x

Timnas Indonesia Runner-up Piala AFF Futsal 2022, Coach Justin: Berkat Saya!

Senin, 11 April 2022 08:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Timnas Futsal Indonesia sukses menjadi runner up Piala AFF Futsal 2022, Minggu (10/04/22). Begini pengakuan sosok Justinus Lhaksana alias Coach Justin.

Timnas Futsal Indonesia tampil brilian sejak babak grup, dan menumbangkan Myanmar di semifinal. Sudah diduga, Evan Soumilena dkk bertemu tuan rumah Thailand di final.

Baca Juga

Sempat unggul 2-0, Timnas Indonesia justru kebobolan dua gol di menit akhir. Laga pun dilanjutkan ke babak penalti, Merah Putih akhirnya kalah agregat 3-5 atas Thailand.

Namun, jika mengingat kualitas Thailand sebagai langganan tampil di Piala Dunia Futsal, semua pihak pun maklum. Runner up adalah prestasi luar biasa untuk Indonesia.

Mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia, Justinus Lhaksana alias Coach Justin tak pelak memuji penampilan tim Merah Putih.

Baca Juga

"Kalau orang melihat, orang yang tidak tahu futsal, oh ini cuma runner up, kita berapa kali runner up, gue 2008 juga runner up," ucap Coach Justin di kanal Youtube-nya.

"Tapi agak kardus kalau elu cuma menilai dari hasil. Timnas ini sudah T.O.P B.G.T."

Walau gagal menjadi juara, tapi Timnas Futsal Indonesia yang didominasi pemain muda, mampu menahan imbang Thailand.

Baca Juga

"Kalau elu bisa menahan Thailand di kandangnya dengan skor 2-2, itu sudah prestasi yang luar biasa," lanjut Justin lagi.

"Kalian nggak tahu sekuat apa Thailand. Thailand itu selalu ikut Piala Dunia Futsal dan benar-benar berada di futsal papan atas dunia," tegas pria berkacamata itu.


1. Jasa Coach Justin untuk Timnas Futsal Indonesia

Justinus Lhaksana alias Coach Justin

Menariknya, Justinus Lhaksana alias Coach Justin mengklaim jika prestasi Timnas Futsal Indonesia sebagai juara kedua di Piala AFF Futsal 2022 ini adalah berkat dirinya.

Pasalnya, sejak Kensuke Takahashi mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala, Coach Justin sebagai asisten pelatih yang lanjut meramu Timnas Futsal Indonesia ini.

Baca Juga

Kemudian, Muhammad Hashemzadeh dari Iran mengambil alih posisi pelatih kepala, sejak 11 Maret 2022, tepat sebulan lalu.

Padahal, Piala AFF Futsal 2022 dimulai pada 2 April, sehingga pelatih Hashemzadeh jelas tak mungkin meramu Timnas sesingkat itu.

"Yang ngelatih Timnas sebulan itu saya, asistennya Kensuke, saya yang ambil alih," ungkap Justinus Lhaksana via Youtube.

Baca Juga

"Sementara head coach-nya (Muhammad Hashemzadeh), baru datang satu minggu sebelum turnamen," lanjut Coach Justin.

"Apa yang bisa dia lakukan dalam satu minggu? Nothing. Pelatih bukan tukang sulap. Jadi apapun yang terjadi, bukan salah pelatih, bukan salah saya juga."

Maka dari itu, Federasi Futsal Indonesia (FFI) sejatinya tak memberi target muluk. Sampai di babak final pun sudah luar biasa.

Baca Juga

"Luar biasa apa yang ditunjukkan oleh saya dan asisten-asisten lainnya. Kita kan nggak tahu, head coach ini cocok nggak dengan saya dan kawan-kawan, gue nggak tahu."

"Tapi kalau gue lihat dari hasil di lapangan dan permainan, harusnya lebih cocok, dan prospek kedepannya itu jauh lebih bagus daripada sekarang," tambah Coach Justin.


2. Percaya Hashemzadeh Lebih Baik

Mohammad Hashemzadeh, Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Coach Justin tak mau pernyataannya yang kontroversial, bahwa Timnas Indonesia bisa menjadi juara kedua Piala AFF Futsal 2022 berkat dirinya, lalu memecah belah publik.

Menurutnya, pelatih baru berkebangsaan Iran, Muhammad Hashemzadeh adalah pilihan terbaik untuk melanjutkan misinya, yaitu berprestasi di Piala Asia Futsal 2022.

"Faktanya sekarang adalah, sudah ada pelatih baru. Kita sudah perform luar biasa di AFF, yang paling penting adalah prospek kedepannya," pungkas Coach Justin.

FutsalThailandTimnas Futsal IndonesiaJustinus LhaksanaPelatihAFF FutsalBerita FutsalCoach JustinMohammad Hashemzadeh

Berita Terkini