x

Diikuti Ribuan Peserta, Jakarta Marathon 2019 Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Kamis, 24 Oktober 2019 15:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
Event lari terbesar di Tanah Air, Jakarta Marathon akan berlangsung akhir pekan ini, Minggu (27/10/19).

INDOSPORT.COM - Event lari terbesar di Tanah Air, Jakarta Marathon akan berlangsung akhir pekan ini, Minggu (27/10/19). Di tahun ketujuh penyelenggaraannya, event ini mengambil start di Plaza Utara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Pada kejuaraan tahun ini tercatat ada  16.500 peserta yang akan berpartisipasi. Dari jumlah tersebut, 7.000 di antaranya merupakan pelari mancanegara seperti Malaysia, India, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Italia, Korea Selatan, Singapura, dan Jepang.

Baca Juga

Diharapkan event tahun ini lebih meriah sehingga bisa meningkatkan level kejuaraan. Pasalnya Jakarta Marathon merupakan ajang yang sudah terdaftar di Federasi Atletik Internasional (International Association of Athletics Federations/IAAF).

Baca Juga

"Tahun ini, kami ingin meningkat ke IAAF Road Race Silver Label agar menjadi bukti Jakarta Marathon sebagai level internasional," ucap chairman Jakarta Marathon, Sapra Nirwandar, Kamis (23/10/19).

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Edy Juanedi mengatakam, Jakarta Marathon merupakan event yang memiliki aset tinggi. Kegiatan wisata olahraga (sport tourism) menjadi salah satu strategi yang dinilai efektif untuk meningkatkan industri pariwisata Jakarta.

"Event ini wujud nyata keseriusan kota ini membangun pariwisata dan pusat ekonomi. Ini luar bisa dengan partisipasi mancanegara yang begitu besar dan tahun ketujuh berharap gradenya naik," katanya.

Jakarta Maratho diselenggarakan di minggu akhir bulan Oktober setiap tahunnya dengan lima kategori nomor lari yang dilombakan, Full Marathon (42,195 kilometer/km), Half Marathon (21 km), 10K (10 km), 5K (5 km), dan Maratoonz (1 km) untuk anak-anak usia 5 hingga 10 tahun.

Baca Juga

Rute lomba Jakarta Marathon telah melewati proses kalibrasi dan telah memperoleh sertifikasi dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF). Nantinya, para peserta diajak menikmati keindahan landmark-landmark ikonik kota Jakarta, seperti Kawasan Kota Tua, Fatahillah Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan melintasi kemegahan gedung–gedung pencakar langit ibu kota.

IAAFLariJakarta Marathon

Berita Terkini