x

Mengenal Doni Pratama Sakti, Bintang PES Nasional yang Ketiban Rezeki ke Liga Thailand

Selasa, 25 Februari 2020 17:22 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM – Satu lagi bintang PES asal Indonesia yang berkompetisi di Thai e-League Pro 2020, kompetisi eSports yang diikuti oleh tim sepak bola di Liga Thailand, yakni Doni Pratama Sakti.

Doni Pratama Sakti saat ini berkostum Thai Port FC, klub sepak bola yang sebelumnya sempat meminjam pemain muda asal Indonesia, Terens Puhiri pada musim kompetisi 2018 lalu. Bedanya, Doni akan bermain di tim eSports untuk game Pro Evolution Soccer (PES).

Tak sendiri, Doni juga bersama dengan salah satu pemain bintang PES asal Indonesia, yakni Setia Widianto. Keduanya tampil membela Port FC di Thai e-League Pro 2020 untuk game 1v1 serta 3v3.

Baca Juga

Menariknya, perjalanan Doni Pratama Sakti hingga bisa memperkuat tim eSports di Liga Thailand adalah sebuah ketidaksengajaan. Ia ikut ‘ketiban rezeki’ saat Setia Widianto menekan kontrak dengan Port FC beberapa waktu lalu.

“Awalnya manajer yang di Thailand sedang membahas kontrak Widi dengan manajer tim kami, Toyib eSports yang di Indonesia,” papar Doni Pratama Sakti eksklusif kepada INDOSPORT.

“Akhirnya saya juga ditambahkan masuk ke tim Thailand oleh manajer kami di Indonesia (Toyib eSports), karena karena tim Thailand (Port FC) saat itu membutuhkan dua pemain asing,” tambahnya.

Membahas soal pemain asing, kompetisi Thai e-League Pro 2020 memang memiliki regulasi untuk bisa menggunakan pemain non-Thailand. Selain Indonesia, cukup banyak pemain PES asal Vietnam yang juga meniti karir di Negeri Gajah Putih.

Baca Juga

Sehingga, kompetisi Thai e-League Pro 2020 ini dapat dikatakan sebagai kompetisi yang setara dengan level internasional, dan sarat akan pengalaman bagi pemain Indonesia yang mengadu nasib di Thailand.

“Pengalamannya banyak sih, yang pasti sekarang bermain di negara lain, padahal sebelumnya cuma di Indonesia saja mainnya, dan juga ketemu dengan pemain-pemain pro dari seluruh negara se-Asia Tenggara yang bermain di kompetisi Thai e-League Pro,” jelas Doni.

Meski demikian, pemuda kelahiran Lampung itu tak muluk-muluk untuk mematok target di kompetisi PES Thailand tersebut. Doni hanya ingin membawa Port FC meraih peringkat lebih baik dari musim sebelumnya.

Baca Juga

“Kalau target sih musim ini bisa membawa tim Port FC ke posisi lima besar, kalau memang dikasih rezeki lebih, bisa masuk ke tiga besar,” pungkasnya.

Walaupun berawal dari ketidaksengajaan, namun Doni Pratama Sakti bukanlah sosok yang bisa diremehkan di Thai e-League Pro 2020. Ia sudah menjuarai berbagai kompetisi PES Nasional dan internasional.

Doni Pratama Sakti menjadi wakil Indonesia di Piala Presiden eSports 2020 sebagai juara regional grup Barat, dan pernah menjadi runner up APL Malaysia season 3 PES 2019/20.

ThailandPro Evolution SoccerThai Port FCPESeSportsBerita eSportsThai e-League ProDoni Pratama Sakti

Berita Terkini