x

Mengenal 3 Posisi Penting dalam Permainan Futsal

Rabu, 14 September 2016 16:56 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra

Sedikit berbeda dengan sepakbola, futsal yang arena bermainnya di dalam ruangan tentu hanya membutuhkan sedikit pemain ketimbang sepakbola. Lima pemain di lapangan dituntut untuk bisa bermain cepat dalam hal bertahan dan menyerang.

Namun tak hanya cepat saja. Penempatan posisi juga menjadi hal penting dalam futsal. Sama dengan permainan sepakbola, pemain futsal juga memiliki posisi bermain. Akan tetapi, futsal tak mengenal pemain dalam satu posisi saja.

Setiap pemain bisa saja berganti secara bergilir sesuai dengan posisinya saat itu. Namun, setiap pemain juga memiliki kemampuan yang menjadikannya fasih bermain di posisi tertentu.

Ingin tahun posisi apa saja yang ada di futsal? Redaksi INDOSPORT coba membahas tiga pos penting dalam permainan futsal.


1. Anchor

Jaelani Ladjanibi, anchor timnas Indonesia

Pemain dalam posisi ini harus memiliki kemampuan yang lebih untuk bisa dengan baik menerapkan taktik pelatih. Anchor punya tugas ganda sebagai pemain bertahan dan juga pengatur serangan tim.

Seorang pemain anchor bertanggung jawab untuk mengamankan daerah pertahanan sebelum penjaga gawang. Menetralisasi serangan lawan adalah tugas pertama anchor ketika lawan menyerang. 

Dalam hal menyerang, anchor menjadi pemain pertama yang memulai serangan. Selain memulai, anchor juga harus kuat dalam hal penguasaan bola dan pengontrol permainan.

Di Indonesia, saat ini nama Jaelani Ladjanibi menjadi anchor andalan timnas Indonesia.


2. Flank

Bambang Bayu Saptaji, flank terbaik Indonesia saat ini.

Flank atau sayap adalah motor serangan dari sebuah tim. Tak hanya menyerang saja, tapi flank juga harus bisa menjadi penghubung anchor dan pivot

Seorang pemain flank harus mempuyai kontrol bola yang sempurna dan kecepatan yang baik. Selain itu, flank juga harus bisa menciptakan peluang gol untuk tim. Bahkan tak jarang, flank adalah senjata tim untuk mencetak gol.

Tak mudah menjadi flank dalam skema futsal modern. Tak hanya fasih dalam penempatan, tapi seorang flank juga harus jeli dalam memanfaatkan peluang mencetak gol.

Saat ini, Ardiansyah Runtuboy dan Bambang Bayu Saptaji menjadi flank andalan timnas Indonesia.


3. Pivot

Andri Kustiawan, pivot timnas Indonesia

Pemain ini bertugas untuk menyelesaikan peluang. Seorang pivot juga harus punya body balance yang tinggi untuk bisa menghadapi sistem bertahan tim lawan.

Pivot juga sebagai tembok serangan. Perannya sangat sentral dalan serangan sebuah tim, karena pemain pivot harus punya insting penyelesaian akhir yang kuat. 

Sama seperti anchor, pivot juga bisa sebagai pengendali permainan. Pivot juga bisa sebagai pemain pertama yang meredam serangan lawan sebelum masuk ke area pertahanan sendiri.

Syahidansyah Lubis dan Andri Kustiawan saat ini menjadi pemain pivot yang paling diandalkan oleh timnas Indonesia.

Timnas Futsal Indonesia

Berita Terkini