x

eSports Berkembang di Indonesia, RRQ: Atlet Butuh Kompetisi Nasional

Kamis, 23 Juli 2020 18:26 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Dilihat dari beberapa tahun terakhir, perkembangan eSports di Indonesia sudah menunjukan kemajuan dan perkembangan yang semakin maju.

INDOSPORT.COM - Dilihat dari beberapa tahun terakhir, perkembangan eSports di Indonesia sudah menunjukan kemajuan dan perkembangan yang semakin maju. Hal ini membuat para atlet harus diberikan kompetisi nasional.

Banyak tim-tim eSports di Indonesia yang sudah melihatkan taringnya di kanca internasional. Kita lihat seperti Bigetron eSports yang sudah mencatatkan prestasi sebagai juara dunia di divisi game PUBG Mobile pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Sebenarnya, di Indonesia sendiri sudah melaksanakan beberapa turnament yang juga membuat perkembangan eSports di Tanah Air sendiri semakin berkembang. Akan tetapi, turnament tersebut masih dilaksanakan berdasarkan satu kali permainan saja.

Di Indonesia perkembangan tersebut belum didukung oleh keberadaan kompetisi atau kejuaraan berskala nasional yang dijalankan secara berkala, layaknya cabang olahraga konvensional. Ini menjadi salah satu keresahan dari beberapa tim eSport di Tanah Air.

Salah satu yang merasakan keresahan tersebut adalah tim dari Rex Regum Qeon (RRQ). Hal tersebut disampaikan langsung oleh CEO, Andrian Pauline. Menurutnya, Liga Nasional eSports dibutuhkan untuk meningkatkan pertisipasi atlet-atlet daerah.

“Sekarang sudah lumayan diseriusi, karena eSports ini memang sudah masuk radar pemerintah. Sudah ada Pengurus Besar eSports Indonesia. Dukungan dari pemerintah sudah ada, tinggal dimaksimalkan dukungan tersebut dengan disiapkan liga nasionalnya,” kata Andrian saat diskusi eSports bersama Liputan6.com

Adanya liga nasional ini diyakini oleh Andrian untuk bisa menjaring bibit-bibit unggul di daerah-daerah demi kemajuan eSports di Indonesia. Terlebih ini akan menjadi pengembangan agar lebih bisa tertata dan terstandarisasi.

Baca Juga
Baca Juga

Pada kesempatan yang sama pula, Wakil Ketua Indonesia eSports Association (IESPA), Andrew Tobias juga mengatakan bahwa perkembangan eSports di Indonesia secara umum sudah mengamalami perkembangan yang sangat tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu.

Dari segi PB eSports sendiri saat ini tengah merumuskan regulasi dan ketentuan permainan di Liga nasional yang akan diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan standart Internasional. Ini menjadi awal untuk Indonesia bisa mengembangkan permainan eSports.

eSportsIndonesia Esport Association (IESPA)Rex Regum Qeon (RRQ)Berita eSportsBigetronAndrian Pauline

Berita Terkini