x

Resmi, Timnas Futsal Indonesia Diberangkatkan ke SEA Games 2021

Rabu, 13 April 2022 16:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Skuad Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Ketua kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021, Ferry J. Kono mengatakan cabang olahraga futsal putra resmi diberangkatkan ke SEA Games 2021.

Pihaknya telah daftarkan kepada panitia penyelenggara SEA Games 2021 Vietnam.  Keputusan itu berdasarkan hasil rekomendasi dari tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON), sesuai data dan track record prestasinya.

Baca Juga

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim review, dalam hal ini Prof. Asmawi dimana dalam rekomendasinya cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu Futsal Putra, itu hasil review," kata Ferry setelah rapat koordinasi dengan Menpora, Zainudin Amali terkait Persiapan SEA Games Hanoi 2021 Tahun 2022 di kantor Kemenpora, Rabu (13/04/22). 

Ferry Kono menjelaskan, pihaknya langsung melakukan akreditasi untuk tim futsal putra, supaya bisa bertanding di SEA Games.

Baca Juga

Sebelumnya, ada sedikit perbedaan pendapat dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait timnas futsal yang ke SEA Games 2021. 

Baca Juga

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti menjelaskan, FFI justru meminta agar tim futsal putri yang diberangkatkan. Tapi, hal itu ditolak karena tim putri minim prestasi. 


1. Timnas Futsal Miliki Prestasi

Indonesia berhasil menundukkan Malaysia di menit-menit terakhir, Indonesia menang dengan skor 5-1. Foto: AFF Futsal/FAT

Ketua tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Prof. Dr. Moch. Asmawi menjelaskan bahwa pihaknya telah memutuskan tim futsal putra yang diberangkatkan ke SEA Games, bukan tim futsal putri. 

Baca Juga

"Kami mempunyai data yang lengkap, ternyata tim putra mempunyai tes, parameter, termasuk fisik yang lebih baik dibandingkan yang putri," ujar Moch. Asmawi.

Baca Juga

Secara prestasi, tim futsal putra memiliki catatan yang lebih baik karena pernah juara Piala AFF 2010, tiga kali runner up AFF, lima kali peringkat tiga di AFF. 

Baca Juga

"Kemudian yang menjadi penguatan kami, ternyata kemarin waktu (AFF 2022) di Thailand tim putra menjadi runner up. Maka, kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan, kami memberikan rekomendasi untuk tim putra futsal," jelasnya. 


2. Miliki Kompetisi

Indonesia berhasil menundukkan Malaysia di menit-menit terakhir, Indonesia menang dengan skor 5-1. Foto: Instagram@federasifutsal_id

Tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora lebih memilih Timnas futsal putra karena punya kompetisi yang berjalan lancar.

Timnas futsal putra juga ditangani pelatih asing asal Iran, Mohammad Hashemzadeh yang pernah 11 kali juara Piala Asia. 

Sejatinya, keberangkatan tim futsal putra sudah diputuskan sejak tanggal 31 Maret. Tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, juga telah memanggil Federasi Futsal Indonesia (FFI) terkait hal tersebut. 
 

Timnas Futsal IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini