x

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Ikut Event Lari

Minggu, 23 September 2018 12:37 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Arum Kusuma Dewi
The Color Run 2018 baru saja digelar. Ajang lari santai yang berlangsung di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu (16/09/18).

INDOSPORT.COM - Salah satu event olahraga yang sedang digandrungi masyarakat adalah event lari. Ajang ini pun diselenggarakan dengan berbagai kategori, seperti 5 kilometer, 10 kilometer, marathon, atau half marathon.

Beberapa pelari kerap sekali bingung dengan apa yang harus dilakukan ketika mereka akan mengikuti event lari, khususnya lari jarak jauh yang melibatkan jarak lebih dari 3 km.

Dibutuhkan kecepatan, ketahanan, dan kesehatan cukup agar kita mampu melewati jarak yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Baca Juga

Sebelum mengikuti event lari, ada baiknya kita menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari berlatih, kebiasaan konsumsi makanan sehat, hingga pakaian olahraga yang layak dan tentunya ditunjang dengan sepatu lari yang berkualitas.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan disampaikan 5 hal yang harus Anda siapkan sebelum mengikuti event lari. Simak yuk!


1. 1. Susun Program Latihan

Summarecon Mall Serpong bersama Summarecon Serpong untuk ketiga kalinya mengadakan kompetisi lari yaitu Serpong Green Warrior Run 2018.

Mulailah dengan yang paling ringan. Sebagai contoh, Anda bisa joging selama 15 menit. Hal ini berguna untuk mengukur tingkat kenyamanan dan ketahanan Anda saat berlari.

Setelah itu, tingkatkan waktu Anda sebanyak mungkin tanpa memaksakan diri. Anda juga bisa mengajak teman atau pasangan dan kalian dapat melakukan percakapan sederhana sambil berlatih mengatur napas.

Baca Juga

Lakukan hal ini selama 3-6 bulan agar anda siap menjadi peserta lari marathon.

2. Cari Medan yang Menanjak

Pergilah ke perbukitan atau carilah jalanan yang menanjak sebagai medan baru Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan kardiovaskular dan kekuatan otot.


2. 3. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan Sebelum dan Sesudah Latihan Lari

Makanan Sehat

Melakukan pemanasan dan pendinginan bertujuan untuk meregangkan otot-otot di tubuh kita. Hal ini juga dapat mengurangi risiko cedera.

Lakukan peregangan setidaknya selama 30 detik agar otot kembali kendur dan rileks.

4. Makan Makanan Bergizi dan Banyak Minum Air Putih

Makanlah makanan yang Anda tahu punya reaksi yang baik terhadap tubuh anda, yang dapat menaikkan energi dan kondisi tanpa mengganggu perut Anda. Hindari gula berlebih, sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, pasta, kacang-kacangan, roti gandum, dan aneka sayuran hijau.

Baca Juga

Kemudian, pastikan Anda mengonsumsi banyak kalori. Seorang pelari rata-rata yang berlari di antara 20 mil (32 km) dan 25 mil (40 km) per minggu harus mendapat asupam 2.500 kalori per hari. 

Untuk melengkapi diet, Anda bisa mengonsumsi suplemen multivitamin dan jangan lupa perbanyak minum air putih, sebab tubuh pelari butuh banyak cairan.


3. 5. Siapkan Pakaian dan Sepatu yang Paling Nyaman

Sepatu Lari

Pilihlah pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat, seperti kain yang mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex sehingga keringat cepat menguap dan tubuh tetap sejuk. Hindari kain yang pori-porinya rapat atau bahkan tidak berpori.

Jangan lupa, pilih sepatu terbaik sebagai teman setia Anda saat berlari. Carilah sepatu running yang solnya berbahan busa yang dipercaya dapat memantulkan energi injak, meredam tekanan, dan memberi dukungan penuh pada kaki saat berlari.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

LariLari EstafetTips dan TrikBerita Transfer

Berita Terkini