x

10 Pegolf yang Dinanti di 2015

Jumat, 9 Januari 2015 18:06 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus

Sebagaimana cabang olahraga lainnya, agenda turnamen golf di tahun 2015 pun tak kalah jumlahnya.  Commercial Bank Qatar Masters yang akan digelar pada 21 hingga 24 Januari di Doha Golf Club, Qatar akan membuka kompetisi tahun ini.

Sejumlah pegolf terbaik akan berpartisipasi. Sebut saja Sergio Garcia, pegolf Spanyol yang menjadi jawara tahun lalu. Selain itu ada Henrik Stenson, pegolf nomor dua dunia dan masih banyak lagi.

Dari berbagai agenda yang akan diikuti tahun ini, setidaknya ada sepuluh pegolf yang akan mencuri perhatian pencinta golf dunia. Nama Rory McIlroy berada di urutan teratas. Memuncaki peringkat dunia, pegolf Irlandia Utara ini telah memenangkan berbagai kejuaraa besar.

Tiger Woods akan memanfaatkan tahun ini sebagai momen kebangkitan setelah tahun sebelumnya terpuruk lantaran dibekap cedera. Pemulihan yang berlangsung baik memberikan harapan bagi atlet Amerika Serikat ini untuk kembali menduduki puncak tangga golf dunia.

Selain itu ada sejumlah pegolf wanita Charley Hull, Nicolas Colsaerts, Nicolas Colsaerts, Hideki Matsuyama, Darren Clarke, Danny Willett, Melissa Reid, Dustin Johnson serta pegolf Korea Selatan Bae Sang-moon.


1. Rory McIlroy

Menempati rangking teratas golf dunia, tak dicapai Rory McIlroy secara instan. Pegolf 25 tahun asal Irlandia Utara ini harus berjibaku di sejumlah turnamen besar. Tak kurang dari tiga gelar bergengsi diraihnya.

McIlroy tercatat sebagai orang Eropa pertama yang berhasil memenangkan tiga turnamen besar di usaia 25 tahun. Namanya disejajarkan dengan pegolf kenamaan seperti Jack Nicklaus dan Tiger Woods. Diproyeksi McIlroy  memiliki potensi untuk terus bersinar di tahun ini. Bukan tak mungkin bakal menjadi olahragawan berpendapatan tertinggi seperti yang pernah ditorehkan pegolf Amerika Serikat, Tiger Woods sebelumnya.


2. Tiger Woods

Tiger Woods (Amerika Serikat) chip ke hijau-16 selama putaran kedua 96th PGA Championship di Valhalla Golf Club pada (8/8/14) di Louisville, Kentucky.

Edrick Tont "Tiger" Woods, demikianlah nama lengkap pegolf keturunan Afro-Amerika-Thailand itu. Woods tercatat sebagai pegolf tersukses sepanjang masa dan mendapat bayaran tinggi.

Tahun lalu boleh dikata menjadi musim yang tak mengenakkan bagi Woods. Sempat merajai sejumlah turnamen sebelumnya, kiprah Woods harus terhenti akibat cedera punggung. Pemegang 14 kali juara turnamen utama golf itu harus menutup musim 2014 di posisi 34 dunia.

Tentu, tahun ini akan menjadi kesempatan bagi pria 39 tahun itu untuk kembali bangkit. Woods sempat mengikuti ajang  Hero World Challenge yang berlangsung di padang golf miliknya di Florida Amerika Serika pada Desember silam.  Akankah tahun ini Woods akan kembali bersinar?


3. Charley Hull

Charley Hull

Wanita kelahiran 20 Maret 1996 ini tercatat sebagai pegolf Inggris yang pernah maraih Rookie of The Year.

Bermain golf sejak usia dua tahun kini Charley menduduki posisi 38 tahun dunia. Tahun ini Ia akan menjadi pesaing untuk pegolf lainnya.
 


4. Nicolas Colsaerts

Nicolas Colsaerts

Pegolf Belgia ini kini menduduki rangking 139 dunia. Kelahiran 32 tahun silam tercatat pernah bermain di Europena Tour dan PGA Tour.

Ia tercatat pernah memengnkan turnamen di Medinah pada 2012. Musim kemarin ia tampil kurang meyakinkan di US PGA Tour dan berharap musim ini bisa tampil lebih maksimal.


5. Hideki Matsuyama

Hideki Matsuyama


Matsuyama menjadi salah satu pegolf Asia yang banyak mencuri perhatian. Pegolf kelahiran Jepang 22 tahun silam itu menjadi pemegang Asian Amateur Championship pada 2010.

Saat ini ia berada di urutan 16 dunia. Torehan itu membuatnya bisa menjadi salah satu inspirasi Jepang di dunia golf.


6. Darren Clarke

Darren Clarke

Bertengger di urutan 427 dunia tak mengurangi pentingnya Clarke di dunia golf dunia umumnya dan Eropa khususnya. Pegolf Irlandia Utara ini  pernah bermain di  European Tour dan PGA Tour. Ia  mengoleksi tak kurang dari 22 kemenangan.

Clarke digadang-gadang menjadi kapten tim Eropa di Piala Ryder tahun ini. Dukungan untuk peran ini pun dating dari pegolf terbaik dunia Rory McIlroy.


7. Danny Willett

Danny Willett

Willett menjadi salah satu pegolf profesional Inggris. Pengalamannya bermain di European Tour menghantarnya ke posisi 50 dunia.

Pria 27 tahun ini sempat didera masalah punggung. Namun tahun 2014 ia berhasil membawa pulang gelar di Nedbank.

Tahun ini Willett tetap menjadi ancaman bagi para pegolf top lainnya.


8. Melissa Reid

Melissa Reid

Melisa Rose Reid, pegolf profesional Inggris pernah memenangkan sejumlah trofi di antarany English Girls 'Championship dua tahun berturut-turut yakni 2004 dan 2005, Helen Holm Trophy pada 2006 dan 2007. Wanita kelahiran 19 September 1987 pun pernah membela timnas di ajang Piala Curtis 2006. Kini ia berada di peringkat 233 dunia.

Tahun ini menjadi kesempatan baginya untuk berprestasi lebih baik setidaknya mampu mengukir prestasi di Ladies European Tour tahun lalu.


9. Dustin Johnson

Dustin Johnson

Pegolf profesional Amerika ini memimiliki catatan yang panjang di PGA Tour. Tampil berturut-turut sejak periode 2009 dan mencapai posisi empat dunia di tahun 2011.

Meski berada di urutan 18 dunia, kiprah pegolf 30 tahun ini amat dinantikan di lapangan golf tahun ini. Hal itu bukan karena masalah pribadi yang pernah berhembus tetapi lantaran prestasi yang telah ditorehkan.


10. Bae Sang-moon

Sang-Moon Bae

Bae Sang-moon menjadi salah satu pegolf Asia yang dinanti tahun ini. Berada di urutan 83 dunia, pegolf Korea Selatan ini  tercatat sebagai anggota purnawaktu US PGA Tour.

Korea Selatan telah memanggilnya untuk kembali ke tanah airnya menjalani wajib militer yang diberlakukan bagi pria berusia 18 hingga 35 tahun. Akankah tahun ini arena golf akan kehilangan pria 28 tahun itu?

Tiger WoodsRory McIlroyMellisa ReidDustin JohnsonBae Sang-moonHideki MatsuyamaCharley Hull

Berita Terkini