x

Ada PES dan Mobil Legend, eSports untuk Pertama Kali Jadi Cabor Eksibisi di PON Papua

Rabu, 18 Agustus 2021 21:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Maskot PON Papua 2020

INDOSPORT.COM - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dipastikan berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, di PON kali ini, olahraga eSports untuk kali pertama dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi. 

Eksibisi eSports PON XX  Papua 2021 akan mempertandingkan tiga cabang gim, yaitu eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire. 

"Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana olahraga esports masuk dalam rangkaian PON," kata Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum dalam keterangan pers, Rabu (18/08/21).

Bambang Sunarwibowo berharap, masuknya cabang olahraga esports di PON memberikan kesempatan bagi  pecinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama daerah masing-masing. Selain itu, momen ini jadi wadah bagi PBESI dalam memantau bibit atlet potensial.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Kemenpora dan Komite Olahraga Nasional (KONI) meresmikan eSports sebagai cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI). PBESI dipimpin oleh Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. sebagai ketua umum.

Nantinya, atlet esports terbaik dalam eksibisi eSports PON XX Papua 2021, mendapat kesempatan menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina PBESI. Mereka dipersiapkan ikut turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia seperti Sea Games, Asian Games, dan lainnya. 


1. Pendaftaran hingga Teknis

Pro Evolution Soccer akan menjadi eksibisi esports di PON Papua.

PBESI juga merilis platform digital yakni Garudaku yang khusus dikelola untuk memajukan olahraga esports Tanah Air. Dalam eksibisi eSports PON XX Papua 2021, Garudaku akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 (https://garudaku.com/pon). 

Sekjen PBESI, Frengky Ong menjelaskan, calon peserta harus mendaftarkan diri di platform Garudaku. Tahap pendaftaran dibuka sejak 18 Agustus 2021 dan peserta harus mewakili daerahnya, sesuai dengan domisili di KTP atau KIA.

Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya adalah babak kualifikasi yang akan diselenggarakan 26 Agustus-5 September 2021. Khusus untuk eFootball PES 2021 akan dibagi menjadi 6 Grup, rinciannya adalah:

Baca Juga
Baca Juga

Grup A
DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, 
DI Yogyakarta, Jawa Timur

Grup B
Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, 
Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur
Kalimantan Utara

Grup C
Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara. 

Grup D
Kepulauan Babel, Banten, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat

Grup E
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi

Grup F
Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Bengkulu, Lampung.


2. Bersifat Terbuka

Mobile Legends akan menjadi eksibisi esports di PON Papua.

Babak kualifikasi provinsi ini bersifat terbuka dan digelar secara virtual. Pada babak ini, akan dicari satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori.

Atlet atau tim terbaik di setiap provinsi inilah yang nanti akan bertanding di ajang Pra-PON yang akan dilangsungkan pada 7-14 September 2021. 

Baca Juga
Baca Juga

Babak Pra-PON akan mempertemukan peserta dari 33 provinsi secara acak dan dilakukan secara daring. Mereka akan memperebutkan 11 tim terbaik Free Fire, 5 tim terbaik Mobile Legends dan 5 orang terbaik eFootball PES 2021. 

"Semua atlet dan tim terbaik itu akan diterbangkan ke Papua untuk mengikuti babak final di main event PON XX Papua 2021. Yaitu pada 22 hingga 26 September 2021. Di babak final mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara di masing-masing gim," urai Frengky.

Sebagai tambahan informasi, khusus perwakilan provinsi Papua tidak mengikuti Pra-PON karena otomatis lolos ke babak final sebagai tuan rumah. Dalam gelaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini, PBESI bekerja sama dengan masing-masing game publisher. 

Pro Evolution SoccereSportsMobile LegendsPON XX 2020Berita eSportsPON Papua

Berita Terkini