x

Mengenal 3 Organisasi eSports di Indonesia Beserta Tanggung Jawabnya

Rabu, 22 Januari 2020 21:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
Mengenal 3 organisasi eSports yang ada di Indonesia beserta tanggung jawabnya, yakni IESPA, AVGI, dan PB eSports.

INDOSPORT.COM – Industri eSports yang kian berkembang dalam dekade terakhir membuat berbagai pihak sadar jika perlu adanya wadah yang mampu menaungi para pemain dan tim eSports.

Kemudian, dibentuklah berbagai organisasi yang bisa berbagi tugas dan tanggung jawab untuk membesarkan industri eSports di Tanah Air.

Saat ini, setidaknya tercatat tiga lembaga resmi yang menaungi eSports Indonesia, mulai dari organisasi bentukan pemerintah hingga asosiasi dari tim eSports itu sendiri.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum tiga organisasi eSports yang ada di Indonesia, lengkap beserta tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

1. Indonesia eSports Association (IESPA)

Indonesia eSports Association (IESPA) dapat dikatakan sebagai organisasi pertama yang menaungi eSports di Indoneisa, tepatnya sejak dibentuk pada 1 April 2014 lalu, dan saling bersinergi dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

IESPA saat ini masih dipimpin oleh Eddy Lim, dan bertanggung jawab membidangi mulai dari game online, game offline, game developing, serta team gaming yang ada di Indonesia.

IESPA juga menjadi lumbung utama para atlet eSports untuk turun di kompetisi level internasional, seperti misalnya saat Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 lalu.

Baca Juga

2. Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI)

Asosiasi Olahraga Video Game Indonesia (AVGI) resmi dibentuk pada 16 Juli 2019, yang dipimpin oleh eks pemilik tim Onic eSports, yakni Rob Clinton Kardinal.

Pada awal pendiriannya, AVGI memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pendataan para pemain eSports Indonesia, baik profesional maupun non-profesional yang tidak terikat dengan tim.

Langkah ini diambil untuk memudahkan penjaringan atlet pada kejuaraan eSports nasional hingga internasional.

Baca Juga

3. Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI)

Kementerian Pemuda dan Olahraga akhirnya meresmikan Pengurus Besar (PB) eSports pada Sabtu (18/01/20) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, dan menunjuk Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan sebagai ketua umum.

Meski baru dibentuk, namun PB eSports sudah mengemban tanggung jawab untuk membuat regulasi resmi yang mengatur eSports Indonesia agar lebih jelas dan terarah, termasuk pula perlindungan kepada para pemain dan tim.

Dengan adanya regulasi dan perlindungan, maka diharapkan prestasi eSports Indonesia di kancah internasional pun bisa mengikuti.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Game SportseSportsTRIVIAIndonesia Esport Association (IESPA)Berita eSports

Berita Terkini

Berita Terpopuler