x

Tragis! Tidak Punya Uang, Gelar Klub Futsal Putri Makassar 'Dirampas'

Minggu, 4 Agustus 2019 20:56 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
Mardiana Majid, Manajer RGC Foundation FC.

INDOSPORT.COM - Kejadian tragis dialami RGC Foundation FC, klub futsal putri asal Makassar ini harus menelan pil pahit setelah gelar juara Liga Futsal Nusantara Sulawesi Selatan (LFN Sulsel) 2019 dirampas akibat masalah keuangan. Gelar juara mereka diberikan kepada Mas Umum FC yang berada di peringkat kedua.

LFN Sulsel 2019 kategori putri hanya diikuti 4 klub futsal sehingga memakai sistem klasemen dengan setengah kompetisi di mana setiap klub bertemu sekali. RGC Foundation berhasil memuncaki klasemen dengan 6 poin, unggul produktivitas gol dari Mas Umum FC dan Gufi FC yang juga mengumpulkan poin sama.

Namun saat panitia mengumumkan gelar juara untuk kategori putri, Mas Umum FC yang dinobatkan sebagai juara karena memberi jaminan bisa mengikuti babak 32 Besar Regional di Tarakan, Kalimantan Utara.

Baca Juga

Ihwalnya, jika juara LFN Sulsel 2019 tidak bermain di babak selanjutnya maka AFP Sulsel akan didenda senilai Rp100 juta oleh federasi.

"Sebelum pengumuman juara, tiba-tiba ada surat pernyataan dan kami disuruh bertandatangan di atas materai. Isinya menyatakan bahwa kami sanggup ke babak selanjutnya dan ketika tidak, asosiasi provinsi akan didenda 100 juta rupiah," ungkap Mardiana Majid, manajer RGC Foundation FC kepada INDOSPORT, Minggu (04/08/19) dini hari.

Menerima surat pernyataan tersebut, RGC Foundation FC menolak. "Lantas kami tidak mau karena hal tersebut tidak ada di technical meeting. Saat technical meeting juga kami sudah sampaikan kalau kami ini orang-orang kere namun panitia bilang tidak apa-apa dan nanti akan dibantu," lanjut Mardiana lagi.

Lanjut Mardiana, pihaknya menyebut bisa menerima kenyataan seandainya surat pernyataan tersebut telah dihadirkan saat technical meeting dan memilih mundur. Namun menurutnya, karena ucapan panitia yang mengaku akan membantu keuangan RGC Foundation FC pada babak selanjutnya membuat mereka tetap bermain di LFN Sulsel 2019.

"Kami memang tidak dijagokan juara karena di laga pertama kalah 0-1, tapi dua laga selanjutnya menang 3-0 dan 6-0. Kami memimpin klasemen lalu tiba-tiba surat ada jadi kami tidak mau tanda tangan."

"Setelah itu mediasi berjalan alot lalu panitia datang dan sampaikan kalau itu urusan kami, padahal mereka sendiri yang meminta kami untuk tidak mundur dan tetap bermain," ucap Mardiana lagi.

Baca Juga

Atas insiden tersebut, seremoni penyerahan piala kepada para pemenang yang semula berjalan khidmat berubah menjadi kericuhan setelah Mas Umum FC dinobatkan sebagai juara oleh panitia LFN Sulsel 2019.

Hasil LFN Sulsel 2019 Kategori Putri:
Pertandingan Pertama, 31 Juli 2019:
RGC Foundation 0-1 Gufi FC
Mas Umum FC 1-0 DF FC

Pertandingan Kedua, 1 Agusturs 2019:
Gufi FC 4-2 DF FC
RGC Foundation 3-0 Mas Umum FC

Pertandingan Ketiga, 3 Agustus 2019:
RGC Foundation FC 6-0 DF FC
Gufi FC 2-5 Mas Umum FC

Klasemen Akhir LFN Sulsel 2019 Kategori Putri:
1. RGC Foundation FC: Poin 6, Selisih Gol (9-1)
2. Mas Umum FC: Poin 6, Selisih Gol (6-5)
3. Gufi FC: Poin 6, Selisih Gol (7-7)
4. DF FC: Poin 0, Selisih Gol (2-11)

FutsalSulawesi SelatanBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini