x

3 Hal yang Harus Diwaspadai Timnas Futsal Indonesia U-20 di Semifinal Piala AFC U-20 2019

Kamis, 20 Juni 2019 11:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Skuat Timnas Futsal Indonesia U-20 merayakan kemenangan di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19).

INDOSPORT.COM - Menghadapi Afganistan di semifinal Piala AFC U-20 2019, Timnas Futsal Indonesia U-20 setidaknya harus mewaspadai tiga hal.

Menjadi pemuncak Grup D dan mengalahkan Vietnam di perempatfinal, Timnas Futsal Indonesia U-20 akan mendapatkan hadangan Afganistan di babak semifinal Piala AFC U-20 2019, Kamis (20/06/19).

Tampil luar biasa di laga-laga sebelumnya, anak asuh Kensuke Takahashi jelas pantang untuk jemawa di laga kontra Afganistan nanti.

Baca Juga

Karena sudah memasuki fase semifinal, Afganistan jelas bukanlah tim yang sembarangan. Secara kualitas negara asal Timur Tengah itu juga terhitung lebih baik dibanding lawan-lawan Timnas Futsal Indonesia U-20 sebelumnya.

Untuk itu, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT coba merangkumkan 3 hal yang harus diwspadai Timnas Futsal Indonesia U-20 saat melawan Afganistan nanti di semifinal Piala AFC U-20 2019.

Produktivitas Lawan

Hal pertama yang harus di waspadai  Timnas Futsal Indonesia U-20 adalah bahwa calon lawan mereka adalah tim yang sangat produktif di gelaran Piala AFC U-20 2019 ini.

Terbukti hingga fase semifinal, Afganistan sudah mencetak total 11 gol dan kemasukan enam gol hanya dalam empat laga.

Jumlah tersebut memang masih kalah dari Indonesia yang mampu mengemas total 15 gol dalam jumlah laga yang sama. Namun jangan dilupakan, jumlah gol Afganistan tersebut dikemasnya ketika menghadapi lawan-lawan yang relatif lebih sulit seperti Iran dan Thailand.


1. Rekam Jejak dan Stamina

Timnas Futsal Indonesia U-20 merayakan kemenangan di Piala AFC Futsal U-20 2019, Selasa (18/06/19).

Rekam Jejak

Bicara mengenai lawan-lawan Afganistan sebelum fase semifinal, itu juga harus menjadi kewaspadaan Timnas Futsal Indonesia U-20 berikutnya.

Bagaimana tidak, menghadapi lawan-lawan tangguh seperti Iran dan Thailand, Afganistan terbukti mampu berbuat banyak.

Di fase grup, melawan Iran yang notabene merupakan kekuatan utama futsal di Asia (dan peringkat tiga sedunia), Afganistan mampu memberikan perlawanan sengit. Meski akhirnya harus menyerah tipis 2-3.

Sementara melawan Thailand yang merupakan negara yang secara peringkat futsal jauh mengungguli Indonesia, Afganistan mampu menang dengan skor tipis juga 3-2.

Dengan kualitas yang jauh lebih baik tersebut, maka jelas Timnas Futsal Indonesia U-20 harus sangat waspada dengan Afganistan andai tak mau bernasib sama dnegan Thailand nanti.

Stamina

Hal terakhir yang harus diwaspadai Timnas Futsal Indonesia U-20 di babak semifinal nanti adlah perihal stamina. Tak bisa dipungkiri, bermain hampir tiap hari di Piala AFC U-20 2019, stamina anak asuh Kensuke Takahashi pasti jauh terkuras.

Baca Juga

Sebenarnya di kubu Afganistan juga pasti merasakan hal yang sama, bertanding hampir tiap hari. Namun masalahnya, dengan kondisi fisik pemain-pemaina asal Timur Tengah yang biasannya jauh di atas pemain dari Asia Tenggara seperti Indonesia, maka ada kemungkinan mereka akan unggul stamina di laga nanti.

Untuk itu, Timnas Futsal Indonesia U-20 harus sangat waspada, dan sebisa mungkin bermain lebih cerdas demi menghemat dan memporsir stamina mereka yang tersisa sejak menit awal.

FutsalAfganistanTimnas Futsal U-20TRIVIABerita OlahragaPiala AFC Futsal U-20 2019

Berita Terkini