x

Turnamen Esports Terbesar di Asia Tenggara, UniPin SEACA Major 2022 Resmi Dibuka

Selasa, 15 November 2022 15:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
UniPin SEACA Major 2022 resmi dibuka pada Selasa (15/11/22).

INDOSPORT.COM - Turnamen eSports terbesar di Asia Tenggara, UniPin Southeast Asia Cyber Arena (SEACA) Major 2022 resmi dibuka, dan mulai digelar pada Selasa (15/11/22).

Turnamen eSports UniPin SEACA Major 2022 merupakan ajang kategori mixed dan ladies terbesar di Asia Tenggara, kini siap kembali digelar pada 15-23 November.

Ajang ini mempertandingkan game eSports terpopuler di Asia Tenggara, yakni Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Magic Chess.

Gelaran UniPin SEACA 2022 resmi dibuka oleh CEO UniPin, Ashadi Ang secara virtual melalui Zoom dan live streaming di YouTube UniPin Gaming pada hari Selasa (15/11/22).

"Tahun ini UniPin SEACA 2022 akan kembali jadi panggung pertarungan utama dalam menentukan juara-juara di Asia Tenggara."

Baca Juga

"Ada satu hal utama yang membedakan UniPin SEACA tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu keberadaan turnamen wanita (ladies tournament)," kata Ashadi.

"Sebuah studi mengatakan bahwa gamer wanita saat ini mencapai 45 persen dari jumlah polulasi gamer di Asia," imbuhnya.

Baca Juga

Hal ini juga diaminkan oleh SVP UniPin Community, Debora Imanuella. Ia berharap UniPin SEACA Major dapat jadi pembuktian bahwa gamers wanita juga bisa unjuk gigi.

"Kenapa harus ada turnamen khusus cewek, supaya untuk memberikan wadah bagi teman-teman wanita kita agar mereka berani maju ke kompetisi," ungkap Debora.

"Karena cewek akan lebih nyaman dengan sesama cewek. Kalau mereka sudah berani berkompetisi, diharapkan suatu saat ia bisa mendobrak ke turnamen major," imbuhnya.

Baca Juga

1. PB ESI Dukung UniPin SEACA Major 2022

UniPin SEACA Major 2022 resmi dibuka pada Selasa (15/11/22).

Turnamen eSports UniPin SEACA Major 2022 mendapatkan sambutan hangat dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).

Bendahara Umum PB ESI, Liliana Sugiarto mengapresiasi UniPin SEACA Major 2022 yang selaras dengan visi dan misi federasi. 

"PB Esports Indonesia fokus untuk membina dan meningkatkan prestasi, serta kompetisi. Kita ingin menjadikan Indonesia sebagai kekuatan utama eSports Asia dan dunia."

"Esports menjadi salah satu andalan negara untuk dapat mengibarkan bendera Merah Putih di pentas dunia," jelas Liliana lagi.

"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada UniPin, karena UniPin SEACA Major selama beberapa tahun ini jadi benchmark penyelenggaraan eSports yang prestisius."

Baca Juga

Menariknya, UniPin SEACA Major 2022 juga dilengkapi dengan virtual expo, sehingga penggemar tidak hanya sekadar menonton pertandingan, tetapi juga ada aktivitas seru.

Namun, turnamen ini masih dilangsungkan secara online seperti tahun sebelumnya, guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) dan situasi lainnya.

Baca Juga

"Hal ini (turnamen online) juga dilakukan supaya bisa menjangkau teman-teman dari seluruh Indonesia, agar bisa ikut merasakan  expo secara virtual," ujar Debora Imanuella.

"Setiap ada kegiatan eSports di Jakarta, yang bisa datang kebanyakan dari sekitar Jabodetabek saja. Makanya kita online dulu saja," jelas SVP UniPin Community tersebut.

Turnamen UniPin SEACA Major 2022 diikuti oleh tim dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, dan Myanmar, dengan total hadiah hingga 30.000 US Dollar atau sekitar Rp467 juta.

Baca Juga
GamerseSportsPUBG MobileMobile LegendsPlayerUnknown's BattlegroundsPlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG)Berita eSportsPB Esports Indonesia (PBESI)

Berita Terkini