x

6 Tim Sepak Bola Perkenalkan Divisi eSports, Siap Tampil di IFeL Liga 2 2021

Rabu, 21 April 2021 11:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Ada enam tim sepak bola Liga 2 yang baru saja memperkenalkan divisi eFootball Pro Evolution Soccer (PES).

Enam tim Liga 2 ini akan unjuk kebolehan di ajang Indonesian Football e-League (IFeL) Liga 2, kompetisi eSports yang memainkan game eFootball PES sejak tahun 2020 lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Awalnya, pada IFeL Liga 1 2020 lalu, terdapat 10 tim yang berpartisipasi, dan pemain PES yang tampil juga sudah punya jam terbang tinggi di level nasional hingga internasional.

Rizky Faidan dari PSS Sleman keluar sebagai juara. Sebelumnya, ia dinobatkan sebagai salah satu pemain PES terbaik dunia meski masih berusia sangat muda, yaitu 18 tahun.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan demikian, IFeL Liga 2 2021 hadir untuk memberi panggung bagi 13 pemain eSports potensial lainnya, sebagai bentuk regenerasi atlet PES Indonesia di kancah internasional.

Berikut ini adalah enam tim sepak bola yang telah merilis wakil mereka untuk bermain di kompetisi IFeL Liga 2 2021. Siapa saja?


1. 6 Tim Sepak Bola yang Siap Tampil di IFeL Liga 2

Sulut United termasuk tim yang akan berlaga di IFeL Liga 2 2021.

1. Sulut United

Tim sepak bola Sulut United FC merupakan wajah baru dari tim Bogor FC, tentu dengan misi menjadi tim profesional yang ingin menjuarai Liga 2 dan promosi ke Liga 1.

Nah, salah satu wujud profesionalitas Sulut United FC yaitu dengan membentuk divisi eSports dan merekrut Ramadhan Jacob sebagai pro player PES di IFeL Liga 2 nanti.

Ramadhan Jacob memang merupakan putra daerah dari Sulawesi Utara, dan beberapa kali menjuarai kompetisi PES lokal, termasuk menjadi peserta Indonesia Gaming League.

2. Persiba Balikpapan

Salah satu tim unggulan di kompetisi Liga 2 ialah Persiba Balikpapan. Makanya, belum lengkap rasanya jika tim sepak bola asal Kalimantan Timur ini kalau belum memiliki divisi eSports dan tampil di IFeL Liga 2 2021.

Alhasil, Persiba Balikpapan memperkenalkan salah satu pro player PES muda untuk unjuk kualitas di IFeL Liga 2, yaitu Mohammad Abdullah Faqih, putra daerah asli Balikpapan.

Hal ini memang dimaksud untuk regenerasi pemain PES Indonesia, karena sebelumnya sudah ada pemain senior asal Kalimantan Timur yang krmampuannya sudah diakui di level Asia Tenggara, yaitu Adyatma Priady.

3. PSG Pati

PSG Pati awalnya bernama PSG Gresik, lalu manajemen mulai berinovasi untuk menjadi tim sepak bola modern dan misi utamanya tentu saja untuk promosi ke Liga 1 nantinya.

Salah satu inovasi dari PSG Pati ialah merilis divisi eSports dan merekrut pro player PES, Ahmad Irfan Allutfi. Pemain asal Jepara itu memang sudah malang melintang di ajang PES nasional, termasuk di Liga 1 PES 2020.

Kala itu, Ahmad Irfan Allutfi menjadi wakil Indonesia dan melaju ke kualifikasi Asia Tenggara atau SEA Finals, dan menghadapi wakil Myanmar. Modal ini tentu cukup untuk membawa Irfan jadi unggulan di IFeL Liga 2.

4. PSIM Jogja

Salah satu klub sepak bola terbaik di Tanah Air, PSIM Jogja, tak mau kalah dan mengirim salah satu atlet PES terbaiknya, yaitu Andika Adnan Husaini, untuk mengikuti IFeL Liga 2.

Di antara peserta IFeL lainnya, Andika Adnan menjadi salah satu yang paling populer, dan saat ini sudah mengantongi 20 ribu follower di Instagram, dan jam terbangnya juga tinggi.

Andika Adnan sebelumnya masuk dalam skuat Elang Jawa Esports (EJS), tim eSports bentukan tim sepak bola PSS Sleman. Tapi kali ini, pemuda asal Yogyakarta itu bakal totalitas membela divisi PES PSIM Jogja.

5. Perserang

Perserang Serang selangkah lebih maju dari tim Liga 2 lainnya. Mereka berhasil merekrut salah satu pemain PES Indonesia yang ikut serta di kompetisi Thai e-League Pro 2021.

Adapun pemain tersebut ialah Fiqri 'Dom' Rahardian, pemain yang berada di bawah naungan Zeus Gaming ID, dan membela BG Pathum United di Thai e-League Pro 2021.

Fiqri berada satu tim dengan pemain jebolan IFeL Liga 1 lalu, yaitu Rizal 'Ivander', Ferry Gumilang, Rommy Hadiwijaya, Elul Wibowo, dan Elga Cahya Putra. Otomatis ia menjadi pemain oaling diunggulkan di IFeL Liga 2.

6. Semen Padang FC

Semen Padang FC memperkenalkan Vantri Julian sebagai ujung tombak mereka di IFeL Liga 2 2021. Meski merupakan putra daerah Sumatera Barat, namun ia sudah familiar di scene PES nasional hingga internasional.

Ya, Vantri Julian sebelumnya menjadi pro player PES binaan XCN Gaming. Maka dari itu, atlet 22 tahun itu memiliki wadah yang tepat untuk menekuni banyak turnamen.

Vantri Julian pernah menjadi grand finalis APL 2019, menjuarai Trengganu Open Cup Online dan Lobby SEA Final, juara 2 Chilak Damha Malaysia, dan juara 3 Johor Open.


2. Kapan Kompetisi IFeL Liga 2 2021?

Kompetisi IFeL Liga 2 2021 bakal dimulai pada bulan Juni.

Kompetisi eFootball PES IFeL Liga 2 2021 rencananya bakal menggelar babak regular league pada 5 Juni hingga 3 Juli. Kemudian, babak grand final akan digelar pada 24-25 Juli 2021 mendatang, live di YouTube IFeL.

Sebelumnya, bakal ada kualifikasi untuk tim Liga 2 lainnya mencari pemain PES terbaik. Fase kualifikasi akan digelar pada 1-16 Mei 2021, dan tentunya terbuka untuk umum.

Liga 2eSportsBerita Liga 2Berita eSportsIndonesia Football e-League (IFeL)

Berita Terkini