x

Ingin Jago Bermain Futsal? Berikut Teknik Dasar yang Harus Dikuasai

Rabu, 14 September 2016 11:12 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Irfan Fikri

Futsal menjadi salah satu olahraga yang kian digemari oleh masyarakat. Setiap orang memainkannya tanpa harus membedakan pria maupun wanita. Agar lebih jago dalam bermain futsal, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, Rabu (14/09/16).

Tidak sedikit pemain sepakbola profesional terutama mereka yang memiliki kemampuan olah bola di atas rata-rata yang secara terbuka mengalamatkan rasa terima kasih mereka kepada futsal. Nama-nama seperti Ronaldinho maupun Lucas Moura, secara menjadikan futsal sebagai salah satu dari cara untuk memiliki kemampuan menggiring bola yang baik

Oleh karenanya, jika ingin menjadi seorang pemain futsal yang handal, seseorang dituntut untuk bisa menguasai teknik dasar dari olahraga tersebut. Passing, control dan moving atau pergerakan menjadi hal sederhana yang perlu diperhatikan.

“Kalau ada pemain yang takut waktu pressing dan mudah panik itu karena dia tidak menguasai teknikal dasar. Hal itu yang membuat kepercayaan diri mereka tidak ada, maka dari kuasai teknik dasar,” tegas salah satu pelatih futsal nasional, Doni Zola.

INDOSPORT mencoba mengulas beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika ingin jago dan handal dalam bermain futsal.


1. Passing, Control, dan Pergerakan

Layaknya sepakbola, seseorang yang ingin menjadi pemain futsal harus memiliki kemampuan mendasar agar bisa dengan mudah menerapkannya di atas lapangan. Ada 3 hal yang disebut harus dan wajib dipelajari jika ingin menjajal olahraga futsal.

“Yang paling penting di futsal itu teknik dasarnya. Passing, control dan pergerakan yang efektik adalah hal wajib seperti halnya kewajiban sholat lima waktu,” ujar salah satu pelatih futsal di ranah air, Doni Zola kepada INDOSPORT.

Selain tiga hal di atas, jika ingin menjadi pemain futsal yang mumpuni seseorang harus memiliki kedua kaki yang bisa digunakan sama baiknya. Latihan passing dan kontrol bisa menjadi pilihan sehingga seorang pemain futsal sudah terbiasa saat menerima bola dan bisa fleksibel menggunakan kedua kakinya.

“Pemain yang bagus itu memiliki kemampuan sama baiknya di kedua kakinya. Minimal 40 persen kaki terlemah dan 60 persen di terkuat, sehingga ia bisa menggunakannya dalam situasi apapun,” terang Coach Donzol, sapaan akrabnya.

“Lakukan sentuhan bola dengan kaki kiri dan kanan sekitar 500 kali, bisa juga dengan cara dipantulkan ke tembok. Ini supaya terbiasa saat melakukan passing, kalau perlu kaki yang kuat 500 kali dan yang lemah 1000 kali biar bisa mengimbangi,” jelasnya lebih lanjut.


2. 5 Hal Penting

Masih berhubungan dengan tiga hal dasar seperti yang diungkapkan coach Donzol, bermain futsal menekankan beberapa elemen dasar berupa mengoper, mengontrol, menggiring, pergerakan, dan menembak.

Hal tersebut diungkapkan oleh jagoan futsal asal Brasil, Falcao, yang pantas menyandang status pemain futsal terbaik sepanjang masa. Menurutnya di lapangan yang sempit, kontrol bola yang baik adalah sebuah keharusan. Bersentuhan dengan bola secara rutin adalah cara meningkatkan kontrol bola.

Operan sendiri bisa dilakukan dengan kaki bagian dalam, luar, punggung kaki, maupun ujung kaki. Kemudian ketika mengontrol bola sebaiknya gunakan memakai bagian sol sepatu. Ini dilakukan agar bola mudah dikontrol, dan mudah untuk mengubah arah bola sesuai keinginan.

Selanjutnya menggiring atau dribel. Di futsal tidak seperti di sepakbola, dibutuhkan timing yang tepat, artinya jarang terlalu sering, karena futsal lebih mengutamakan kerjasama tim. Selain itu pergerakan yang efektif dan efisien juga menjadi kunci keberhasilan.

Terus bergerak membuka ruang, meminta bola, akan memungkinkan rekan untuk memberi operan hal ini dikarenakan lapangan yang lebih kecil. Terakhir adalah kemampuan shooting atau menembak.  Di sini dibutuhkan kepercayaan diri untuk menendang bola ke arah gawang lawan, sekecil apapun kesempatan yang datang.

“Untuk individual training itu bisa dengan melatih dribbling menggunakan bola, kemudian untuk shooting pelajari bagaimana menentukan akurasi misalnya dengan menepatkan baju di sudut gawang dan menendang ke arah tersebut,” terang Donzol.

“Sementara untuk power bisa dilatih dengan nge-gym. Gunakan bagian paha ke bawah karena akan mempengaruhi bobot atau kekuatan tendangan. Kalau untuk latihan teknik harus ada team work,” jelasnya lebih rinci.


3. Jaga Stamina dan Disiplin

Futsal merupakan olahraga yang benar-benar menguras tenaga. Anda dituntut untuk selalu bergerak membuka ruang di lapangan yang kecil. Oleh karenanya seorang pemain futsal dituntut untuk memiliki stamina yang prima. Daya tahan yang kuat yang ditopang dengan kemampuan dasar yang apik akan membuat seseorang menjadi hebat.

“Kalau bagi saya endurance atau daya tahan pemain juga harus bagus selain dia menguasai teknik dasar. Pemain yang dibekali skil gocekan, maupun tendangan keras menurut saya itu sebuah kelebihan, di futsal permainan tim dan kekompakan menjadi hal terpenting,” ujar Donzol.

Selain stamina yang stabil seorang pemain futsal juga ditekankan untuk memiliki attitude yang baik, dalam hal ini mengenai kedisiplinan baik saat latihan maupun pertandingan. Datang tepat waktu dan selalu datang latihan kecuali memang tidak bisa datang karena halangan yang luar biasa.

“Pemain futsal juga harus memiliki attitude yang baik. Disiplin datang latihan dan tidak terlambat. Seorang pemain yang absen latihan tidak akan tidak tahu perkembangan terbaru, karena di futsal kekompakan atau kemistri itu lebih penting,” tegas Donzol.

FutsalTimnas Futsal IndonesiaDoni Zola

Berita Terkini