, Iron Man, Black Widow, Thor, Hulk, War Machine, Rocket, Nebula, Captain Marvel, Ant-Man dan Hawkeye. Sama seperti permainan catur jika sudah mencapai 'endgame'. 

Secara statistik, dalam olahraga catur ketika sudah mencapai 'endgame', bidak yang paling sering tersisa adalah benteng. Saat 'endgame', benteng sebaiknya ditaruh di belakang bidak-bidak lain, baik untuk pertahanan atau penyerangan. 

Dalam 'endgame' Raja harus aktif dalam permainan. Pion-pion yang tersisa juga harus dimaksimalkan untuk sampai ke ujung bidak lawan agar bisa ditukar dengan bidak lain yang punya kemampuan lebih seperti menteri atau benteng. 

Baca Juga

Di film Avengers: Infinity War, Doctor Strange mengorbankan Time Stone agar Thanos tak membunuh Iron Man. Apa yang dilakukan Doctor Strange tersebut sangat mirip dengan permainan catur. 

Tak hanya itu, ada sebuah pengorbanan lagi yang dilakukan oleh seorang anggota Avengers dalam film Avengers: Endgame agar bisa mendapatkan Soul Stone. 

Mengorbankan pion untuk menjaga bidak catur yang lebih penting, agar bisa meraih sebuah kemenangan. 

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Ikuti Terus Berita Sportainment dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

CaturFilmBerita TransferAvengers: Endgame

Berita Terkini