x

Terhenti di Perempat Final Piala Asia 2022, Ranking Timnas Futsal Indonesia Masuk 39 Dunia!

Jumat, 7 Oktober 2022 20:22 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Isman Fadil
Meski Langkah Timnas Futsal Indonesia terhenti di babak perempat final Piala Futsal Asia 2022 di Kuwait, karena dikalahkan Jepang dengan skor 3-2. Foto: FFI

INDOSPORT.COM – Meski Langkah Timnas Futsal Indonesia terhenti di babak perempat final Piala AsiaFutsal 2022 di Kuwait, karena dikalahkan Jepang dengan skor 3-2.

Kendati demikian ranking Timnas Futsal Indonesia mengalami peningkatan. Meski tidak begitu signifikan, tetapi penggawa Garuda mampu pepet Australia.

Baca Juga

Pasalnya, memang terdapat peningkatan peforma yang ditampilkan oleh Timnas Futsal Indonesia. Terbukti, mereka mampu lolos dari babak penyisihan grup Piala Futsal Asia 2022.

Selain itu, tim nasional Indonesia juga tampil mengesankan karena mampu menemani Iran lolos dari Grup C Piala Asia 2022.

Dengan lolosnya Timnas Futsal Indonesia ke babak perempat final, maka skuat Merah Putih mendapat tambahan poin sebanyak 12 poin.

Baca Juga

Dengan demikian, tim besutan Mohammad Hashemzadeh telah mengumpulkan total poin 1124, setelah sebelumnya memiliki 1112 poin. Sehingga Timnas Futsal Indonesia bertengger di peringkat 39 dunia.

Di sisi lain, poin yang telah dikumpulkan oleh Syauqi Saud dkk ini juga membuat, Timnas Futsal Indonesia menembus ranking 5 besar Asia.

Baca Juga

Mengingat Iran berada di ranking pertama ranking Futsal Asia, karena telah mengumpulkan torehan sebanyak 1578 poin.

Kemudian diikutisecara berurutan oleh Jepang di posisi kedua, dengan 1323 poin. Kemudian, disusul Thailand (1286 poin), Uzbekistan (1260 poin), dan Indonesia (1124 poin).


1. Performa Meningkat, Aksi Fair Play Syauqi Saud Juga Dapat Apresiasi

Pertandingan antara Timnas Futsal Indonesia vs Selangor, International Futsal Cup 2022. Foto: FFI

Sebenarnya, penampilan yang ditunjukkan oleh para pemain tim nasional Futsal Indonesia telah mengalami peningkatan.

Mengingat, skuat Garuda Futsal mampu mengoleksi enam poin dari tiga pertandingan yang dilakoni di fase penyisihan Grup C Piala Futsal Asia.

Baca Juga

Pasalnya, Syauqi Saud dkk mengemas dua kemenangan, dan satu kekalahan. Serta mampu mencetak 11 gol, meski kemasukan delapan gol.

Penampilan yang ditunjukkan oleh Syauqi Saud dkk sudah baik. Pasalnya, meski kalah dari Jepang, penggawa Garuda mampu mengimbangi permainan dari Jepang.

Bahkan, tim besutan Mohammad Hashemzadeh mampu unggul terlebih dahulu atas Jepang,berkat gol dari Samuel Eko di menit ke-21.

Baca Juga

Berbeda dengan performa yang ditunjukkan oleh skuat Timnas Futsal Indonesia pada kompetisi yang sama di tahun-tahun sebelumnya.

Karena dalam beberapa tahun silam, Indonesia jarang untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup, dan masuk ke fase perempat final.

Di sisi lain, salah satu pemain Timnas Indonesia, Syauqi Saud juga mendapatkan apresiasi atas perilaku fair play yang dilakukan oleh dirinya ketika ada pemain Jepang yang terjatuh.

Baca Juga

Melihat keadaan tersebut, Syauqi lantas membuang bola, padahal Timnas Indonesia sedang dalam posisi menguntungkan, karena terjadi situasi 2 vs 1 di pertahanan Jepang.

Hal tersebut membuat Syauqi Saud mendapat banyak pujian dari netizen, meski Indonesia kalah dari Jepang. Serta, dilaporkan juga bahwa media Portugal juga memuji aksi yang dilakukan olehnya.


2. Syauqi Saud Dapat Komentar Miring dari Netizen

Pertandingan antara Timnas Futsal Indonesia vs Selangor, International Futsal Cup 2022. Foto: FFI

Syauqi Saud dihujat oleh netizen Tanah Air, karena dianggap sebagai biang kekalahan Timnas Futsal Indonesia atas Jepang di Piala Asia Futsal 2022.

Hal tersebut bermula setelah skor 0-0 bertahan di babak pertama, Timnas Futsal Indonesia tampil menggebrak di babak kedua. Samuel Eko yang menjadi aktor pencetak gol pembuka.

Naasnya, secara mengejutkan, Jepang berhasil bangkit dan berbalik unggul. Tim asal Asia Timur itu langsung mencetak dua gol dalam waktu kurang dari dua menit.

Menit ke-35, bola yang dipegang Syauqi Saud pun dibuang dengan sengaja keluar lapangan, sebab salah satu pemain Timnas Jepang, Ishida Kentaro, tergeletak cedera.

Hal itulah yang membuat Syauqi dihujat netizen. Saat ada peluang emas di depan mata, Syauqi malah membuang peluang itu.

Baca selengkapnya: Dihujat Netizen, Aksi Syauqi di Timnas Futsal Indonesia Justru Dipuji Media Portugal

JepangIranTimnas Futsal IndonesiaPiala Asia Futsal 2022

Berita Terkini